PANCASILA IDEOLOGI NEGARA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pancasila Ideologi Negara
Advertisements

Oleh: Leni Anggraeni, S.Pd., M.Pd.
KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA
PANCASILA DITINJAU ASAL MULANYA
IDEOLOGI.
BAB I IDEOLOGI PANCASILA.
Pert. 3 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
Pancasila Sebagai Ideologi Nasional.
PEMBUKAAN UUD 1945.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM Filsafat
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
WAWASAN NUSANTARA Oleh : Aditya Hendra Moh. Khoirul Anwar
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Pert. 3 Dr. H. Syahrial Syarbaini, MA.
Pancasila dalam kajian sejarah bangsa
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA (hal.25)
PANCASILA IDEOLOGI NEGARA
Pancasila sebagai dasar negara
Wawasan nusantara (Lecture 6 & 7)
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
DR. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Ideologi yang Berkembang di Dunia
Gimana Jadinya Negara Indonesia tanpa Ideologi Pancasila ?????
Dasar Negara dan Ideologi Nasional
Pert. 3 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
Pancasila Ideologi Negara
PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI TERBUKA
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA
Pancasila sebagai PARADIGMA KEHIDUPAN BERBANGSA & BERNEGARA
Pancasila dalam kajian sejarah bangsa
Dasar Negara dan Konstitusi
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
GEOPOLITIK INDONESIA KELOMPOK 6A MENTAWATI SILAEN (A1D515017)
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
UUD 1945 Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebelum diamandemen yang terdiri dari : Pembukaan UUD.
BAHAN KULIAH PANCASILA PERTEMUAN KE-2
Pancasila dalam kajian sejarah bangsa
Pancasila sebagai dasar negara
DEMOKRASI DI INDONESIA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
BAB. XIV PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
TRANSFORMASI PENDIDIKAN PANCASILA DLM KEWARGANEGARAAN
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
PANCASILA SBG IDEOLOGI TERBUKA PERANAN PERS DLM MASY. DEMOKRASI
KELOMPOK 2 Resita Sri Wahyuni Hardillah Nurrahmahdini Yulia Kurniasih
Kelompok 3 : FIRMANSYAH FAJAR SASI SAMUDRA ANGGITA AYU
PANCASILA Sebagai PANDANGAN HIDUP BANGSA
Pancasila Ideologi Negara
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
Pendidikan Kewarganegaraan
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Transcript presentasi:

PANCASILA IDEOLOGI NEGARA Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.

PENDAHULUAN W. Howard Wriggins, Ideologi berfungsi “confirm and deepen the identity of their people” (sesuatu yang memperkuat dan memperdalam identitas rakyatnya). Di sisi lain, ideologi rentan disalahgunakan oleh elit penguasa untuk melanggengkan kekuasaannya.

Definisi Oesman dan Alfian (1990:6), berintikan serangkaian nilai (norma) atau sistem nilai dasar yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang dimiliki dan dipegang oleh suatu masyarakat atau bangsa sebagai wawasan atau pandangan hidup bangsa mereka. Ideologi merupakan kerangka penyelenggaraan negara untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Dimensi Fleksibilitas Kekuatan Ideologi Dimensi realita, bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi itu secara riil berakar dan hidup dalam masyarakat atau bangsanya, terutama karena nilai-nilai dasar tersebut bersumber dari budaya dan pengalaman sejarahnya. Dimensi idealisme, bahwa nilai-nilai dasar ideologi tersebut mengandung idealisme, bukan lambungan angan-angan, yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui perwujudan atau pengalamannya dalam praktik kehidupan bersama mereka sehari-hari dengan berbagai dimensinya. Dimensi fleksibilitas atau dimensi pengembangan, bahwa ideologi tersebut memiliki keluwesan yang memungkinkan dan bahkan merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan tentang dirinya, tanpa menghilangkan atau mengingkari hakikat atau jati diri yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya Dimensi Realita Dimensi Idealisme Dimensi Fleksibilitas

Fungsi Ideologi Soerjanto Poespowardojo (1990) Struktur kognitif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang didapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian dalam alam sekitranya. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.

Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuannya. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati serta memolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya

Konsep Ideologi Indonesia Perhimpunan Indonesia (PI) yang dipimpin Moh. Hatta di Belanda, sejak 1924 mulai merumuskan konsepsi ideologi politiknya, bahwa tujuan kemerdekaan politik haruslah didasarkan pada empat prinsip: Persatuan nasional Solidaritas Non-kooperasi Kemandirian

Tan Malaka menulis buku Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia) bahwa “paham kedaulatan rakyat memiliki akar yang kuat dalam tradisi masyarakat Nusantara”. Tjokroaminoto mulai mengidealisasikan suatu sintesis antara Islam, sosialisme dan demokrasi Soepomo, dalam sidang BPUPKI pada tanggal 31 Mei 1945, memberikan tiga pilihan ideologi, yaitu: (1) paham indvidualisme, (2) paham kolektivisme dan (3) paham integralistik.

Ideologi Pancasila Pancasila sebagai ideologi Indonesia mempunyai ajaran-ajaran yang memang mengandung nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi lain. Filsuf Inggris, Bertrand Russel, menyatakan bahwa Pancasila sebagai sintesis kreatif antara Declaration of American Independence (yang merepresentasikan ideologi demokrasi kapitalis) dengan Manifesto Komunis (yang mereprensentasikan ideologi komunis).

Ahli sejarah, Rutgers, mengatakan, “Dari semua negara-negara Asia Tenggara, Indonesia-lah yang dalam Konstitusinya, pertama-tama dan paling tegas melakukan latar belakang psikologis yang sesungguhnya daripada revolusi melawan penjajah. Indonesia pun pernah merasakan berkembangnya nilai-nilai ideologi-ideologi besar dunia berkembang dalam gerak tubuh pemerintahannya.

Pancasila dan Liberalisme 1950-1959 Sistem Parlementer Banyak Partai, terutama partai Islam (Masyumi, NU dan PSII)

Ketidakcocokan Individualisme Barat mengutamakan kebebasan makhluknya, sedangkan paham integralistik yang kita anut memandang manusia sebagai makhluk individu sekaligus juga makhluk social Negara demokrasi model Barat lazimnya bersifat sekuler. Hal ini tidak dikehendaki oleh segenap elemen Bangsa Indonesia

Negara liberal memberi kebebasan kepada warganya untuk memeluk agama dan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Namun dalam negara liberal diberikan kebebasan untuk tidak percaya terhadap Tuhan atau atheis, bahkan negara liberal memberi kebebasan warganya untuk menilai dan mengkritik agama. kekuatan liberalisme terletak dalam menampilkan individu yang memiliki martabat transenden dan bermodalkan kebendaan pribadi.

Pancasila dan Komunisme 1950-1960 Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sudah kuat. Ada Faktor eksternal yang fokus terhadap agresi asing (Sekutu atau NICA) yang merasa masih memiliki Indonesia sebagai jajahannya. Faktor internal yaitu gerakan DI/TII yang ingin mengubah RI menjadi negara Islam dan Pemberontakan PKI yang ingin mengubah RI menjadi negara komunis

Ketidakcocokan Negara komunisme lazimnya bersifat atheis yang menolak agama.Sedangkan Indonesia sebagai negara yang berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Ideologi komunis juga tidak menghormati manusia sebagai makhluk individu. Komunis suatu ideologi yang bersifat tertutup. Berbeda dengan Pancasila yang bersifat terbuka.

Larangan Tercantum dalam TAP MPR No. XXV/MPRS/1966 ttg pembubaran PKI, pernyataan sebagai organisasi terlarang di seluruh wilayah NRI bagi Partai Komunis Indonesia dan larangan setiap kegiatan untuk menyebarkan atau mengembangkan faham/ajaran komunisme/marxisme dan leninisme yang diperkuat dengan TAP MPR No. IX/MPR/1978 dan TAP MPR No VIII/MPR/1983.

Pancasila dan Agama Pancasila yang di dalamnya terkandung dasar filsafat hubungan negara dan agama merupakan karya besar bangsa Indonesia. Pancasila pun mengisyaratkan bahwa kesadaran akan adanya Tuhan milik semua orang dan berbagai agama.

PENUTUP Fungsi ideologi negara bagi bangsa Indonesia amat penting dibandingkan dengan pentingnya ideologi bagi negara-negara lain terutama yang bangsanya homogen. Bagi bangsa Indonesia, ideologi sebagai identitas nasional merupakan prasyarat kestabilan negara, karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang heterogen.

Ideologi Pancasila berfungsi untuk: Menggambarkan cita-cita bangsa, kearah mana bangsa ini akan bergerak; Menciptakan rasa kebersamaan dalam keluarga besar bangsa Indonesia sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika; Menggairahkan seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara Republik Indonesia.

Bangsa Indonesia harus melaksanakan nilai-nilai instrumental ideologi Pancasila yaitu taat asas terhadap nilai-nilai dan ketentuan-ketentuan yang ada pada Pembukaan UUD 1945 dan Pasal-Pasal dalam UUD 1945

Sekian …. Atas Perhatiannya …