Flowchart.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pseudocode & Flowchart
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Mr. Ari Nurrohmat, S.Pd Present PROCEDURE for Grade IX.
1 Algoritma Bahasa Pemrograman dan Bab 1.1. Pengertian Algoritma.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Programming: First Time Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
2. Introduction to Algorithm and Programming
Activity Diagram.
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
Chapter 1-a FLOW CHART.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
SUBPROGRAM IN PASCAL PROCEDURE Lecture 5 CS1023.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PERCABANGAN/PEMILIHAN
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Struktur Data
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Diagram Alur (Flowhart)
Bahasa Pemrograman Dasar Pertemuan 6
Pengantar Teknik Kompilasi
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
STRUKTUR PERULANGAN STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
Struktur Program Pascal
Algoritma.
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
TPI4202 e-tp.ub.ac.id Input and Output (IO) Lecture 3.
Start.
DOKUMENTASI PROSES Purchasing Department Manufacturing Department
Pengertian Algoritma dan Flowchart
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
FLOW CHART.
Pertemuaan 2 Fitri Amillia, S.T., M.T.
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
TAHAPAN PEMROGRAMAN Modul-10.
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Teknik Pengujian Software
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Bab 08 Menghitung Total Data yang Diinput Dari Keyboard
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Penulisan Teks Algoritma
Bab 5 activity diagram.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK AGUS WAHYUDDIN, ST, M.KOM
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Flowchart.
Aplikasi Komputer Pertemuan 8 Dasar Algoritma
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Dasar Konstruksi Pemrograman
Diagram Alur (Flowhart)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 2
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 3
Transcript presentasi:

Flowchart

Membuat sebuah program Defining the problem Mendefinisikan apa yang akan dilakukan atau yang dihasilkan oleh program Planning Mendefinisikan langkah-langkah, membuat flowchart Programming Menuliskan program, termasuk perbaikan error dan testing Documentation Menambahkan komentar dan “membukukan” program Implementation Pengembangan, membuat program semakin baik

Sebuah program dapat dibagi menjadi 3 bagian: Input data Processing data – Calculation, etc. Output information/results Calculation/ Processing Input Output

Flowchart Suatu diagram yang menggunakan simbol-simbol khusus yang menunjukkan langkah-langkah sebuah program. Simbol-simbol tersebut mengindikasikan aksi apa yang akan dilakukan atau keputusan apa yang akan dibuat. Bisa juga digunakan untuk menggambarkan proses yang kompleks ketika terjadi gabungan antara aksi dan pengambilan keputusan. Flowchart membantu dalam planning & programming.

Flowchart digunakan untuk menggambarkan: Langkah-langkah dalam suatu proses Keputusan yang dibuat dalam proses tersebut Data penting yang digunakan dalam langkah-langkah tersebut, jika data tersebut penting

Flowchart Symbols Terminal symbol (Start & Stop) T F Decision symbol (Selection, Conditional Statement) Processing symbol (Calculate, Assign, Initialize, Declare) Page connector (used when run out of room at the bottom) 2 1 A Input/Output symbol (get, put) Step connector (go from one part to another) A

Terminal Symbol start stop Only one “start” & one “stop” 1 arrow only Each flowchart starts with one “start” & ends with one “stop” start stop

Input / Output Symbol 2 arrows only Input Data Display result 1 in & 1 out Input Data get fullname:* Display result put fullname

Processing Symbol 2 arrows only Declaration Initialization Calculation 1 in & 1 out Declaration var sum : real Initialization sum := 30.14 Calculation

Decision Symbol T Q. ? F 3 arrows Question 2 out going arrows 1 in & 2 out Question Gunakan kalimat tanya yang dapat dijawab dengan Yes atau No 2 out going arrows T (True, Yes) F (False, No) Q. ? T F

Page connector 2 1 1 arrow only Shows the next page Shows the previous page Run out of space

Step connector A A 1 arrow only Appear in Use letters Many to 1 Use letters Go from one step to another A A

Arrows From Top to Bottom & from Left to Right Make turn Join together

Latihan 1 start 1.is it the door bell? 2.start 3.answer the phone 4.turn off the alarm 5.is it the telephone? 6.listen to bell ringing 7.stop 8.see who is at the door bell ringing N N turn off the alarm phone? door? Y Y answer the phone see who is at the door stop

Latihan 2 const PI := 3.14 var radius, volume : real start Define PI const PI := 3.14 var radius, volume : real put “please enter...”.. get radius volume := (4/3)*PI*radius**3 put “” put “The volume is”, volume Declare radius, volume ask radius input radius Calculate volume output volume stop

Latihan 3 start var mark: real 1.start declare variables stop A T F ask mark 1.start declare variables 2.what is the mark 3.ask for mark 4.check mark>=50 5.>=50 show “U Pass” 6.<50 show “U Fail” 7.stop get “U Pass” >=50 “U Fail”

Latihan 4 dengan Trace Table start x y sum Declare & Initialise x & y to1 1 1 2 1 2 3 A is sum<20 sum of x&y Y x = y y = sum 2 3 5 3 5 8 N A Show x,y and sum 5 8 13 8 13 21 stop

Programming Merubah langkah-langkah ke instruksi-instruksi / bahasa pemrograman Debug – Mengoreksi eror/kesalahan Kesalahan sintak Kesalahan grammar yang mudah ditemukan Kesalahan logical Program berjalan & bekerja tetapi menghasilkan output yang salah atau tidak sesuai harapan. Dapat ditemukan melalui testing

Documentation Menambahkan komentar Menggunakan “spaces” dengan bijak Lebih mudah untuk dimengerti Menggunakan “spaces” dengan bijak Blanks, Tabs, New Lines Easy to trace, follow & understand Pemilihan nama variabel & konstanta Mudah dimengerti, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek

Implementation Meminta orang lain untuk menjalankan program Menjadikan lebih user friendly termasuk input & output Menjadikan lebih eficien (lebih sedikit baris) Menjadikan waktu eksekusi cepat Menambahkan tampilan akhir, dll.

Ingat Sebuah flowchart adalah gambaran suatu proses. Pemilihan model dan kedalaman/detail tergantung pada tujuan flowchart dibuat. Setiap orang yang terlibat dalam proses harus ikut berpatisipasi dalam pembuatan flowchart dan menyetujuinya. Flowchart bersifat dinamis, bisa diubah bila proses/masalah juga berubah.

Latihan 1 Buatlah suatu flowchart untuk proses pembuatan kopi yang rasa manisnya tepat

Latihan 2 Buat flowchart mengurutkan 3 bilangan acak!

Tugas Buatlah suatu flowchart dari kasus transaksi bank sederhana Ketika membuka rekening, saldo bernilai simpanan awal Menyediakan 2 transaksi Jika deposit  uang saldo akan bertambah sebanyak amount Jika withdraw  cek dulu apakah uang yang diambil sebanyak amount tidak melebihi saldo. Jika tidak melebihi saldo, maka uang saldo akan berkurang sebanyak amount. Jika tidak, tampilkan pesan error.