Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian.. Lembaga Keuangan Internasional adalah lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh lebih dari satu negara, dan merupakan subyek hukum internasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian.. Lembaga Keuangan Internasional adalah lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh lebih dari satu negara, dan merupakan subyek hukum internasional."— Transcript presentasi:

1

2

3 Pengertian.. Lembaga Keuangan Internasional adalah lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh lebih dari satu negara, dan merupakan subyek hukum internasional. Pemiliknya atau pemegang saham umumnya pemerintah nasional, meski lain lembaga-lembaga internasional dan organisasi lain kadang- kadang sosok sebagai pemegang saham.

4  Pengertian Worldbank adalah Intergovermental yang mendasarkan pada pasar-pasar modal didunia untuk sumber keuangannya. Peran utama yang pertama kali dilakukan adalah proses Rekonstruksi negara-negara akibat PD II. Setelah itu konsentrasi kegiatannya untuk kegiatan pembangunan di negara-negara yang membutuhkan

5  Keanggotaan I FC (International Finance Corporation) : berfokus ke negara berkembang I DA ( International Development Association) : berfokus ke negara miskin.

6  Fungsi dan Tujuan Fokus Bank Dunia adalah membantu penduduk dan negara miskin dengan tujuan utama :  Meningkatkan kesejahteraan penduduk, melalui program kesehatan dan pendidikan.  Mengembangkan sosial, pemerintahan dan membangun institusi sebagai kunci elemen pengurangan kemis- kinan.  Menguatkan kemampuan pemerintah untuk memberi pelayanan berkualitas, efesien, dan transparan.  Melestarikan lingkungan hidup  Mendukung dan mendorong pengem- bangan sektor bisnis swasta.  Mendorong terbentuknya stabilitas lingkungan ekonomi makro, sehingga kondusif untuk investasi dan perencanaan

7  Kriteria Peminjaman Worldbank  Pinjaman yang diberikan adalah proyek khusus tertentu dinegara anggota atau diwilayah yang diawasi negara anggota.  Proyek layak dibiayai secara teknis maupun ekonomis dan merupakan prioritas utama bagi pembangunan ekonomi negara.  Proyek dikelola secara baik mulai dari sebelum pelaksanaan sampai setelah selesai.

8  WB yakin bahwa negara peminjam yang prospektif tidak dapat memperoleh pembiayaan dengan syarat- syarat yang wajar dari sumber lain.  Untuk proyek Non-Pemerintah, maka harus ada jaminan yang dapat dipercaya bahwa pinjaman akan dilunasi dan pinjaman tersebut tidak menjadi beban bagi perekonomian negara peminjam.  Pinjaman yang diberikan oleh WB umumnya meliputi sebagian atau keseluruhan jumlah biaya-biaya dari proyek yang diusulkan dalam valuta asing, dalam hal tertentu dapat juga dalam mata uang lokal negara yang bersangkutan.

9 Proses Pengidentifikasian Proyek Suatu negara anggota dapat mengajukan usulan proyek pada Bank Dunia, kemudian Bank Dunia mengirimkan suatu misi untuk mengamati dan memberikan saran,dapat juga Bank Dunia mengirimkan misi secara khusus untuk mengidentifikasikan proyek-proyek yang sesuai. Perwakilan Bank Dunia di negara peminjam, atau misi tempat proyek itu berada, dapat mengidentifikasikan proyek tersebut. Proyek dapat juga diidentifikasikan oleh Badan-badan PBB seperti UNDP, FAO, atau UNESCO. Informasi yang mendasar dari seluruh sektor perekonomian suatu negara, misalnya Transportasi, Pertanian, Industri, dan lain-lain, sangat penting bagi proses mengidentifikasikan proyek dan menentukan prioritas investasi.

10 Negara yang Dapat Meminjam Bank Dunia dapat memberikan pinjaman kepada Pemerintah negara-negara anggota atau kepada Organisasi-organisasi Pemerintah/swasta yang dijamin oleh Pemerintah negara tempat proyek yang dibiayai berada. Persyaratan jaminan ini tercantum dalam Anggaran Dasar Bank Dunia.

