TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Nurul Fauzia Sri Wahyuningsih Diyah Widi Hartati Syarif Hidayatullah
COMPUTER-ASSISTED LANGUAGE LEARNING
PERAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN Kemampuan berinteraksi dengan siswa Menjadi buku referensi Bertindak sebagai tutor Menjadi partner Memberikan contoh
PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA Berpengaruh positif Tidak jauh berbeda
PERKEMBANGAN METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA Gramar Translation Method Berfokus pada kosakata The Direct Method Menggunakan bahasa sasaran secara komunikatif Audio Lingual Method Menggunakan bahasa dalam situasi pengulangan The Silent Way Menggunakan bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dll
PERKEMBANGAN METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA Suggestopedia Menggunakan bahasa sasaran untuk komunikasi Community Language Learning Menggunakan bahasa sasaran dengan komunikatif The Total Physical Respone Kecakapan menyimak dan berbicara Communicative Aproach Menggunakan bahasa sasaran berdasarkan konteks CALL Penggunaan komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa
Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan
scneiderman (1992) memberikan contoh aplikasi multimedia dalam pendidikan antara lain: Materi pembelajaran/bahan tutorial Manual perbaikan atau perawatan Jurnal abstrak dan indeks ilmiah Katalog Jadwal dan peta geografis Bantuan atau pemberian informasi secara online
Aplikasi komputer –multimedia lebih banyak diarahkan pada pembuatan bahan ajar on-line (CAL) untuk membantu siswa mempelajari materi pelajaran secara individu sesuai dengan kebutuhan dan waktu tanpa tergantung sepenuhnya oleh guru atau orang lain karena pertimbang “daya tarik” dan ‘fleksibilitas” sistem multimedia.
Multimedia (hypermedia) merupakan sistem yang nonsequential, sistem yang memungkinkan pengguna atau siswa membaca informasi/materi apa saja tanpa harus mengikuti/membaca materi pada urutan pertama, kedua dan seterusnya sehingga benar-benar fleksibel.
Sistem multimedia memungkinkan perancang CAL menggabungkan teks dengan berbagai macam jenis media misalnya grafik, animasi, video, gambar dan suara, materi ajar yang dikembangkan dengan sistem multimedia akan lebih menarik (Hartoyo, 1998a; 1998b), sehingga cocok untuk penanaman konsep mengenai hal-hal yang abstrak dan memerlukan alat bantu untuk memahaminya, terutama bagi siswa SD.
Di Australia misalnya, penggunaan multimedia dalam menunjang pembelajaran telah menjadi hal biasa di SD bahkan TK sekalipun. Hal yang sama juga terjadi pada sekolah-sekolah di Bangkok Thailand. Seluruh sekolah di Bangkoktelah menggunakan teknologi komputer dan multimedia sebagai penunjang pembelajaran. Secara umum kita masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga dalam hal penggunaan dan pemanfaatan teknologi komputer dan multimedia dalam menunjang pembelajaran.
Kesadaran akan perlunya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta komputer dan multimedia merupakan hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan sekaligus penguasaan teknologi. Meskipun demikian, agar pemanfaatannya efektif, perlu perencanaan yang matang dengan mengetahui prinsip-prinsip penggunaan teknologi, jangan sampai justru menimbulkan kontra produktif.
Perangkat TIK dan Pemanfaatannya dalam Konteks Pendidikan MULTIMEDIA INTERAKTIF Teknologi yang membantu mengakomodasi dua media atau lebih seperti teks, grafis, audio, video atau animasi sebagai aplikasi berbasis komputer.
KOMPUTER Menurut Oxford, komputer merupakan alat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menerima informasi (data) dan melakukan serangkaian operasi logis sesuai dengan instruksi prosedural (program) untuk menghasilkan bentuk informasi atau sinyal.
PERLENGKAPAN AUDIO Perlengkapan audio dapat disambungkan dengan media lain (contoh : komputer) untuk digunakan sebagai sebuah multimedia interaktif.
INTERNET Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
TELEVISI Sebuah sistem yang berguna untuk mengubah pencitraan visual (beserta audio) menjadi sinyal elektrik, mentransmisikannya melalui radio atau perangkat lain dan menampilkannya pada sebuah layar secara elektronik.
TELEPON dan VoIP Penerapan telepon yang lebih maju dalam mendukung pembelajaran bahasa adalah penggunaan VoIP atau Voice over Internet Protocol, sebuah teknologi yang memunkinkan pesan- pesan suara dikirim melalui internet.
