Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konstruksi Tes 06 Analisis Aitem: Daya Beda. Fungsi alat ukur adalah untuk membedakan satu individu dengan individu yang lain. Aitem yang baik adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konstruksi Tes 06 Analisis Aitem: Daya Beda. Fungsi alat ukur adalah untuk membedakan satu individu dengan individu yang lain. Aitem yang baik adalah."— Transcript presentasi:

1 Konstruksi Tes 06 Analisis Aitem: Daya Beda

2 Fungsi alat ukur adalah untuk membedakan satu individu dengan individu yang lain. Aitem yang baik adalah aitem yang memiliki fungsi yang sama dengan alat ukur: membedakan individu Untuk mengetahui apakah aitem memiliki fungsi ini atau tidak, perlu dilakukan analisis aitem.

3 Analisis aitem dapat dilakukan secara : – Kualitatif : content (isi) dan format (bentuk) – Kuantitatif: (melalui properti statistik) Anastasi & Urbina, 1997) Analisis aitem dapat membuat alat ukur menjadi lebih pendek sekaligus meningkatkan validitas dan reliabilitas. Walaupun secara kaidah, tes yang panjang akan semakin lebih reliabel dibandingkan dengan tes yang lebih pendek Namun alat ukur yang diperpendek dengan menghapus aitem yang kurang baik, maka alat ukur yang lebih pendek akan menjadi lebih valid dan reliabel. Analisis Aitem

4 Tujuan Umum: Menentukan apakah setiap aitem alat ukur merupakan aitem yang baik Tujuan Khusus: – Meningkatkan reliabilitas tes – Meningkatkan validitas tes – Membuat urutan aitem yang lebih baik berdasar derajat kesukaran aitem – Membuat distribusi skor yang lebih baik – Meningkatkan fungsi aitem sesuai dengan tujuan alat ukur, yaitu: mampu membedakan individu – Memperoleh informasi kualitas distraktori untuk aitem multiple choice Analisis Aitem

5 Teknik Analisis Aitem Kualitatif Isi, apakah aitem-aitem yang dipilih sudah sesuai dengan dimensi-dimensi yang akan diukur (content validity) Bentuk, apakah aitem-aitem sudah ditulis dengan prosedur penulisan yang efektif Teknik Analisis Aitem Kuantitatif Daya Beda Aitem (item-discrimination) Kesukaran Aitem (item-difficulty) Daya Distraksi (distractor-power) Analisis Aitem

6 Bagaimana kita dapat mengetahui kemampuan aitem dalam membedakan individu yang memiliki kemampuan/karakteristik tinggi dengan individu yang memiliki kemampuan/karakteristik rendah? Analisis daya beda aitem dapat diterapkan pada semua jenis alat ukur, termasuk maximal performance (ability) test dan typical performance test. Aitem yang baik haruslah dapat membedakan individu yang memiliki kemampuan/karakterisitk berbeda. Meningkatkan daya beda aitem = meningkatkan validitas aitem. Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)

7 Pada aitem tes (misal, penalaran angka), individu yang berkemampuan tinggi haruslah menjawab benar sedangkan individu yang berkemampuan rendah haruslah menjawab salah. Sedangkan pada aitem skala (misal, skala agresivitas), individu yang memiliki karakteristik agresivitas haruslah memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang kurang memiliki karakteristik yang diukur (kurang agresif). Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)

8 Perbedaan ini disebabkan adanya perbedaan respon pada individu yang memiliki kemampuan/karakteristik yang berbeda. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui daya beda aitem?. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah Korelasi skor aitem dengan skor total (item-total correlation). Analisis aitem dilakukan dengan menganalisa skor tes, karena dari skorlah dapat diketahui kemampuan/karakteristik individu. Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)

9 Skor tes menjadi criteria (internal) dari fungsi aitem. Dengan demikian, analisis daya beda aitem adalah analisa hubungan antara fungsi aitem (skor aitem) dengan kriteria (skor tes) = validitas aitem. Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)

10 Manual Analisis Daya Beda dengan SPSS 1. Pada menu pilih: Analyze  Scale  Reliability Analysis 2. Pilih aitem-aitem yang akan dianalisis 3. Klik statistics pilih scale dan scale if item deleted 4. Klik Continue  OK Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)

11 Standar indeks korelasi aitem-total yang umum digunakan adalah ≥ 0.3; namun, dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan Aitem di gugurkan satu per satu dimulai dari yang paling rendah/ bernilai minus. Analisis Daya Beda Aitem (Item Discrimination Analysis)


Download ppt "Konstruksi Tes 06 Analisis Aitem: Daya Beda. Fungsi alat ukur adalah untuk membedakan satu individu dengan individu yang lain. Aitem yang baik adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google