SEC KSEI FORMAIS STIE EKUITAS BANDUNG TGL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI
Advertisements

KONSEP DASAR EKONOMI SYARIAH
Urgensi Dakwah Ekonomi Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SELAYANG PANDANG EKONOMI ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I Disampaikan Dalam Kuliah MPK Agama Islam Universitas Airlangga Surabaya.
P EMIKIRAN E KONOM -E KONOM M USLIM K ONTEMPORER Oleh TIM 2 Kajian Ekis Dept. Ilmiy – BO Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Oleh TIM 2 Kajian.
1. Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
PENDAHULUAN Agribisnis UB.
Konsep Ekonomi dalam Islam
© 2008 Cengage Learning PowerPoint® Lecture Presentation to accompany Principles of Economics, An Asian Edition N. Gregory Mankiw | Euston Quah | Peter.
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
EKONOMI KESEHATAN KONSEP DASAR EKONOMI.
liberalisme dan sosialisme
Tujuan & Prinsip Bisnis Syariah
Kebijakan Moneter Islam
KARAKTERISTIK DAN RANCANG BANGUN SISTEM EKONOMI ISLAM
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
TIGA PILAR EKONOMI ISLAM
Filosofi Dasar Ekonomi Islam
PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM PROF. DR. ABD MANAN
PERDAGANGAN RASULLAH SAW
PRODUKSI & PERDAGANGAN
EKONOMI SYARIAH Wiwik Hasbiyah, MA.
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
SISTEM EKONOMI ISLAM BAB - 2.
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
Falsafah Dan Konsep Dasar Perbankan Islam Serta Sistem Ekonomi Islam
PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI
OLEH: FARIS AZKA | ZIEE KSEI SCIEmics UPI | TGL
ETIKA BISNIS ISLAM.
SPEI (Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam) Prodi : Perbankan Syari’ah SKS : 2 (dua) Dosen : A. Dimyati Fb : jongbintoro, kakdidim.
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
SISTEM EKONOMI Pengertian,,,,,,,,,????
Prinsip Dasar Ilmu Ekonomi
TEMA-TEMA EKONOMI DALAM TAFSIR TEMATIK
Sekilas mengenai ekonomi islam
Ekonomi Mikro Syari’ah
NAMA : IKA NPM : PRODI/KELAS :HUKUM EKONOMI SYARIAH/B/4 MATA KULIAH : PUSKOM.
Ekonomi Islam “Riba/Bunga dan Perekonomian tanpa Bunga”
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
AMWAL (HARTA) DAN HAK MILIK
Hubungan Ekonomi dan Hukum dalam Islam
PRINSIP2 EKONOMI SYARIAH
Assalammualaikum Wr.Wb
PERTEMUAN KELIMABELAS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
PENDAHULUAN Andre Prasetya Willim, S.E.,M.M.
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
PERDAGANGAN DALAM EKONOMI ISLAM
PERTEMUAN _1 RUANG LINGKUP EKONOMIKA.
TEORI PRODUKSI.
Bab 3 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
Bab 1 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
EKONOMI SYARIAH KELOMPOK : Syaifullah Abdurrachman M. Razi
Bab 1 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 1.PRI HANTANTI MEILI YANA EKONOMI ISLAM.
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
PENGANTAR HUKUM EKONOMI
EKONOMI MIKRO ISLAM NOOR HAFIZAH UHDIYATI, S.E.I., M.E.
DWI PRASTIYO HADI.SE.MSi
Harcourt, Inc. items and derived items copyright © 2001 by Harcourt, Inc. A Lecture Presentation in PowerPoint to Accompany Principles of Economics Second.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Beberapa Pembahasan Ilmu Ekonomi Makro dan Beberapa Aliran Pemikiran dalam Teori Ekonomi Makro (Konvensional) serta Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Madzhab.
KELOMOPOK 4 Disusun Oleh : Rizki Aidil (G1B018007) Altos Syafullah (G1B018035) Dayu Kinanda (G1B018053) Yogi Priyantoro (G1B018073) Lut Junianto (G1B018093)
Transcript presentasi:

