Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENULISAN ILMIAH Anita Apriliawati. Penulisan ilmiah merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan fakta berupa hasil penelitian, pengalaman dan informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENULISAN ILMIAH Anita Apriliawati. Penulisan ilmiah merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan fakta berupa hasil penelitian, pengalaman dan informasi."— Transcript presentasi:

1 PENULISAN ILMIAH Anita Apriliawati

2 Penulisan ilmiah merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan fakta berupa hasil penelitian, pengalaman dan informasi ilmiah lainnya kepada khalayak ilmiah. Karya ilmiah adalah suatu argumentasi penalaran keilmuan yang ditukis secara logis, kronologis dan sistematis dan merupakan hasil pemikiran atau ide baru untuk menyelesaikan suatu masalah, yang terkumpul berdasarkan pengalaman yang dibahas dengan berbagai teori sebagai rujukan (Supriyati, 2008)

3 Perawat harus melaksanakan tugasnya untuk menelaah keilmuannya tanpa henti dan memungkinkan diterima dimasyarakat Karya ilmiah keperawatan membahas masalah masalah keperawatan dan untuk perkembangan ilmu keperawatan Karya ilmiah keperawatan

4 Macam Tulisan Ilmiah Karya Tulis Ilmu pengetahuan Alam – Dibuktikan berdasarkan fakta umum – Dapat dibuktikan secara fisik, dpt dilihat dan didengar – Bersifat konkrit Karya Tulis Ilmu Pengetahuan Sosial – Tidak dpt dibuktikasn secara fisik dan bersifat abstrak. Karya Tulis Ilmu Pengetahuan Humaniora – Ditulis berdasarkan perasaan dan logika – Tidak perlu bukti empiris

5 Kategori Tulisan Ilmiah Karangan ( Tulisan ilmiah) Asli – Gagasan, pendapat, ide asli dari penulisnya, didukung dengan literatur Terjemahan – Terjemahan dari tulisan orang lain dalam bahasa lain. – Terjemahan persis apa adanya, tanpa mengubah substansi Saduran – Seperti terjemahan, tetapi penyadur mengubah bagian-bagian tertentu dengan pemahaman sendiri.

6 Tulisan Ilmiah Keperawatan Naskah berkala Laporan praktikum Buku teks Tulisan ilmiah populer Tulisan prasyarat penyelesaian pendidikan tinggi : Skripsi, Tesis dan disertasi

7 Syarat Penulisan Karya Ilmiah Menguasai ilmu pengetahuan yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas. Mampu membedakan antara kenyataan dengan harapan. Bebas mengemukakan pendapat atau kesimpulan-kesimpulan hasil penelitiannya Menguasai tata bahasa tulis dan perbendaharaan kata dengan baik.

8 Syarat Penulisan Karya Ilmiah Menghargai kesimpulan kesimpulan penulis terdahulu pada bidang ilmu pengetahuan yang sama. Mampu mengumpulkan data secara lengkap dan akurat seseuai dengan kebutuhan penelitian. Mampu mengemukakan hasil pemikiran dan hasil analisis sesuai dengan keadaan sesungguhnya.

9 Ciri Pokok Karya Ilmiah Masalah yang dibahas harus benar-benar mempunyai arti dan nilai positif baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan maupun untuk kepentingan praktik. Pembahasannya disusun dengan metode berpikir ilmiah, yaitu berpikir secara logis, rasional,cermat dan sistematis Bahasa yang digunakan adalah bahasa ilmiah, bahasa formal. Uraian ilmiah dari bagian awal sampai bagian akhir merupakan rangkaian yang berhubungan dan berkesinambungan.

10 Ciri Pokok Karya Ilmiah Tidak cenderung mengajak pembaca untuk berpihak kepada penulisnya Tidak emosi atau menonjolkan perasaan Tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung

11 TERIMAKASIH


Download ppt "PENULISAN ILMIAH Anita Apriliawati. Penulisan ilmiah merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan fakta berupa hasil penelitian, pengalaman dan informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google