Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seminar Pendidikan Agama Islam
Advertisements

MUQODDIMAH AN-NIZHOM AL-IJTIMA’IY. FAKTA DI MASYARAKAT Terjadi Kesalahan Persepsi Masyarakat Menyamakan antara Anzhimatul mujtama’ dengan An-Nizhom Al-
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA PERKEMBANGANNYA
PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
Muhammad Bahrul Ilmi, SE Lecturer of Accounting Economic Faculty STIE Surakarta.
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
Keterpaduan Islam dan Iptek
Strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan bingkai Bhinneka.
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : DR. AMINUDDIN, M. Ag.dkk UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA2011.
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Dampak Modernisasi Bagi Keluargaku
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
CULTURE AND DEVELOPMENT
LIES RAHMAWATI HARTINI ETI KUDRATI
AUDITA NUVRIASARI, SE, MM
GLOBALISASI.
A. Manusia dan Alam Semesta
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIBI
Modernisasi Dan Pembangunan
SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
SMP Kelas 3 Semester 1 BAB VI
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KETIKA SAINS MENDIKTE AYAT
Pembaharuan dalam Islam
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
KONTRIBUSI HUKUM ISLAM DI INDONESIA
III. IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA DALAM KEHIDUPAN MODERN
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN(AIK)
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
UNIVERSITAS GUNADARMA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
PENDIDIKAN KARAKTER.
MANUSIA DAN PERADABAN BAB 4 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR IIS DEWI LESTARI.
Modernisasi - Inovasi Pendidikan MUQTAKDIR NURFALAQ S. SALMILAH.
- Dewi nur oktaviani - elfira putri nabilla - hanna sahrini - melda rahmawati - ruly habibah al ihsani.
PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 1 1 AKUNTANSI SYARIAH.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan* Masjid Darus-salam, Bengkulu 21 Oktober 2012

Islam Secara teologis: Islam merupakan sistem nilai dan ajaran yang bersifat ilahiah (transenden) Secara sosiologis: Islam merupakan fenomena peradaban, realitas sosial kemanusiaan Islam sebagai rahmat semesta alam

Apa itu Nilai? Sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku. Paradigma kehidupan. Bersifat abstrak, ideal, bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki. وما خلقت الجن والإ نس الا ليعبدون (Adza-dzariyah 56)

Sumber Nilai a. Al-Qur’an Kedudukan Al Qur’an sebagai sumber dapat dilihat dari kandungan Al Baqarah ayat 2 : (2 : ( ذ لك الكتاب لاريب فيه هدي للمتقين (البقرة (الله الذى انزل الكتا ب بالحق والميزان(ا لشور : 17 b. As Sunah/Hadist Rasulullah

Qiyas Ijmak Ulama

Modernitas/Modern Obyektif: baru, saat ini, up to date Subyektif: Terkait erat dengan konteks ruang waktu terjadinya proses modernisasi

Sejarah Peradaban Manusia Pra-sejarah > Agraria > Baru > Modern (Eropa Barat) Zaman Baru Dimulai ketika orang Eropa terlepas dari kungkungan gereja Zaman Modern Hasil dari kemajuan yang dicapai masyarakat Eropa dalam Iptek Teosentris  antroposentris Tradisional  Nilai-nilai baru berdasar sains Puncak perkembangan sejarah kemanusiaan.

Ciri-ciri Kehidupan Modern Rasional Ilmiah Keterbukaan Kesamaan Hak-hak Asasi

Kolonisasi Bangsa Eropa Kolonialisme dilakukan bukan hanya dengan senjata mesin, tetapi juga tata nilai, ideologi dan kultur. Terjadi gesekan antara nilai baru yang dibawa oleh bangsa kolonial dengan kultur asli bangsa muslim.

Tantangan Modernitas? Modernitas Upaya Pembaruan/ Tradisi Islam Modernisasi Perubahan dalam Masyarakat Islam

Perubahan-perubahan Perubahan sosial dan tata nilai kehidupan yg dibawa oleh arus modernisasi westernisasi dan sekularisasi. Budaya pop yang mempertontonkan tradisi free sex, mengumbar aurat, dan menawarkan gaya hidup hedonisme, berkontribusi besar terhadap terkikisnya nilai-nilai religiusitas umat Islam. Kesadaran umat Islam utk membendung dampak-dampak negatif dari budaya Barat itu ternyata masih cukup tinggi.

Nilai-nilai Islam vs Modernitas Berlakunya nilai-nila Islam di era modern Islam: Universitalisme (Ajaran) Sekripturalisme (Tidak ada monopoli) Demokrasi parsipatoris Egalitarianisme spiritual Sistematisasi rasional kehidupan sosial

Sifat Nilai-nilai ISLAM Rabbaniyah (bersumber dari Tuhan & terjaga otentitasnya), Insaniyah (sesuai fitrah dan demi kepentingan manusia), Wasthiyyah (moderat-mengambil jalan tengah), Waqiiyah (kontekstual), Jelas dan harmoni antara perubahan dan ketetapan. (Yusuf Al Qardhawi)

Islam dan Muslim Islam menghadapi perubahan tergantung kepada orang Isalam (muslim)  Peran Muslim Muhammad Abduh: Al-islamu mahjubun bil muslimin Respon Muslim terhadap perubahan Kembali kepada Al-Quran & Hadits  Pemurnian Ijtihad ulama/ahli  Pembaruan/modernisme (Ulama warosatul anbiya)

Implementasi Nilai-nilai Isjtihad = Tajdid Bukti penting penghargaan thd kemampuan manusia. Aspek muamalah (interaksi sosial) Islam menyediakan pedoman-pedoman dasar yang harus diterjemahkan pemeluknya sesuai dengan konteks ruang waktu yang melingkupinya.

Harmoni Islam –Perubahan Zaman Ketika agama hanya menghadirkan aspek-aspek yang tetap, abadi, tidak bisa berubah maka yang terjadi adalah ketidakmampuan agama mempertahankan diri menghadapi zaman. Akibatnya, agama akan kehilangan relevansinya. Sebaliknya, jika aspek-aspek yang tetap, abadi dan tidak berubah tersebut tidak ada dalam agama, maka agama akan kehilangan otentitasnya sebagai pedoman hidup manusia. Islam berdiri di tengah-tengah (wasatha). Islam mengandung ketetapan-ketetapan di satu sisi, dan keluwesan-keluwesan di sisi lain. Dengan sikap terebut Islam bisa tetap eksis di tengah perubahan zaman tanpa kehilangan otentitasnya sebagai agama ilahiah.

Penutup Modernitas yang melanda dunia Islam, dengan segala efek positif-negatifnya, menjadi tantangan yang harus dihadapi umat Islam di tengah kondisi keterpurukannya. Umat Islam (muslim) dituntut bekerja ekstra keras mengembangkan segala potensinya untuk menyelesaikan permasalahannya. Tajdid (terus-menerus) sebagai upaya menjaga dan melestarikan ajaran Islam menjadi pilihan yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh umat Islam.

Persoalan Pemahaman terhadap ajaran Islam Pendidikan Islam (transfer of value) Kepemimpinan dalam Islam

Terima Kasih!