11 Bank Dunia Mempunyai 5 Lembaga yaitu: 1. IBRD (International Bank for Reconstruction & Development), memberi pinjaman dan bantuan pembangunan bagi negara berpenghasilan menengah 2. I D A (International Development Association) memberi kredit lunak dan mitra pembangunan untuk negara miskin 3. I F C (International Finance Corporatation) memberi bantuan pembiayaan investasi bagi negara berkembang 4. M I G A (Multilateral Invesment Guarantee Agency) memberi pinjaman, pengembangan skill dan sumber daya perlindungan kepada investor atas risiko politik 5. I C S I D (International Centre for the Settlement of Investrment Dispute) memberi bantuan arbitrasi dan penyelesaian atas permasalahan investor dengan negara, dimana lembaga ini berinvestasi

12 Bank Dunia berhubungan erat dengan IMF,United Nation,UNDP,FAO,UNESCO Bank Dunia berlaku sebagai agen pelakasanaan untuk study kelayakan sebelum pennanaman modal dilaksanakan oleh UNDP.Direktur utama bank dunia adalah anggota dari internasional agency consultative Board of The UNDP.para staff dari UNESCO bekerja sama secara intensif dengan bank dunia dalam mengidentifikasikan dan menyiapkan prooyek-proyek dibidang pertaniaan dan pendidikan. Bank Dunia membayar FAO dan UNESCO untuk jasa-jasa ini yang dilaksanakan di bawah program kerja sama yang disetujui secara formal.Bank Dunia sama dengan WHO dan ILO.para staff WHO dan ILO ditugaskan keberbagai negara untuk berbagai misi yang ada.

13  Pengertian IMF merupakan sister agency dari WordBank, didirikan bersamaan dengan WordBank. IMF memfokuskan pada masalah Moneter sedangkan WordBank pada pembangunan ekonomi.

14  Tujuan Utama IMF :  Meningkatkan kerjasama moneter internasional  Mengembangkan ekspansi dan pertumbuhan seimbang dalam perdagangan internasional  Meningkatkan stabilitas kurs  Menurunkan restriksi kurs  Memperbaiki ketidakseimbangan neraca pembayaran  Membantu usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara anggota melalui pemberian pinjaman untuk proyek pembangunan

15  Kriteria Peminjaman IMF Pinjaman dana yang dapat diberikan kepada setiap negara anggota dalam keadaan biasa sampai 125% dari posisi kuota negara yang bersangkutan. Namun dalam keadaan tertentu negara anggota dapat meminjam melampaui ketentuan tsb. diatas, dengan persyaratan harus dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh IMF (IMF conditionality) a.l negara anggota tersebut harus :  Mengambil langkah–langkah menuju ekonomi pasar.  Mengambil berbagai kebijakan fiskal dan moneter.

16 Keanggotaan IMF: Untuk menjadi anggota IMF setelah memenuhi beberapa persyaratan dalam membayar deposit atau Kuota Kuota ini menentukan besarnya hak pilih/suara dalam pengambilan berbagai keputusan di IMF. USA bersama negara Jepang, Jerman Perancis dan Inggris menguasai sebesar 50% dari seluruh hak pilih (USA sendiri mencapai 20%) Jumlah kuota per 2001 mencapai SDR billion (USD 272 billion) Anggota IMF yang pada awal pendiriannnya hanya 29 negara, saat ini telah mencapai 183 negara.

17 Sumber dana Bersal dari sumbangan anggota IMF yang dikenal dengan Quota. Sumber ini dapat beupa emas atau valuta dari masing2 negara. Besarnya Quota dihitung berdasarkan mata uang U$ Dolar. Quota ditinjau setiap 5 tahun sekali dan disesuaikan dengan kebutuhan anggota masing2 serta kebutuhan perdagangan internasional.

