TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

Seni Rupa Terapan.
Kategori Desain Grafis
PRINSIP DESIGN IMK.
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
FAKTOR MANUSIA.
Painting #13 Multimedia Seni rupa adalah di antara ranah seni yang kian cepat mengusung reformasi dari tatanan seni konvensional. Suatu bukti yang banyak.
Menggambar perspektif
Mata Pelajaran Seni Budaya
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Mata Pelajaran:Seni Budaya
Desain permodelan grafis
MK. Grafis Industri.
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
BAHAN 5 DASAR-DASAR LOGIKA SEMESTER I
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
RUANG LINGKUP KEILMUAN DESAIN
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat memahami jalan komunikasi kreatif selain komunikasi verbal untuk menyampaikan pesan dan kesan lewat media desain Visual.
Minggu ke 1 ESTETIKA Mukhsin Patriansyah. S.Sn., M.Sn.
Mengapresiasi karya seni rupa terapan
Interaksi Manusia & Komputer
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Desain Komunikasi Visual | UDINUS
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Paradigma Agus Setiawan, M.Sn.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
BAHASA VISUAL Pujiyanto.
PENGERTIAN SEJARAH.
Makna Desain Oleh rudi irawanto Slide 2.
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Assalamualaikum Wr Wb.
Contoh Seni Rupa Terapan
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
MK. Grafis Industri.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Pengembangan Media Foto
PROSES DESAIN Pertemuan 9
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Modul 5 Disain grafis di media cetak
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
BAHAN 5 DASAR-DASAR LOGIKA SEMESTER I
Produksi Media Pendidikan Berupa Gambar ( Non Elektronik )
Pengantar DKV Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 9
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
Assalamualaikum wr.wb.
Iklan media cetak (copywriting)
( Materi Desain Grafis )
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
Desain Grafis Berdasarkan Pembagian Grid
PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU
Menggambar perspektif
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk Multimedia
RUPA DASAR 3 DIMENSI Rupa dasar 3 dimensi atau disebut juga Trimatra, adalah pengolahan bentuk dasar dalam bidang 3 dimesi yaitu berupa bidang yang memiliki.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn Disampaikan pada pertemuan ke-2, september 2015

? D E S A I N KOMUN I KAS V I S UA L

D E S A I N Desain adalah Sains yang dikendalikan oleh logika dan hukum buatan manusia dalam membuat artefak yang berguna. Desain adalah hasil proses perancangan sebuah objek yang dilakukan melalui tahapan tertentu dan melalui pertimbangan yang melibatkan berbagai parameter yang melekat pada objek desain tersebut menuju pada pemberian ujud atau bentuk yang memenuhi kaidah- kaidah dan nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu. Desain adalah ujung akhir dari suatu proses interaksi antar berbagai komponen kegiatan ekonomi, perilaku, social, tradisi. Desain yang berupa benda, ruang, dan bangunan yang berfungsi untuk kegiatan hidup manusia, sampai ujudnya sudah melalui berbagai proses pengolahan yang melibatkan berbagai pihak dalam kurun waktu dan kerangkan pikir tertentu. Desain bermula dari kesadaran manusia membuat alat-alat Desain adalah kerangka bentuk; rancangan; motif; corak; Perancangan estetika, cita rasa dan kreativitas

Communication= common = K O M U N I A S ISTILAH Communication= common = bersama atau umum Bahasa Verbal Diskusi Media massa Kode/morse/semaphore Body language tulisan

V I S UA L Sesuatu yang dapat dilihat berdasarkan penglihatan; Dapat dilihat dng indera penglihatan; secara pandang

Komunikasi visual Komunikasi menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual (yang menjadi kekuatan utama dalam penyampaian pesan) adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat dipakai untuk menyampaikan arti, makna, atau pesan

Kalimat sempurna (kalimat bermakna) BAHASA TULISAN Subyek Predikat Obyek Pelengkap Kalimat sempurna (kalimat bermakna) pelaku kata kerja yang dikenai opsional Bejo memancing kerusuhan di pasar Bejo ? Bejo memancing ? Bejo memancing kerusuhan mulai tampak Bejo memancing kerusuhan di pasar jelas

