Muhammad Neil El Himam Badan Ekonomi Kreatif

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mengukur Permintaan Pasar
Advertisements

EKPLANASI TOPIK PERTEKOM Didik Haryadi S. Pertemuan 1 Kuliah Pengantar  Misi Perkuliahan.  Desain Perkuliahan.  Kesepakatan Berbagai Aturan Perkuliahan.
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
Peran Balai Diklat Industri
Penerapan e-government di lingkungan pemerintah kabupaten badung
ERA EKONOMI KREATIF DEWASA INI
TANTANGAN PENERAPAN ETIKA BISNIS TEKNOLOGI INFORMATIKA & INDUSTRI KREATIF PETEMUAN 12.
Modul 7A INDUSTRI KREATIF
Prospek Industri Bisnis Game di Indonesia
KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN
Jenis-Jenis Aplikasi TIK
1 Sains, Teknologi dalam Seni Rupa Indonesia Pertemuan 12 Matakuliah: U0032/Sejarah SR & Kebudayaan Indonesia II Tahun: 2006.
Jasa Keuangan Untuk Semua
Hak Kekayaan Intelektual Dalam Bidang Sosial, Budaya dan Seni
KEBIJAkan Dan STRaTEGI PENGEMBANGAN EKONOMI Kreatif
EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL: SOLUSI DALAM ERA MEA
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan dan Pendahuluan
Diseminasi Hasil Listing SENSUS EKONOMI 2016
Berita Resmi Statistik
Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada TKI Purna
Peranan Usaha Mikro, Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM)
Posisi dan Peran ISP dalam Mempercepat Pembangunan ICT Nasional
DIBIDANG HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DIREKTORAT PENYIDIKAN
KINERJA SEKTOR INDUSTRI TRIWULAN I TAHUN 2014

Disampaikan oleh yeni priatna sari,Msi.Ak.ca
Pengertian UKM (Usaha Kecil Menengah) menurut sarjana
Departemen Perdagangan
PROBLEMATIKA & PROSPEK INDUSTRI KREATIF, SENI DAN PARIWISATA DI BANTEN
KINERJA SEKTOR INDUSTRI TRIWULAN II TAHUN 2015
PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA MENDUKUNG PARIWISATA DAERAH
LATIHAN DAN TUGAS AKHIR PRA-UTS
Job Vacancy Kelompok Donny Prasetyo ( )
Indonesia TIK Menghadapi FTA
PERKEBUNAN DAN MASALAHNYA
PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN DIY
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
LAPORAN PROGRAM KERJA MASTEL TAHUN 2003
INDUSTRI SEPEDA.
The Media Industries: Segments, Structures, and Similarities
EXPORTING, IMPORTING DAN SOURCING CASE STUDY Manfaat, Hambatan dan Tantangan bagi Apparel retail industry di Amerika Disusun oleh : Langlang Jagad
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN E-COMMERCE
NERACA PEMBAYARAN KURS VALUTA ASING DAN PERTUMBUHAN EKONOMI
Universitas Islam Indonesia
Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi
BANK PERKREDITAN RAKYAT
Creative Industry dalam Komunikasi Pariwisata
Sharing Economy JOOX Shinta Mutiara B MB
24 November 2016 ARAHAN PRESIDEN RI Pada Acara Kompas CEO Forum.
Devisa Sektor Pariwisata (Miliar Dollar AS) Perkembangan Pariwisata Indonesia Tahun Wisatawan Nusantara Jumlah Perjalanan (juta kali) Total Pengeluaran.
EKONOMI KREATIF KELOMPOK 12.
Tantangan, Peluang dan Infrastruktur Teknologi
PARINKRAF-UMT FAKULTAS PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF
Agribisnis dalam Perekonomian Indonesia
PERIKLANAN MELLY MAULIN P..
DIREKTORAT INDUSTRI BAHAN GALIAN NON LOGAM
POTENSI EKONOMI KREATIF INDONESIA PADA SEKTOR KULINER
Job Vacancy Kelompok Donny Prasetyo ( )
PRIORITAS NASIONAL 2018 DAN RKP 2019
Kesiapan SDM Pertanian di Era Industri 4.0
LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP
Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada TKI Purna
Kebijakan penumbuhan iklim & pengembangan usaha PERTEMUAN – 12 Mata Kuliah: Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
Membicarakan Pekerja di era Revolusi Industri 4.0
Arah Kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional
APJII SEKILAS APJII adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yangberdiri sejak tahun APJII ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia dan.
Pembentukan Sentra HKI Kota Prabumulih Rapat Pembahasan Rencana Kerja Kegiatan Tim Sentra HKI Kota Prabumulih Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan.
Pariwisata Sebagai Sektor Utama Ekonomi Nasional
Transcript presentasi:

