Perancangan Percobaan anom1392@lecturer.binus.ac.id
Perancangan Percobaan (PerC) Perancangan percobaan merupakan suatu perencanaan formal yang mendetail untuk menemukan sesuatu melalui suatu perco-baan, yang menyangkut suatu sistem/ proses tertentu PerC dimaksudkan untuk menemukan hubungan causal antara faktor input/proses tertentu (peubah bebas) dengan peubah output tertentu (peubah respon/tak bebas) Contohnya temperatur air, ukuran telor, ketinggian tempat memasak, lamanya memasak akan menentukan keras atau lunaknya telor rebusan
Keras/lunak telur hasil rebusan Model Proses Ukuran telur Lamanya perebusan Keras/lunak telur hasil rebusan Ketinggian dpl Suhu perebusan
Tujuan Percobaan Percobaan dilaksanakan bertujuan untuk Mempelajari bagaimana merubah rata-rata proses ke arah yang diinginkan Mempelajari bagaimana mengurangi keragaman proses Mempelajari bagaimana membuat proses lebih handal Mempelajari variabel-variabel mana yang perlu dikendalikan dan mana yang tidak
Tiga unsur penting PerC Ulangan dua atau lebih unit percobaan yang dikenai perlakuan yang sama diperlukan untuk memperoleh galat (error) percobaan
Tiga unsur penting PerC Pengacakan (randomization) menggunakan bilangan acak untuk menentukan urutan trial percobaan dan mengarahkan urutan tersebut pada input tertentu merupakan persyaratan dalam metode analisis statistika dan diperlukan untuk mengurangi pengaruh bias prosedural
Tiga unsur penting PerC Pengendalian lokal (Local Control) menggunakan block menghasilkan petak-petak (subspace) percobaan yang lebih homogen dan dapat digunakan sebagai alternatif percobaan acak lengkap
Perancangan Faktor-tunggal Tepat digunakan jika yang ingin dipelajari adalah hubungan faktor input tunggal dan faktor output dalam percobaan Misalnya, lamanya pencampuran vs. ratanya hasil pengecatan
Perancangan Faktor-rangkap Satu-faktor-pada satu-waktu Rancangan yang sederhana memberikan keterbatasan pemahaman terhadap data rancangan seperti ini tidak dapat mendeteksi pengaruh interaksi diantara faktor-faktor input
Perancangan Faktor-rangkap Faktorial-lengkap Melibatkan pengujian semua kombinasi yang mungkin dalam percobaan tertentu pada sejumlah level. Rancangan faktorial-lengkap memungkinkan pendugaan semua pengaruh utama dan pengaruh interaksi
Pengaruh faktor utama (main effect) Ada dua faktor yaitu lamanya proses pencampuran dan tipe pigmen, lamanya pencampuran mempunyai dua level 10 menit & 30 menit, sedangkan tipe pigmen ada dua A dan B
Pengaruh interaksi
Pengaruh interaksi Grafik ini memerlihatkan adanya pengaruh interaksi antara lamanya pencampuran dan jenis pigmen. Hal ini dapat diinterpretasikan, bahwa adanya perbedaan lamanya waktu yang diperlukan untuk pencampuran pada pigmen A dan B agar diperoleh kerataan hasil pengecatan yang sama