18 Yang Menjalankan Operasi Perusahaan Bank Dunia Seluruh kekuasaan Bank Dunia barada di bawah Dewan Komisaris yang terdiri dari para komisaris yang mewakili negara anggota(masing-masing negara anggota menunjuk satu prang komisarisnya). Dewan komisaris bertemu setahun sekali dan dapat mengirimkan suaranya melalui surat/kawat. Kecuali kekuasaan tertentu yang ditentukan secara spesifik dalam Anggaran Dasar separti keputusan keanggotaan, alokasi pendapatan bersih dan perubahan-perubahan dalam modal saham.

19 Hubungan Antara Bank Dunia dan PBB serta Badan-Badan PBB Perjanjian resmi antara PBB dan Bank Dunia ditandatangani pada tanggal 15 November 1947, yang berisi kebebasan Bank Dunia untuk melaksanakan kegiatannya karena salah satu anggotanya ada yang bukan anggota PBB, yaitu Republik Federasi Jerman. Bank Dunia memiliki kantor di markas besar PBB dengan para staf yang bertugas sebagai perantara PBB dan Bank Dunia. Direktur Utama Bank Dunia adalah anggota dari Administration Commitee on Coordination yang ketuanya adalah Sekjen PBB dan anggotanya adalah ketua dari Badan-badan PBB Direktur Utama mengirimkan Laporan Tahunan kepada United Nation Economics and Social Council.

20 Hubungan Antara Bank Dunia dengan IMF IMF merupakan badan perwakilan dari Bank Dunia, didirikan bersama-sama Bank Dunia. IMF menitikberatkan pada masalah moneter dan Bank Dunia menitikberatkan pada pembangunan perekonomian. Namun tujuan utama dari IMF adalah meningkatkan kerja sama moneter internasional, mengembangkan ekspansi dan pertumbuhan yang seimbang dalam perdagangan internasional, meningkatkan stabilitas kurs, menurunkan restriksi kurs dan memperbaiki ketidakseimbangan neraca pembayaran, membantu usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara anggotanya melalui pemberian pinjaman untuk proyek-proyek pembangunan yang produktif.

21  Pengertian ADB merupakan lembaga pengembangan keuangan internasional yang melaksanakan penyaluran dana, mensupport investasi dan memberikan technical assistance pada negara-negara berkembang Berdiri 1966, bertugas meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta bekerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan di Asia.

22  Keanggotaan Anggota ECAFE (the economic commission for asia and the far east) Negara diwilayah Asia dan negara berkembang diluar Asia yang telah menjadi anggota PBB  Fungsi dan tujuan Menyokong investasi modal pemerintah maupun swasta diwilayah Asia untuk tujuan pembangunan Memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk membiayai pembangunan dengan memprioritaskan wilayah dan sub wilayah Asia, sangat diutamakan adalah kebutuhan dari negara-negara kecil atau negara yang sulit berkembang di wilayah Asia.

23 Menyehatkan perekonomian dan meningkatkan ekspansi perdagangan luar negeri terutama diantara negara-negara Asia sendiri. Memberikan technical assistance untuk menyiapkan, membiayai dan melaksanakan berbagai program dan proyek-proyek pembangunan, termasuk memformulasikan usulan bagi proyek-proyek tertentu. Bekerjasama dengan UN dan organisasi dibawahnya untuk kepentingan investasi dan pengembangan dana disuatu wilayah negara. Kegiatan dan jasa lainnya sesuai tujuan ADB

24  Aktivitas ADB Memberikan fasilitas pinjaman, dengan tetap mempertimbangkan tidak berakibat pada tekanan pada Neraca Pembayaran negara ybs. Evaluasi Proyek ; meliputi kondisi kelayakan ekonomi, teknis dan keuangan, teknologi baru, peningkatan kesempatan kerja. Jasa konsultasi dan Tenaga Ahli untuk misi tertentu berdasarkan kontrak proyek jangka pendek atau jangka panjang.

