Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.Ag.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AKAR SEJARAH GERAKAN TAJDID (PEMBAHARUAN)
Advertisements

Pertemuan 2 Konsep-Konsep Kunci Pembaharuan: Ruju’ Ila Qur’an dan Sunnah, Terbukanya Pintu Ijtihad dan Tajdid.
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Masa kebangkitan kembali hukum islam
BERDIRINYA MUHAMMADIYAH
Gerakan Islam Transnasional dan Pengaruhnya di Indonesia
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
AKTUALISASI AJARAN DAN NILAI-NILAI AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT MADANI Oleh: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I.
Mencari Format Gerakan Dakwah Ideal
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
Berinteraksi dengan sunnah
Perkembangan Pemikiran Islam
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
Pertemuan ke 4.  Meskipun tujuan ulama teologi sama, yaitu mempertahankan dan memantapkan Iman, namun banyak terdapat perbedaan pendapat, sehingga penulis.
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN ISLAM YANG BERWATAK TAJRID DAN TAJDID
SEJARAH USHUL FIQIH.
PEMIKIRAN FIQIH.
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
IDIEOLOGI MUHAMMADIYAH
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
Pertemuan ke-3.
Tokoh-tokoh Pembaharuan
KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH MERAJUT PERADABAN INDONESIA
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
KONSEP TAJDID (modernisme)
Gerakan Pembaharuan Dalam Islam
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
SISTEMATIKA PENGAMALAN AGAMA ISLAM
Studi Islam II Kelompok 11 Agung Nugraha ( )
Sejarah dakwah masa Abbasiyah
Perkembangan Dunia Islam
Membumikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah Di Era Golbalisasi
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
GERAKAN ISLAMISASI NUSANTARA
CREATED BY: MARETTA DANIATY
Endang Mintarja Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid
Pendekatan Sejarah Studi Islam
PETA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
Studi Islam II Islam dan Organisasi Sosial Keagamaan
Pemikiran Politik (siyasah)
AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN(AIK)
MATERI PRESENTASI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAH
AKTUALISASI AHLUSSUNNAH WAL-JAMAAH
Oleh : Wawan Setiawan Anwar. PENGERTIAN AS-SUNNAH  Etimologi As-Sunnah berasal dari kata: "sanna yasinnu", dan "yasunnu sannan", dan "masnuun" yaitu.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, 03 JAN 2013
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
Temu shilaturrahim keluarga besar muhammadiyah labuhan batu selatan
KRITIK TERHADAP PEMIKIRAN SALAF/WAHABI
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
IMPLEMENTASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH DALAM GERAKAN DAKWAH
VISI , MISI DAN TUJUAN MUHAMMADIYAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Matan keyakinan dan cita-cita muhammadiyah
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
AGAMA DAN DUNIA: IMPLIKASI KATEGORISASI BAGI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH
Modul Pemikiran Islam Sederhana di Singapura
EVALUASI HARIAN I MATERI: LAMBANG MUHAMMADIYAH&ORTOMNYA, PEMURNIAN&PEMBAHARUAN DI DUNIA MUSLIM, DAKWAH ISLAM DI NUSANTARA, SEJARAH MUHAMMADIYAH.
BAB 6 : SEBAB KEJATUHAN UMAT ISLAM DAN GERAKAN REFORMASI
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Pokok Pokok Ajaran Islam
Transcript presentasi:

Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.Ag. Aktualisasi Ideologi Muhammadiyah di tengah putaran Ideologi kontemporer

منهج المحمدية

Manhaj Muhammadiyah Berpegang teguh dengan Al- Qur’an dan As-Sunnah, tidak terikat dengan aliran teologis, madzhab fiqh dan tariqah shufiyah mana pun.