Muhammad Neil El Himam Badan Ekonomi Kreatif Temu Ilmiah Nasional Peneliti 2016 “Pengembangan Inovasi Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia” Analisa Peluang Indonesia dalam Era Ekonomi Digital dari Sektor Industri Kreatif Muhammad Neil El Himam Badan Ekonomi Kreatif

Potret Lanskap Digital Indonesia

Perubahan Paradigma Pengarusutamaan TIK Budaya Siber, Warga Facebook : 1,65 miliar akun aktif Kapitalisasi Pasar Facebook : 346 miliar USD Warga FB Indonesia : 62 Juta (ekivalen13 miliar USD) Konvergensi TIK  Konvergensi Gaya Hidup  Perubahan Budaya

4 “Presiden Joko Widodo saat meresmikan kegiatan Temu Kreatif Nasional 2015”

Badan Ekonomi Kreatif Dibentuk berdasarkan Perpres No.6/2015 dan Perpres No.72/2015 Kepala Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Deputi Akses Permodalan Deputi Infrastruktur Deputi Pemasaran Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Wakil Kepala Sekretaris Utama

HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA DAN Peran Bekraf SDM INFRASTRUKTUR PENDANAAN REGULASI PENEGAKKAN HUKUM HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA DAN WILAYAH PEMASARAN SUBSECTOR

Peluang Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi dan Games Arsitektur Desain Interior Desain Komunikasi Visual Desain Produk Fashion Film, Animasi dan Video Fotografi Kriya Kuliner Musik Penerbitan Periklanan Seni Pertunjukan Seni Rupa Radio dan Televisi Sasaran Ekonomi Kreatif (RPJMN 2015 sd 2019) No. Uraian Sasaran Baseline 2014 2019 1. Pertumbuhan PDB Ekonomi Kreatif 7,1% 12,0% 2. Tenaga Kerja (juta orang) 12 13 3. Kontribusi Ekspor / Devisa Bruto 5,8% 10,0%

Subsektor Aplikasi dan Games Uber: Perusahaan taxi terbesar di dunia tidak memiliki armada (bernilai USD 62,5 miliar) Facebook: Penyedia konten terpouler di dunia tidak memproduksi kontennya sendiri (USD 346 miliar) Alibaba: Perusahaan retail paling berharga di dunia, tidak memiliki inventori (USD 206 miliar) Airbnb: Penyedia jasa akomodasi terbesar didunia tidak memiliki bangunan sendiri (USD 30 miliar) Spotify: Penyedia jasa musik, tidak memiliki hak cipta atas musiknya (USD 8 miliar) Gojek: Penyedia jasa angkutan bermotor roda dua di Indonesia, tidak memiliki armadanya sendiri (?)

Aplikasi dan games Indonesia Gojek >100 ribu riders 20 juta transaksi/bulan Multiplier effects: kuliner, e-commerce logistics Educa studio edugames >20 juta download/instalasi Bukalapak 800 ribu sellers Digital Happines Dreadout

Subsektor Games Sumber: newzoo

Subsektor Periklanan

Layanan TIK RTGS : Rp. 112 Ribu Triliun dengan 11 juta transaksi selama tahun 2015 (BI) Transaksi e-Money: Rp. 5.3 T selama 2015 (BI) E-Commerce: Rp. 150 T pada tahun 2014 E-Health:?

Ekosistem Ekonomi Digital Manusia IP Nama Domain Ekonomi Digital Sumber Daya Infrastruktur Teknologi Layanan Aplikasi Konten Regulasi UU Telko UU ITE UU Perdagangan UU Transfer Dana UU SPK PP Permen Network DC/DRC Text Image Video Audio Digital IoT 3D Print Mobile Web Desktop Communication Commerce Education Health Government

Infrastruktur Internet Indonesia

Terima Kasih neil.elhimam@bekraf.go.id