Teddy Mantoro teddy@ieee.org Mangga2-Jakarta, 25-27 September 2015 FGD KKNI - APTIKOM Teddy Mantoro teddy@ieee.org Mangga2-Jakarta, 25-27 September 2015
Outline of our KKNI report Surat Keputusan Ketua APTIKOM Bab IV Rumusan Standar Pendidikan 4.0 Standar Capaian Gelar (Degree Outcome/DO) level 5, 6, 8, 9 (done!) 4.1 Program Studi Teknik Komputer (D3) dan Sistem Komputer (S1) 4.1.2 Standar Kompetensi Capaian Program (PO) level 5, 6, 8, 9 4.1.3 Standar Kompetensi Capaian Pembelajaran (LO) level 5, 6, 8, 9 4.1.4 Matriks LO vs PO 4.2 Program Studi Ilmu Komputer/Informatika (S1, S2, S3) 4.3 Program Studi Manajemen Informatika (D3) dan Sistem Informasi (S1, S2, S3) 4.4 Program Studi Teknologi Informasi (S1, S2, S3) 4.5 Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (S1, S2, S3) 4.6 Program Studi Komputer Akuntasi (D3)
Standar Kompetensi Capaian Program (PO) level 5, 6, 8, 9 At the end of the programme, students are able to: 1 Demonstrate familiarity with established knowledge in the field of Computer Science (CS) and awareness of current development therein. Knowledge 2 Use relevant skills learnt in Computer Science (CS) area for professional and personal development. Practical Skills 3 Cooperate with others and apply knowledge in a socially responsible manner for the progress of the nation. Social skills and Responsibilities 4 Demonstrate commitment to ethics, autonomy and professionalism in the workplace and everyday life. Value, Attitudes and Professionalism 5 Communicate with people from a diverse range of backgrounds with empathy, showing leadership qualities. Communication 6 Analyse issues and demonstrate skilfulness in planning, executing and evaluating strategies and action plans. Problem Solving and Scientific Skills 7 Use the necessary learning skills in information management and apply effective strategies for lifelong self-improvement. Information Management and Lifelong Learning Skills 8 Apply basic managerial and entrepreneurial skills in relevant fields. Managerial and Entrepreneurial Skills 9 Understand the different type of leadership styles and the demonstration of interpersonal skills when leading in a group situation Leadership and Team Skills
RoadMap - Knowledge Area (sumber: ACM IEEE SE 2014) CMP: computing essentials (atau disebut dg “Software Construction” di SWEBOK 2014) FND: mathematical and engineering fundamentals PRF: professional practice MAA: software modeling and analysis REQ: requirements analysis and specification DES: software design VAV: software verification & validation PRO: software process QUA: software quality SEC: security
Standar Kompetensi Capaian Pembelajaran (LO) level 5, 6, 8, 9 No. Ranah Topik (Topic Area) Ranah Keilmuan (Bidang Kajian/Area of Knowledge/Body of Knowledge) Mata Kuliah Terkait 1 Pembentukan Karakter Agama, Pancasila, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Agama, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Sejarah 2 Ilmu Matematika Struktur Diskrit (DS) Kalkulus 1, Kalkulus 2, Matematika Diskrit 1, Matematika Diskrit 2, Analisis Numerik, Aljabar Linear, Statistika dan Probabilitas 3 Ilmu Komputer Dasar Ilmu Komputasi (CN), Bahasa Pemrograman (PL), Dasar-dasar Sistem (SF) Dasar-dasar Pemrograman, Pengantar Sistem Digital, Pengantar Organisasi Komputer 4 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Kompleksitas (AL), Sistem Cerdas (IS) Struktur Data dan Algoritma, Desain dan Analisis Algoritma, Pemrograman Deklaratif, Teori Bahasa dan Automata, Sistem Cerdas 5 Rekayasa Perangkat Lunak Grafis dan Visualisasi (GV), Interaksi Manusia-Komputer (HCI), Penjaminan dan Keamanan Informasi (IAS), Manajemen Informasi (IM), Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak (SDF), Rekayasa Perangkat Lunak (SE) Desain dan Pemrograman Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Perancangan dan Pemrograman Web 6 Sistem Komputer Arsitektur dan Organisasi Komputer (AR), Jaringan dan Komunikasi (NC), Sistem Operasi (OS), Pengembangan Berbasis Platform (PBD), Komputasi Paralel dan Terdistribusi (PD) Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Pemrograman Sistem 7 Kecakapan Hidup Isu Sosial dan Praktik Profesional (SP) Komputer dan Masyarakat, Kerja Praktik/Magang, Skripsi/Tugas Akhir
LO Program Studi Ilmu komputer Capaian pembelajaran Program Studi Ilmu Komputer level 6 (contoh): Referensi) Ranah Topik (Topic Area) Capaian Pembelajaran (LO) Aspek KKNI 1. Ilmu Komputer Dasar Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan. Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem. Pengetahuan, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus 2. Algoritma dan Pemrograman Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Contoh kaitan aspek kompetensi khusus lulusan dengan capaian pembelajaran inti PS Ilmu Komputer Aspek Kompetensi (KKNI) Ranah Topik Jumlah Capaian Pembelajaran Pengetahuan, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus 1. Ilmu Matematika 4 2. Ilmu Komputer Dasar 5 3. Algoritma dan Pemrograman 4. Rekayasa Perangkat Lunak 7 5. Sistem Komputer Sikap 6. Kecakapan hidup (Success Skills) 8 Jumlah 33
Mapping of Learning Outcome to Programme Learning Outcomes Learning Outcome of the course Programme Outcomes 01 02 03 04 05 06 07 08 09 1. List and explain why and how network protocol layering is used in computer communications √ 2. Explain the different functions of each protocol layer 3. Explain the different network protocols within each layer 4. Explain how a particular network protocol works 5. Evaluate the strengths and weaknesses of network protocols 6. Analyze and solve mathematical problems related to computer network performance and management
CONTOH FORMAT MATRIKS KOMPETENSI DENGAN BAHAN KAJIAN RUMUSAN KOMPETENSI BAHAN KAJIAN (bidang ilmu, cabang ilmu, ranting ilmu atau pokok bahasan yang digunakan untuk membentuk kompetensi) A B C D E F G H I J K L M N 1 Pengetahuan 2 3 4 5 6 Ketrampilan Umum 7 8 9 Ketrampilan khusus 10
PEMBENTUKAN MATA KULIAH CONTOH PEMBENTUKAN MATA KULIAH RUMUSAN KOMPETENSI BAHAN KAJIAN Inti keilmuan IPTEKS pendukung IPTEKS pelengk Yang dikemb Untuk ms dpn Ciri PT 1 Kemampuan merancang arsitektur 2 Kemampuan mengkomunikasikan ide. 3 Kemampuan bekerjasama 4 Memiliki kepekaan masalah nyata 5 Kemampuan membaca gambar 6 Memiliki kemampuan managerial & leadership 7 Mempunyai kemampuan dasar praktek 8 Kemampuan belajar sepanjang hayat 9 Berfikir & berkomunikasi secara akademik& etis. 10 kemampuan mengembangkan arsitektur 11 Menjunjung tinggi norma akademik 12 Memiliki penget. strategi pembangunan Teori, metode Desain ars. Struktur bang. Seni Sains ars-tek Perk. Ars. Perencanaan Lansekap ars Permukiman Interior Ars nusantara CAD Strategi pemb Lingk & IT Mata kuliah A Mk B mk C
Terimakasih…