CLASS DIAGRAM Kelompok 2 Moch Riesdyan mulya (06.2007.1.90112) Dendi Trisna (06.2007.1.90114) Nor Wahid S (06.2007.1.90115) Firmanda (06.2007.1.90116)
Pengertian Diagram yang paling umum dijumpai pada pemodelan berbasis UML Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
Apa yang ada pada class diagram: Class dan interface beserta atribut dan operasinya Relasi yang terjadi antar objek Constraint terhadap objek-objek yang saling berhubungan Inheritance untuk organisasi class yang lebih baik Mampu membantu proses pembuatan sistem dengan memanfaatkan konsep forward/reverse engineering Memiliki 2 komponen penting ● Structural – Ciri pembeda antar object ● Behavioral – Tingkah laku atau kegiatan yang mampu dilakukan object
Contoh Kasus ● Struktural ● Behavioral ● Lebar ● Tinggi ● Warna ● Buka ● Tutup
Class ● Merepresentasikan blueprint dari object ● Contoh class Manusia ● Properti: ciri khas dan pembeda antar objek ● Metode: aksi yang dapat dilakukan oleh objek tersebut ● Contoh class Manusia ● Attribut: nama, usia, tanggal lahir ● Method: berjalan, makan, minum ● Notasi kotak dengan 3 bagian: ● Nama kelas ● Atribut ● Metode/operation
Atribut ● Notasi dari atribut ● Contoh ● visibility name: type multiplicity = default {property-string} ● Contoh ● - name: String [1] = "Untitled" {readOnly} ● + berarti public, - berarti private, # berarti protected ● “Untitled” adalah nilai yang diberikan secara default jika tidak ditentukan saat objek dibuat ● {readOnly} adalah properti tambahan dari atribut, dimana disini berarti tidak bisa dimodifikasi
Operations ● Notasi dari operations ● visibility name (parameter-list) : return-type {property-string} ● Parameter pada parameter-list dinotasikan seperti pada atribut ● direction name: type = default value ● Direction bisa berupa: in, out, atau inout ● Contoh ● + balanceOn (date: Date) : Money
Multiplicity ● Indikasi berapa banyak objek yang bisa mengisi properti ● 1 (pasti 1) ● 0..1 (0 atau 1) ● * (Tidak ada batasan, bisa 0, 1, ..., n) ● Biasanya didefinisikan batas bawah dan atas, kecuali untuk yang pasti bernilai 1 ● Mirip dengan konsep one-to-one dan one-tomany pada relational database
Notes & Comment ● Notes bertindak sebagai komentar dalam diagram ● Standalone atau dihubungkan dengan garis putus-putus ● Untuk mengurangi ambiguitas, seringkali ditambahkan lingkaran pada akhir garis penghubung
Dependency ● Dependency antar 2 elemen : perubahan pada salah satu elemen mengakibatkan perubahan pada elemen yang lain ● Semakin kompleks sistem, maka dependency menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan ● Dependency hanya berlaku satu arah ● Bisa diperjelas dengan penggunaan keyword, seperti <<parameter>>, <<use>>, <<call>> ● Notasi anak panah dan garis putus-putus
Dependency ● Aturan umum ● Kurangi dependency antar modul (low coupling)
Generalization ● Inheritance padaUML ● Sub class mewarisi feature dari super classnya ● Sub class mampu overriding metode super classnya ● Dinotasikan dengan anak panah mengacu ke super class
Bentuk Class Diagram Class Buku terdiri dari : – Atribut : judul, pengarang – Method : ambilJenis(), ambilHalaman(); Penggambaran dalam Class Diagram :
Model Class Diagram Sesuai dengan perkembangan class model, class dapat dikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package
Relasi Class Diagram