25 Pengertian Eurobank adalah Bank Komersial yang memfokuskan kegiatannya di Eurocurrency Market. Ciri Khusus Eurobank Dapat memberikan pinjaman dalam valas dengan bunga yang lebih rendah. Menerima deposito valas mana saja dengan bunga lebih tinggi

26 Keunggulan EuroBank Eurobank memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) dibanding dengan bank lain, yaitu dapat memberi bunga tinggi untuk simpanan dan bunga rendah untuk pinjaman, karena :  Tidak terikat pada peraturan yang diberlakukan oleh negara asal mata uang, misal penetapan R/R (Official Reserve Requirement)  Tidak ada kewajiban pelaporan dan pengumuman atas hasil kegiatan usahanya.  Economies of scale yang tinggi, yaitu dengan semakin banyaknya pihak pengguna Eurobank  Memiliki tingkat keterandalan (reliability) para nasabahnya

27 Hubungan Perbankan Indonesia dengan Eurobank o Faktor LIABILITY MANAGEMENT o Konsep LM bertujuan mendapatkan Cost of Fund yang Minimum. o Fasilitas SWAP COVER dari Bank Indonesia menjadi “peluang” buat perbankan o Dikarenakan “No Restriction” diatas, maka kegiatan operasional Eurobank telah memberi peluang yang sangat menarik bagi perbankan Indonesia, untuk mencari dana (funding) yang lebih murah kepasar Eurocurrency ataupun menempatkan dana Valuta Asing yang idle kepasar Eurocurrency.

28 4.Islamic Development Bank(IDB) Islamic Development Bank (IDB) didirikan pada tanggal 20 oktober tahun 1975 dalam Agreement yg ditanda tangani 22 negara,Tujuan pembentukan IBD adalah untuk memajukan pembangunan ekonomi dan sosial negara- negara anggota dan masyarakat islam yang baik secara individual maupu secara kolektif berdasarkan syariah islam.

29 Fungsi Dan Tujuan IDB -> Fungsi IDB memberikan pinjaman untuk proyek – proyek produktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial IDB juga mendirikan dan mengoperasikan dana khusus untuk tujuan tertentu seperti dana bantuan untuk masyarakat muslim dinegara – negara non-anggota IDB dan berwenang untuk menerima dana dan memobilisasi dana tersebut berdasarkan sumber daya keuangan syariah yang kompatibel. Hal ini juga dituntut dengan tanggung jawab untuk membantu dalam promosi perdagangan luar negri terutama dalam barang – barang modal diantara negara anggota yakni memberikan bantuan teknis kepada negara – negara anggota dan memperluas fasilitas pelatihan untuk personil yang terlibat dalam kegiatan pembangunan di negara- negara muslim untuk menyesuaikan diri dengan syariah. -> Tujuan IDB Untuk mendorong pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial negara – negara anggota dan masyarakat muslim baik secara perorangan maupun bersama – sama sesuai dengan prinsip – prinsip syariah yaitu hukum islam.

30 Keanggotaan dan Prinsip Operasional IDB Negara anggota Saat ini keanggotaan IDB terdiri dari 56 negara, syarat dan kondisi dasar untuk keanggotaan adalah bahwa negara calon anggota harus menjadi anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), membayar kontribusi kepada modal bank dan bersedia menerima syarat – syarat dan kondisi sebagaimana dapat diputuskan oleh Dewan Gubernur IDB. Setiap negara anggota dewan diwakili oleh seorang gubernur dan gubernur alternatif, setiap anggota memiliki 500 suara dasar ditambah 1 suara untuk setiap saham berlangganan. Secara umum keputusan diambil oleh Dewan Gubernur berdasarkan mayoritas hak suara yang terwakili dalam pertemuan. Dewan Gubernur bertemu sekali setiap tahun untuk meninjau kegiatan Bank untuk tahun sebelumnya dan untuk memutuskan kebijakan masa depan. a. IDB menjadi khalifah (pelopor) pembangunan berdasarkan landasan islam b. IDB proaktif c. IDB selalu menjaga hubungan dan berusaha meningkatkan kerjasama d. IDB menjadikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat sebagai target sebelum menyusunnya menjadi program e. IDB berkonsultan dengan intens kepada setiap stakeholders dalam setiap program yang diajukan Prinsip Oprasional