Ahlussunnah wal jama’ah: Salafiyah Asy’ariyah Maturidiyah

Aliran Teologis: Ahlus Sunnah wal Jama’ah Muktazilah Jahmiyah Qadariyah Jabariyah Syi’ah dll

Hanafi-Hanafiyah Maliki-Malikiyah Syafi’i-Syafi’iyah Madzhab Fiqh: Hanafi-Hanafiyah Maliki-Malikiyah Syafi’i-Syafi’iyah Hanbali-Hanbaliyah

الفرقة الناجية من السلف Dalam HPT: الفرقة الناجية من السلف

Fiqh Manhaji Muhammadiyah: Muhammadiyah tidak mengikuti madzhab tertentu, tetapi bukan berarti anti madzhab. Muhammadiyah berorientasi kepada dalil dan istidlal bukan kepada qaul minal aqwal. Fiqh Muhammadiyah adalah Fiqh Manhaji, bukan Fiqh Madzhabi.

Thariqah Shufiyah: Naqsyabandiyah Qadiriyah Syadzaliyah Rifa’iyah Sanusiyah Dll

Akhlaq: Ihsan Muammadiyah tidak menggunakan tasawuf, tetapi tidak pula mengatakan tasawuf sesat. Tasawuf: Nazhari (Falsafi) dan Amali Amali: Sunni dan Bida’i Muhammadiyah: Akhlaq-Ihsan

Manhaj Muhammadiyah: Pemahaman terhadap Al-Quran dan As-Sunnah dilakukan secara komprehensif,integralistik, independent, tidak terikat dengan aliran teologis, madzhab fiqih dan thariqat shufiyah mana pun.

Nahdhatul ‘Ulama: Aqidah: Asy’ariyah Fiqh: Empat Madzhab-Syafi’iyah Akhlaq: Ghazaliyah dan Junaidiyah

Salafiyah Hanbaliyah Imam Ahmad bin Hanbal Syaikhul Islam Taimiyah Ibnul Qayyim al-Jauziyah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahab Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Salafiyah Hanbaliyah: Aqidah: Salafiyah Fiqh: Hanbali tetapi tidak ta’asshub Akhlaq: Menolak Tasawuf

Salafiyah Rasyid Ridha: Aqidah: Salafiyah Fiqh: Tidak Bermadzhab Akhlaq: Ihsan

Pengaruh itu didapat Kiyai Ahmad Dahlan dari Tafsir Al- Manar. Manhaj Salaf Muhammadiyah mengikuti atau sama dengan manhaj Salaf Rasyid Ridha Pengaruh itu didapat Kiyai Ahmad Dahlan dari Tafsir Al- Manar.

الرجوع الى القران والسنة Semboyan Salafiyah: Kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah الرجوع الى القران والسنة

المرجع Sumber = Referensi =

الرجوع الى القران والسنة Menjadikan Al-Qur‘an dan As-Sunnah sebagai sumber atau referensi Segala sesuatu dikembalikan kepada Al- Qur’an dan As-Sunnah

Sumber Insprirasi: Muhammad bin Abdil Wahhab: Pemurnian Tauhid dari syirik, takhayul dan khurafat. Dan pemurnian ibadah dari bid’ah. Syaikh Ahmad Khathib al-Minkabawi: Semangat pembaharuan Islam Al-Ustadz Muhammad Abduh: Modernisme Islam. Syaikh Muhammad Rasyid Ridha: Salafiyah

Syarikat Islam: Semangat gerakan Islam. Boedi Utomo: Sistem berorganisasi.

Tajdid Muhammadiyah: Dua sayap tajdid Muhammadiyah: 1. Pemurnian (Purifikasi-tajdid salafi) dan 2. Pengembangan (Dinamisasi- tajdid khalafi)

Tsawabit Mutaghayyirat

Strategi Dakwah 1. Dakwah dan Pendidikan (pendekatan kultural bukan struktural) 2. Hight Politic bukan Low Politic 3. NKRI adalah Darul ‘Ahdi wasy Syahadah 4. Moderat (washatiyah) 5. Modernis atau Berkemajuan 6. Tajdid (Purifikasi dan dinamisasi)

Ragam Strategi Dakwah Pemurnian Agama (Salafi) Khilafah Islamiyah (Hizbut Tahrir) Khuruj (Jama’ah Tabligh) Tarbiyah (PKS)