Mobile Gadget Laptop, notebook, atau perkembangan terakhir, netbook sekarang sudah umum digunakan oleh siswa dan guru. Terdapat pula mobile gadget seperti telepon seluler dan PDA phone yang dilengkapi dengan program seperti yang dapat kita temukan pada komputer, yang memungkinkannya berlaku sebagai komputer pribadi mini.
Social Interface Media ini menyediakan fasilitas atau contoh interaksi antara manusia dan komputer. Orang akan berinteraksi dengan komputer dengan cara yang lebih intuitif dan dengan usaha yang lebih ringan.
Interactive Whiteboard Sebuah papan tulis interaktif (Interactive Whiteboard/IWB) adalah sebuah tampilan besar interaktif (seperti monitor layar sentuh) yang dihubungkan pada komputer dan proyektor). Sebuah proyektor memproyeksikan tampilan desktop komputer pada bidang papan, pengguna mengendalikan komputer menggunakan sebuah pena, jari, atau alat yang lain.
DEFINISI TIK SECARA UMUM TEKNOLOGI YANG BERFUNGSI UNTUK MENDUKUNG PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI DAN KOMONIKASI
PERKEMBANGAN TIK KOMUNIKATOR DAN KOMUNIKAN DAPAT BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON, INTERNET, EMAIL, SATELIT, TELEVISI, KONFERENSI VIDEO DLL
MANFAAT TIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBERI MATERI PELAJARAN, TUGAS, ATAU INFORMASI
PERAN TIK DALAM KONTEK PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI “ JEMBATAN” PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI KOMUNIKASI LANGSUNG ANTARA SISWA DAN GURU DALAM RUANG BERBEDA SEBAGAI “GURU” ATAU TUTOR DAPAT MENJADI BUKU REFERENSI YANG TAK TERPISAHKAN
COMPUTER AIDED ASESSMENT (CAA) PENERBITAN KOMUNIKASI SIMULASI 8 CARA MENGGUNAKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MENURUT FITZPARK DAN DAVIES (2002) PRESENTASI LATIHAN AUTHORING COMPUTER AIDED ASESSMENT (CAA) RUJUKAN PENERBITAN KOMUNIKASI SIMULASI
PERALATAN TIK YANG MEMBANTU DALAM MENYAMPAIKAN PRESENTASI MATERI BERBASIS TEKS PADA WEB ATAU CD-ROM PEREKAM VIDEO DENGAN DUKUNGAN TEKS PADA WEB ATAU CD-ROM PRESENTASI POWERPOINT PADA PAPAN ELEKTRONIK
BANTUAN TIK DALAM MEMFASILITASI PAKET KERAGAMAN LATIHAN BAHASA LATIHAN GRAMMAR MENYIMAK, MENGULANGI, DAN MEMBANDINGKAN PENGENAL PERCAKAPAN OTOMATIS
PERANGKAT SERBA GUNA WIDA SOFTWARE HOT POTATOES MALTED I4LL PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) YANG DAPAT DIGUNAKAN GURU DALAM PENERAPAN TIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA CAMSOFT’S FUN DENGAN TEKS DAN SEPERANGKAT GAPKIT PERANGKAT SERBA GUNA WIDA SOFTWARE HOT POTATOES MALTED I4LL
MACAM-MACAM CAA SISTEM TES BERBASIS WEB CUC DIALANG QUESTION MARK PERSEPTION
PERALATAN TIK YANG BERGUNA SEBAGAI BAHAN RUJUKAN KAMUS ONLINE LINK EVERYTHING ONLINE CANNO NET ENSIKLOPEDI YANG DIMUAT DALAM CD-ROM SURAT KABAR DAN MAJALAH DALAM WEB PERALATAN INDEKS
PERANGKAT LUNAK WORD-PROCESSOR DAN DESKTOP PUBLISHING (DTP) GURU DAN PENGAJAR BAHASA DAPAT MENGGUNAKAN TIK UNTUK MENERBITKAN KARYA DENGAN CARA PERANGKAT LUNAK WORD-PROCESSOR DAN DESKTOP PUBLISHING (DTP) PERALATAN MEREKAM DAN MENGEDIT AUDIO KAMERA DIGITAL DAN CAMCORDERS POWERPOINT HALAMAN WEB
PERALATAN TIK YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA INFORMASI E-MAIL PEMBELAJARAN TANDEM DISKUSI DENGAN MEDIASI KOMPUTER LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS WEB KONFERENSI AUDIO KONFERENSI VIDEO MOO’S
LATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA YANG “ MENSTIMULUS” LATIHAN DUNIA NYATA WEBQUESTS ACTION MAZES ADVENTURE GAMES SUNPOWER EXPODISC SIMULASI ‘SIMULASI DUNIA NYATA” KONFERENSI VIDEO