31 ☺ Visi Islamic Development Bank Terdepan dalam usaha percepatan pembangunan sosial-ekonomi di negara anggota dan Masyarakat Muslim di Negara bukan anggota, berdasarkan prinsip- prinsip Syariah.  Yang dimaksud prinsip syari’ah antara lain : a.Menerapkan etika dan moral Islam b.Menjauhi hal2 yang dilarang dan syubhat c. Pembiayaan bukan Pemberian kredit (pembiayaan d.dalam bentuk barang/jasa sesuai keperluan) e.Bertindak sebagai pembeli/penjual barang / jasa f.Tidak ada Commitment Fee g. Tidak ada bunga/interest Mengambil Keuntungan / Laba / Mark Up

32 Lanjutan.. IDB juga memiliki misi : 1.untuk mengurangi kemiskinan 2.mendukung pembangunan manusia 3.ilmu pengetahuan dan teknologi 4.Meningkatkan ekonom 5.perbankan dan keuangan 6.meningkatkan kerja sama antara negara – negara anggota melalui mitra pembangunan IDB.

33 Modal dan keanggotaan Bank Pembangunan Islam Modal dasar pendirian 2 milliar Dinar Islam Keanggotaan seluruhnya adalah negara yang tergabung dalam OKI.

34  KEGIATAN PEMBERIAN BANTUAN IDB DAPAT DIKLASIFIKASIKAN KEDALAM 3 BENTUK YAITU: 1.Ordinary Operation Kegiatan yang berupa pinjaman,leasing dll. 2Foreign Trade Financing kegiatan yang berupa pemberian bantuan kepada negara anggotanya untuk pembiayaan impor bahan- bahan baku. 3Special Operation Kegiatan yang berhubungan dengan proyek-proyek yang dibiayai oleh special Assistance Account. 1.Ordinary Operation Kegiatan yang berupa pinjaman,leasing dll. 2Foreign Trade Financing kegiatan yang berupa pemberian bantuan kepada negara anggotanya untuk pembiayaan impor bahan- bahan baku. 3Special Operation Kegiatan yang berhubungan dengan proyek-proyek yang dibiayai oleh special Assistance Account.

35 5.Consultative Group on Indonesia(CGI) Merupakan lembaga keuangan yang beroperasi di bulan februari 1967 dan pada tanggal 25 maret 1992 pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak lagi memperoleh dana dari International Government Group on Indonesia(IGGI).karena CGI dan IMF CGI (Consultative Group for Indonesia) merupakan konsorsium negara-negara dan lembaga-lembaga kreditor dan donor untuk Indonesia yang dibentuk pada tahun 1992 sebagai pengganti konsorsium yang sama yaitu IGGI (Inter-Governmental Group on Indonesia). Indonesia memerlukan CGI untuk memperoleh hutang yang akan dipergunakan untuk menutupi defisit anggaran (APBN). Oleh karena itu, pertemuan CGI adalah bagian dari ritual yang biasanya dilakukan dalam masa-masa ketika Pemerintah akan menyusun rencana anggaran (RAPBN).

36 Negara-negara anggota CGI terdiri dari: 1.Negara-negara donor:Jepang,jerman,Amerika Serikat,Australia,Inggris,Swiss,Belgia,Korea, Denmark,Austria,Selandia Baru,dan finlandia. 2.Lembaga-lembaga internasional:Bank Dunia,ADB,UNDP,WFP,UNFPA,WHO,FAO, UNIDO,ILO,NIB,IFAD,IBD dan UNICEF

37


Download ppt "Pengertian.. Lembaga Keuangan Internasional adalah lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh lebih dari satu negara, dan merupakan subyek hukum internasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google