SEC KSEI FORMAIS STIE EKUITAS BANDUNG TGL 24-11-2014 EKONOMI MIKRO ISLAMI  OLEH: FARIS AZKA SEC KSEI FORMAIS STIE EKUITAS BANDUNG TGL 24-11-2014

1. Silabus FoSSEI Jabar: 2. Sumber lain Sumber: Hafalan: QS An Naziiat 1-5; Asy Syams 1 surat. Sumber: Mikro dan makro islam, Adiwarman Dari gerakan ke negara, Anis Matta Buku kang Ali, tinjauan kritis. Al amwal, Abu Ubaid Principle of economics, Mankiw Muqaddimah, Ibnu Khaldun Al-Amwal, Abu Ubaid Euforia Emas, Zaim Zaidi Ayo Berdagang, Muhaimin Iqbal 2.  Sumber lain

PENDAHULUAN 1. Mengapa belajar Ilmu Ekonomi? 2. Apa itu Ekonomi? 3. Mengapa Ekonomi Islam?

10 Prinsip Ekonomi by Manque: People Face Trade Off (Pilihan) The Cost of something is what you give up to get it Rational people think at margin People respon to incentives Trade can make everyone better off Markets are usually a good way to organize economic activity Goverment can sometimes improve market outcome A contry’s standard living depends on its ability to produce goods and service (produktivitas) Price rice when the goverment print to much money Society faces a short-run trade of between inflation & unemployement

3 mahzab pemikiran Ekonomi Islam Iqtishaduna (QS. Al Qamar [54]:49) Baqr As Sadr Masalah sama dengan konvensional Berbeda pada cara menyelesaikan masalahnya (Islam / konvensional) Mainstream Mengkritik kedua madzhab sebelumnya Islam pasti benar, ekonomi islam belum tentu benar. Alternatif Kritis

Mahzab Baqir Sadr Ilmu ekonomi tdk sejalan dgn islam, krn filosofinya kotradiktif Beda dlm melihat masalah ekonomi Mslh ekonomi: distribusi yg tdk merata & adil krn eksploitasi yg kuat kpd yg lemahkeserakahan manusia yg tdk terbatas Istilah ekonomi islamitdk sesuai, salah, kontradiktifyg sesuai iqtishad (ekonomi kita, ekuilibrium) Menolak ek konv, menyusun teori baru yg digali dari Quran & hadist Tokoh: Abbas Mirakhor, Baqir al-hasani, kadim as-sadr, dll

Mahzab Mainstream Mslh ekonomi: SD terbatas, keinginan tdk terbatas SD terbatas: suplai beras di ethiopia<thailand ”manusia diuji dgn sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, buah2an” (QS 2:55) Keinginan manusia tdk terbatas:alamiah “bermegah2an tlh melalaikanmu” (QS Attakasur:1-5) & hadist “manusia tdk pernah puas, diberi emas 1 lembah, minta 2, dst” Beda dgn konv: cara menyelesaikan mslh ekskala prioritas sesuai Quran-Hadist bkn hawa nafsu Transformasi ilmukonv baik diambil, yg tdk dibuang krn ilmuwan muslim jg m’ambil dr peradaban lain (Yunani, dll) Tokoh: M. Umer Chapra, MA Mannan, MN Siddiqi (IDB’ers)

Mahzab Alternatif Krisis Kritik Baqir: menemukan yg baru, yg sdh ditemukan; menghancurkan teori lama dg yg baru Kritik mainstream: jiplakan neoklasik-riba+zakat+niat Hrs ada analisa kritis thd ek islamislam pasti benar, ekonomi islami blm tentu benar krn hsl tafsir manusia atas Qur’an-hadistbenarnya tdk mutlak Teori ek islam hrs selalu diuji spt pd konv Tokoh: Timur Kuran, Jomo, M Arif