BAHASA RUPA - Primadi Tabrani suatu cara yang dipakai untuk berkomunikasi lewat gambar, kerap disebut bahasa gambar imaji dan tata ungkapan BAHASA RUPA Tata ungkapan Wimba Isi wimba Cara wimba TU dalam TU luar

WIMBA suatu obyek yg dicandera (digambar atau dideskripsikan) dalam bidang gambar bidang gambar: dinding, batu, kanvas, kertas,kain, kaca, dsb

WIMBA Isi wimba  objek yang digambar (per elemen) Cara wimba  cara menggambar objek Wimba  gambar anak SD tentang binatang isi wimba : langit, anak kecil, jerapah, pohon, burung, capung, awan, helikopter, matahari, kambing, dll cara wimba: wimba anak kecil digambar utuh (dari kepala sampai kaki) dengan tampak depan; jerapah digambar utuh tampak samping; kambing digambar lebih kecil daripada jerapah; dan sebagainya

TATA UNGKAPAN cara menyusun wimba, cara wimba dalam satu bidang gambar atau antar bidang gambar sehingga bercerita

TATA UNGKAPAN cara menyusun wimba, cara wimba dalam satu bidang gambar atau antar bidang gambar sehingga bercerita Wimba  gambar anak SD tentang binatang isi wimba : langit, anak kecil, jerapah, pohon, burung, capung, awan, helikopter, matahari, kambing, dll cara wimba: wimba anak kecil digambar utuh (dari kepala sampai kaki) dengan tampak depan; jerapah digambar utuh tampak samping; kambing digambar lebih kecil daripada jerapah; dan sebagainya Tata ungkapan: gambar tentang anak kecil yang sedang berusaha menangkap capung, terlihat dari jaring yang digenggam dengan tangan kanan. Beberapa hewan berlari dari kanan ke kiri, karena dikejar oleh anak kecil tersebut. Burung dan capung sedang terbang ditunjukkan dengan kepakan sayapnya. Kambing berjalan ditunjukkan dengan kakinya yang sedang bergerak, dll

BAHASA RUPA PRASEJARAH – Lukisan di Gua Di beberapa daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Irian memiliki peninggalan berupa lukisan manusia prasejarah

BAHASA RUPA PRASEJARAH – Lukisan di Gua Wimba  lukisan manusia berburu rusa di dinding gua, yang diikuti oleh dua ekor anjing di belakang rusa Isi Wimba : manusia, tombak, rusa, dan anjing Cara Wimba : -manusia digambar tampak depan, dengan tangan kiri memegang tongkat, tangan kanan dilipat, serta kaki seolah melangkah -rusa digambar tampak samping, menghadap kanan, dengan kaki belakang diangkat sedikit ke atas -dua ekor anjing mengikuti pemburu mengejar rusa -lukisan dilihat dari arah kiri ke kanan Tata ungkapan: lukisan di atas bercerita tentang manusia prasejarah sedang berburu rusa, yang diikuti oleh dua ekor anjing. Rusa digambar dengan diperbesar, karena merupakan objek utama. Posisi kaki manusia terlihat gagah menunjukkan adanya gerak berlari mengejar rusa yang juga sedang berlari. Gerak rusa, manusia, dan anjing dari kiri ke kanan menunjukkan mereka masuk menuju wilayah tertentu.

Melalui ungkapan kreatif Melalui berbagai media Suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media ntuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan menglola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, komposisi warna, dan layout. Konsep komunikasi Melalui ungkapan kreatif Melalui berbagai media Menyampaikan pesan secara visual Menggunakan elemen grafis

CABANG-CABANG ILMU DKV ILUSTRASI FOTOGRAFI TIPOGRAFI 3 DIMENSI SENI SENI PERTUNJUKAN SENI MURNI SENI RUPA CABANG-CABANG ILMU DKV ILUSTRASI FOTOGRAFI TIPOGRAFI 3 DIMENSI MULTIMEDIA ELEKTRONIK MEDIA KOMPUTER GRAPHIC ANIMASI PERIKLANAN PERCETAKAN/PENERBITAN DESAIN IDENTITAS KRIYA DESAIN PRODUK DESAIN DESAIN INTERIOR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL