Interaksi Manusia Dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Daisy Wheel Printer  Mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak.  Sudah jarang diproduksi.
Advertisements

INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Merakit Personal Komputer (PC)
Cara Kerja Perangkat Keras
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
Hardware Komputer.
Profil Komputer (2).
PERANGKAT KERAS KELUARAN
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
IMK-M3. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik.
Profil Komputer.
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Output Devices.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
Perangkat Input Dan Output
LOGO DEDED RAMAD KAMDA,S.KOM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
Pertemuan 5 Peralatan Output.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Oleh: Chalifa Chazar COMPUTERS Oleh: Chalifa Chazar
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Peranti interaktif Pertemuan 5.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Peranti interaktif Pertemuan 5.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Dasar Pemrosesan Komputer
Interaksi Manusia-Komputer
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer (Komputer)
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Pertemuan Keempat Komputer
PERALATAN INPUT (Input Device)
Pengantar Teknologi Informasi
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Kinds Of Input/Interaction Devices
Interaksi Manusia-Komputer
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Cathode Ray Tube Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi.
Piranti Interaktif.
Input & Output Devices Bab V.
Pertemuan 7 Hardware.
ORGANISASI KOMPUTER OLEH : ATISATYA,S.ST.
Pengantar Teknologi Informasi
Hardware Komputer.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010
INPUT DEVICE.
Komponen Sistem Komputer
Piranti Interaktif.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia Dan Komputer SESSION 3 IMK – The Computer Disampaikan Oleh: Wiwid Dolianto S.Kom, MT Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Teknik 2016

The Computer Pembahasan fokus terhadap komputer sebagai elemen penting yang akan diberikan tugas melayani manusia dalam hubungannya dengan interaksi manusia dan komputer

The Computer Pendahuluan Komputer merupakan partisipan dalam interaksi yang berfungsi menjalankan program Merupakan frasa umum, mencakup banyak komponen/ peralatan Perhatian lebih kepada komputer elektronik Bentuk perbedaan utama interaksi: Batch : jika sejumlah besar data harus di baca/ diproses dalam mesin, membutuhkan hanya sedikit intervensi/ campur tangan pengguna Interaktif : saat pengguna mengontrol sesuatu sepanjang waktu Konsentrasi pada penggunaan interaktif

Sistem Komputer Sistem Komputer Secara Umum Peralatan umum sistem komputer Layar (screen) atau monitor. Terdapat beberapa windows yaitu area – area berbeda yang berjalan secara mandiri satu dengan lainnya Keyboard Mouse / keypad Peralatan ini menentukan gaya interaksi yang didukung oleh sistem Jika menggunakan peralatan berbeda maka antar muka akan mendukung gaya interaksi yang berbeda

Sistem Komputer Bagian Komputer

Input Device Peralatan Masukan Teks Keyboard Merupakan peralatan masukan umum Layout standar (QWERTY), walaupun tombol non alpha numerik ditempatkan secara berbeda. Terdapat perbedaan tombol keyboard Inggris UK dan Amerika USA. Penyusunan tombol – tombol karakter QWERTY tidaklah optimal untuk layout pengetikan bagi para penggunanya Desain keyboard yang lain menjadikan mengetik lebih cepat, tapi masyarakat sosial sudah terlanjur berbasiskan pengetikan QWERTY hingga kini. Penekanan tombol menutup koneksi pada keyboard, karakter terkirim Biasanya tersambung dengan saluran / kabel ke komputer Mengijinkan masukan teks cepat untuk pengguna berpengalaman

Input Device Keyboard yang lain Alphabetik Dvorak Tombol diatur berdasarkan urutan abjad Tidak lebih cepat buat pengetik yang telah terlatih Juga tidak lebih cepat buat para pengetik pemula Dvorak Huruf yang sering dipakai ditempatkan pada jari – jari yang dominan Condong/bias pada pemakai tangan kanan (bukan kidal) Kombinasi umum dari karakter berganti – ganti diantara dua tangan Peningkatan kecepatan sampai 10 – 15% dan mengurangi kelelahan Masyarakat sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY , menekan pasar untuk tidak berubah

Input Device Keyboard Dvorak & Qwerty

Input Device Chord Keyboard Hanya sedikit tombol ( 4 atau 5) Huruf diketikkan sebagai kombinasi dari penekanan tombol Ukuran kompak – mudah dibawa (portable) Waktu belajar singkat penekanan tombol merefleksikan bentuk huruf yang diinginkan Cepat pengetikan Penolakan masyarakat yang terbiasa dengan QWERTY

Input Device Chord Keyboard

Input Device Peralatan Masukan Lain Pengenalan Tulisan tangan Teks ditulis tangan dapat dimasukkan ke komputer, menggunakan pena komputer dan tablet digital Bentuk umum interaksi Memiliki permasalaan dalam : Mendapatkan semua informasi yang berguna, alur goresan, tekanan, dll Memisahkan tulisan gabungan ke dalam huruf terpisah Interpretasi huruf secara secara individu Penguasaan gaya penulisan tangan

Input Device Pengenal tulisan tangan

Input Device Alat organisasi pribadi (organizer) sudah ada di pasaran. Dapat mengenali tulisan tangan dan bisa menggantikan keyboard besar Pengenal suara Pengguna tunggal, kosa kata terbatas Terdapat masalah pada : Gangguan eksternal Ketidak tepatan lafal/ cara pengucapan Aksen

Input Device Pengenal suara

Input Device Peralatan Penempatan Posisi dan Penunjuk Mouse Peralatan pemindah dan penunjuk posisi di layar monitor 2 karakter : Gerakan mendatar Terdapat tombol – tombol dengan fungsi tertentu Mouse desktop Butuh ruangan fisik Kelelahan tangan tak terjadi Pergerakan relatif hanya jika terdeteksi Cursor orientasi pada bidang x,y.

Input Device Mouse

Input Device Mouse PS2 & USB Connection

Input Device Merupakan peralatan manipulasi secara tidak langsung Peralatan tidak mengganggu layar, akurat dan cepat Berkaitan dengan koordinasi mata dan tangan Cara kerja : Mekanik Bola bergerak saat mouse digunakan Menggerakkan potensiometer ortogonal Dapat digunakan pada hampir semua permukaan datar Optik LED Light Emiting Diode Sedikit rentan terhadap debu dan kotoran Termasuk jenis mouse dengan jenis foot mouse

Input Device Peralatan Penempatan posisi lain Joystick Peralatan tidak langsung Tempat sedikit Dikontrol oleh : Gerakan dari joystick – posisi berhubungan dengan cursor Tekanan joystick – berhubungan dengan kecepatan Dilengkapi tombol- tombol Tidak mengaburkan layar Murah, sering untuk permainan komputer

Input Device Joystick

Input Device Trackball Bekerja seperti mouse Peralatan tidak langsung Akurat Tombol untuk memilih Ruang sedikit, populer untuk laptop

Input Device Trackball

Input Device Layar sentuh Mendeteksi jari atau pena Bekerja dengan interupsi matriks dari semburan cahaya atau dengan perubahan kapasitas atau refleksi ultrasonik Peralatan penempatan posisi langsung Cepat atau tidak butuh pointer khusus Baik untuk pemilihan menu Bersih Tidak presisi karena jari merupakan elemen tumpul Lengan lelah dan layar terlalu dekat untuk melihat secara mudah

Input Device Layar sentuh

Input Device Light Pen Kabel tergulung sebagai koneksi pena pada layar Pena menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor selama pemindaian Peralatan penempatan posisi secara langsung Akurat, pemilihan lebih baik pada layar Masalah yang bisa muncul : Pena dapat mengaburkan layar Mudah rusak, patah Mudah hilang

Input Device Touch screen dan light pen kurang populer dibandingkan mouse Tablet digital (Digitizing tablet) Peralatan penempatan posisi langsung Sering digunakan untuk freehand drawing Tablet tahanan (resistive tablet) :Mendeteksi titik temu diantara 2 lapisan terpisah Tablet magnetik (magnetic tablet) : mendeteksi pulsa saat itu dalam medan magnet Tablet sonic (sonic tablet) : mirip dengan tablet seperti diatas, tetapi tidak membutuhkan permukaan khusus

Input Device Tablet Digital

Input Device Tombol – tombol kursor Roda jempol (thumb wheels) Empat tombol anak panah (atas, bawah, kiri, kanan) pada keyboard Mendeteksi jari atau pena untuk menulis di layar Murah tetapi lambat Tidak ada layout standar Roda jempol (thumb wheels) Dua lempeng pengatur ortogonal untuk mengatur posisi kursor Kecil, kompak

Input Device

Input Device Sarung tangan data (Dataglove) Sarung tangan khusus sensor serat optik Mendeteksi sudut temu dan posisi tangan 3D Mudah digunakan, kuat dan ekspresif (10 sudut, 3D, 50 Hz) Pengenal gerak tubuh / gesture Interpretasi bahasa simbol /syarat Sulit digunakan dengan keyboard Mahal

Input Device Data Glove

Input Device Penangkap pandangan mata (Eyegaze) Headset mendeteksi gerakan mata pengguna untuk mengontrol kursor Cepat dan akurat Mahal

Input Device Eyegaze

Output Device Peralatan Output Layar Komputer CRT (Cathode Ray Tube) Aliran elektron dipancarkan dari electron gun diarahkan oleh medan magnet, mengenai layar yang dilapisis fosfor yang membuat bersinar Raster Scan : Random scan Direct View

Output Device CRT

Output Device CRT murah, kemampuan warna tinggi Bentuknya besar karena adanya pemancar elektron dan komponen pemusat di belakang layar Masalah dengan ‘Jaggies” yaitu garis diagonal yang harus terpotong dalam rangka proses pemindaian horizontal raster. Jaggies dapat dikurangi dengan layar resolusi tinggi atau dengan teknik anti aliasing yaitu membuat tepi lebih lembut dari segmen garis Adanya flicker, pembacaan yang susah dan kontras yang rendah. Lelah dan tegang pada mata

Output Device Emisi radiasi sinar X Radiasi ultra violet dan infra red dari fosfor Emisi frekweksi radio + ultrasound 16 kHz Medan elektrostatik Medan elektromagnetik Untuk perhatian : Ada efek jika terlalu dekat dengan layar Ukuran font jangan terlalu kecil Jangan memandang terlalu lama Tidak menempatkan layar secara langsung depan jendela yang terang cahayanya. Bekerja dengan cahaya yang memadai

Output Device LCD Liquid Crystal Display Lebih kecil, ringan dan tanpa radiasi Laptop, notebook, desktop Prinsip serupa dengan jam tangan digital Kristal cair diapit 2 lempengan gelas Lempengan atas transparan dan terpolarisasi, lempengan bawah refleksi Tegangan listrik merubah polarisasi kemudian merotasi cahaya datang LCD butuh proses refresh, respon lambat menyebabkan flicker

Output Device Tingkat kelelahan mata sedikit dibanding CRT Sifat refleksi alamiah cahaya dibanding pancaran sinar pada CRT Penggunaan super twisted kristal meningkatkan sudut pandangan dan angka respon meningkat

Output Device LCD

Output Device Peralatan Output alternatif Visual Auditory Representasi analog : dial (tombol dial), gauges, cahaya Head up display (kamera kecil di kepala) Auditory Beeps, bongs, clonks Indikasi kesalahan Konfirmasi suatu aksi Pembicaraan : belum tereksplorasi

Output Device Pencetakan Teknik cetak membentuk karakter pada halaman sebagai serangkaian titik (dot) Mencetak karakter atau grafik, tergantung resolusi dot nya. Diukur dengan dpi (dot per inch) Printer dot matriks Pita tinta dengan pin yang memukul pita, mencetak titik – titik di kertas Resolusi umumnya 80 – 120 dpi Mempunyai banyak baris paralel, membentuk matriks pin - pin

Output Device Printer Dot Matrix

Output Device Printer ink jet dan bubble jet Tinta dikirim dari head printer ke kertas, ink jet menyemprotkan. Bubble jet menggunakan panas membuat gelembung Tidak berisik Resolusi umunya 300 dpi

Output Device Printer suhu (thermal printer) Menggunakan kertas yang sensitif terhadap panas, mengubah warna jika dipanaskan Kertas dipanaskan oleh pin pada titik yang diperlukan Hanya satu baris titik yang dibuat setiap langkah Kualitas kurang bagus Sederhana Contoh mesin faximile

Output Device Printer laser (laser printer) Prinsip kerja mirip mesin foto copy Titik bermuatan disimpan dalam drum yang diambil dalam toner bubuk tinta. Digulungkan di kertas kemudian dipanaskan Resolusi 300 dpi. Saat ini tersedia hingga 1200 dpi

Output Device Font Mengacu pada gaya teks tertentu Jenis font umum : Times new romance Verdana Arial Courier Ukuran font dinyatakan dalam point (pt)

Output Device Terdapat karakteristik lain dari font, terpisah dari ukurannya : Pitch Fixed pitch : setiap karakter lebar sama. Courier Variable pitch : beberapa karakter lebih lebar. Time pada i dan m Serif atau Sans serif Akhiran goresan kotak. Helvetica Serif Times Roman atau Palatino

Output Device Bahasa Pendeskripsian Halaman Satu halaman bisa memuat beragam : jenis font, bitmap, ilustrasi garis, foto, dll Bisa konversi semua informasi ke dalam bitmap, tapi ukuran file akan sangat besar Alternatif : deskripsi lengkap satu halaman dapat dikirim. Menjelaskan bagaimana menggambar grafik dan menuliskan teks dengan font yang diinginkan Pendekatan ini menggunakan bahasa deskripsi halaman Suatu bahasa pemrograman untuk pencetakan

Output Device Mengandung instruksi menggambar kurva, garis, teks dengan gaya yang berbeda – beda, skala informasi dan seterusnya Yang paling umum adalah Postscript

Output Device Scanner dan Pengenal Karakter Optik Scanner Memindai naskah kertas kemudian mengubah ke format bitmap Terdapat 2 jenis scanner : Flat bed scanner : ukuran scanner besar, kertas ditempatkan di lempengan gelas kemudian dikonversikan ke bitmap Hand held scanner : dilewatkan melalui kertas, alat ini mempunyai lebar 3 – 4 inchi Bisa untuk warna kilauan cahaya pada kertas dan mencatat intensitas refleksinya

Output Device Resolusi : 100 – 300 dpi, juga sampai 1500 dpi Digunakan pada : Desktop publishing, olah fotografi atau citra lainnya Digunakan dalam penyimpanan dokumen

Output Device OCR Optical Character Recognition Mengkonversi bitmap ke bentuk teks Font yang berbeda menjadi permasalahan untuk algoritma pencocokan kerangka (template matching) sederhana Sistem lebih kompleks akan mensegmentasi teks, memilah dalam garis dan sudut, mengurai karakter

Output Device Memory RAM Random Access Memory – memory akses secara acak Waktu akses 100 nn sec. Isi bisa berubah jika listrik mati Data transfer 10 Mbps Beberapa RAM yang tidak mudah berubah isinya digunakan untuk menyimpan informasi dasar set up

Output Device Desktop komputer umumnya pemiliki 128 Mbps sampai 1Gbps Memory jangka panjang : umumnya disk Magnetik Floppy disc : menyimpan data 300 kb ~ 1,4 Mb. Hard disc 20 Gb ~ 120 Gb Waktu akses : 10 ms, transfer rate 1 Mbps Optik Menggunakan laser untuk baca – tulis Lebih handal dibanding magnetik CD ROM WORM Write Once Read Many – baik untuk back up Disk yang dapat ditulis kembali, namun mengurangi kapasitas penyimpanan. CD RW

Output Device Program saat ini memiliki ukuran yang cukup besar, sering melebihi kapasitas RAM. Bisa berpengaruh terhadap interaksi. Data harus ditukar (keluar – masuk) dari RAM ke hard disc. Hal ini menyebabkan waktu tunggu yang lama.

Output Device Format Penyimpanan ASCII RTF Rich Text Format Kode biner 7 bit secara unik menandai setiap huruf dan karakter RTF Rich Text Format Teks plus format dan informasi layout SML Standarized Markup Language Dokumen diperlakukan sebagai objek terstruktur (paragraf, kalimat) Format penyimpanan jamak (multiple storage format) untuk bitmap dan citra (PostScript, GIFF, TIFF, PICT, JPG) plus teknik kompresi untuk penyimpanan QuickTime – standar kompresi untuk format citra dan video. Untuk Apple Macintosh

Output Device Kecepatan Prosesor Desain cenderung ke prosesor yang cepat tak terbatas, membuat interface menjadi lebih rumit Masalah terjadi, pemrosesan tidak dapat memenuhi tugas yang diperlukan : Overshooting (tertalu banyak tekan tombol): Sistem menyimpan sementara (buffer) tombol keyboard yang ditekan Icon wars (perang ikon) : Pengguna klik ikon, ternyata tak ada respon. Kemudian klik yang lain, ternyata sistem respon dan window bermunculan

Output Device Juga menjadi masalah sistem terlalu cepat Layar bantuan (help) menggulung teksnya terlalu cepat untuk bisa dibaca pengguna

Output Device Batas Kinerja Interaktif Batasan Komputasi : memakan waktu, frustasi untuk pengguna Batasan penyimpanan : Macet dalam transfer data dari disk ke memory Batasan grafik : update layar butuh banyak usaha, kadang terbantu dengan menambah prosesor grafik Kapasitas jaringan : Komputer yang terhubung jaringan saling berbagi sumberdaya dan file, akses printer. Kinerja interaktif menjadi berkurang karena kecepatan jaringan rendah

Daftar Pustaka A.J Dix, J.E Finlay. Human Computer Interaction, Third Ed, Prentice Hall, 2003 Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.