Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 1. Teori Konsumsi. Konsumsi adalah perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang-barang akhir dan jasa- jasa dengan tujuan untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 1. Teori Konsumsi. Konsumsi adalah perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang-barang akhir dan jasa- jasa dengan tujuan untuk."— Transcript presentasi:

1 Bab 1. Teori Konsumsi

2 Konsumsi adalah perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang-barang akhir dan jasa- jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari orang yang melakukan perbelanjaan tersebut.

3 Pendahuluan Pengeluaran: 1. RT 2. Pemerintah

4 Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi 1. Ekonomi 2. Demografi 3. Non Ekonomi

5 Faktor Ekonomi 1. Pendapatan RT 2. Kekayaan RT 3. Tingkat bunga 4. Perkiraan tentang masa depan

6 Faktor Demografi 1. Jumlah penduduk 2. Komposisi penduduk

7 Faktor Non-Ekonomi 1. Sosial budaya

8 Teori Keynes a. Hubungan pendapatan disposibel dan Konsumsi Ada konsumsi marjinal yg tdk tergantung pada pendapatan Rumus: C = C 0 + bY C : konsumsi C o : Autonomous Consumption b : MPC (Marginal Propensity to Consume) Y d : pendapatan disposibel

9 Teori Keynes Ciri­ciri konsumsi rumah tangga dalam teori Keynes Tingkat konsumsi rumah tangga pada suatu periode ditentukan oleh pendapatan disposibel yang diterima dalam periode tersebut. Pendapatan disposibel meningkat, maka tingkat konsumsi juga akan meningkat tetapi pada jumlah yang lebih kecil dari peningkatan pendapatan.

10 Teori Keynes 3. Walaupun seseorang atau suatu keluarga tidak mempunyai pendapatan, mereka mereka masih tetap melakukan perbelanjaan konsumsi. Berdasarkan ciri-ciri tersebut bisa digambarkan kurva sbb:

11

12 Teori Keynes Fungsi C 0 yang berbentuk garis lurus, berarti setiap kenaikan pendapatan disposibel akan diikuti oleh pertambahan konsumsi rumah tangga yang proporsional dengan pertambahan pendapatan disposibel. Ciri-ciri konsumsi rumah tangga adalah seperti digambarkan oleh kurva C 1 apabila dimisalkan nilai MPC semakin menurun apabila pendapatan disposibel semakin meningkat.

13 Teori Keynes Dalam analisis makroekonomi fungsi konsumsi seperti digambarkan oleh C 1 jarang digunakan. Yang selalu ditunjukkan adalah fungsi konsumsi rumah tangga C 0.

14 Teori Keynes Pendapatan disposibel.xls Pendapatan disposibel.xls b. Kecenderungan MPC c. Kecenderungan APC

15 Teori Keynes Hubungan Yd, C, MPC dan APC.xls Hubungan Yd, C, MPC dan APC.xls d. Hubungan Konsumsi dan Tabungan Y d = C + S

16 Model Konsumsi Siklus Hidup Faktor yang dominan pengaruhnya thd tingkat konsumsi adalah pendapatan disposibel Siklus hidup ada 3: 1. Belum produktif 2. Produktif 3. Tidak produktif

17 Teori Pendapatan Permanen Pendapatan merupakan faktor dominan yg mempengaruhi konsumsi. C: konsumsi Y p : pendapatan permanen : faktor proporsi

18 Pendapatan Relatif Lebih fokus pada aspek psikologis RT


Download ppt "Bab 1. Teori Konsumsi. Konsumsi adalah perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang-barang akhir dan jasa- jasa dengan tujuan untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google