Rancang bangun ek. Islam

Prinsip umum ekonomi Islam Diwujudkan dlm rancang bangun ek islam Dasar5 nilai universalteori ek islam Tauhid: Alloh pemilik hakiki, manusia diciptakan utk beribadah (tmsk dlm muamalah) bertanggung jwb atas amanah Adl: SDA utk kesejahteraan semua, maka hrs adil (tdk zalim & dizalimi)no eksploitasi Nubuwwah (kenabian): nabi diutus sbg role model (SAFT) profesional&prestatif Khilafah (Good Gov’t-gov’n): menjamin ekonomi bjalan sesuai syariah, melindungi maqasid syariah Ma’ad (hasil): motivasi bisnis adl mencari labadunia akhirat (Al-ghazali)

Prinsip derivasinyaciri sistem ekonomi islam Multitype Ownershiptauhid+adil Sistem kapitaliskepemilikan swasta; sosialisnegara IslamAlloh: pemilik primer, manusia:sekunder  swasta diakui, tp utk hajat hidup org byk agar adilnegaraswasta, negara, campuran Freedom to actadil+nubuwwah+khilafah Menciptakan mekanisme pasar, tdk ada distorsi(proses penzaliman MAGRIB)-hrs adil&dijamin gov’t Social justicekhilafah+ma’ad Pmth menjamin kbthn dasar rakyat & menciptakan keseimbangan sosial Sosialis: peran negara dominan, penguasa bg kaum sosialis miskin, kapitalis: industri korporasi, monopoli legal, inefisiensi modal dgn bunga Adil= antarradin minkum/ latazlimuna wa la tuzlamun

Akhlak: Perilaku Islami dalam Perekonomian Landasan teori kuat prinsip sistem ekonomi mantappenerapan nilai dalam teori & sistem oleh manusia yg berakhlak profesional dlm bidang ekonomi (ihsan dan itqan)perekonomian umat Islam maju Akhlak indikator baik buruk manusia

Mikro Ekonomi Islam Perilaku individu dalam mengatasi Masalah Ekonomi Scarcity Wants

Masalah utama dari ekonomi… Ketimpangan SDA yg tdk merata diantara manusia Solusi konv: mekanisme harga ga cukup, perlu mekanisme utk masalah distribusi (hadist nabi :di sebagian harta kita ada hak orla)zakat dll

Perilaku Konsumsi -> Teori Konsumsi Produksi -> Teori Produksi

Fungsi Utiliti Dalam ilmu ekonomi tingkat kepuasan (utility function) digambarkan oleh kurva indeferen (indeferent curve) Belajar Ekonomi Budget constrain Waktu belajar= 4 jam 4 3 U2 2 U1 1 Belajar Bahasa 1 2 3 4

Barang Halal, Haram, dan Analisis Kurva Indifference Y Haram Y Haram Solusi optimal Y=0 Solusi optimal (0,0) X Halal X Haram Y Halal Y Halal Solusi optimal = budget line Solusi optimal X=0 X Halal X Haram

Budget Contrain Segala keinginan pasti ada konstrain yang membatasinya, tentu batasan ini akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan usaha yang dikeluarkan untuk mendapatkan konstrain yang lebih tinggi. Di Islam Rasulullah pernah menggambarkan hubungan antara cita-cita atau keinginan manusia dan segala hambatan yang mesti dijumpainya.

Untuk menjelaskan bagaimana seorang mukmin berusaha meraih cita-citanya ia membuat gambar empat persegi panjang. Di tengah-tengah ditarik satu garis sampai keluar. Kemudian beliau membuat garis pendek-pendek di sebelah garis yang di tengah-tengah seraya bersabda “Ini adalah manusia dan empat persegi panjang yang mengelilinginya adalah ajal. Garis di luar ini adalah cita-citanya, serta garis yang pendek-pendek adalah hambatan-hambatannya. Apabila ia dapat menghadapi hambatan yang satu, maka ia akan menghadapi hambatan yang lain. Dan apabila ia dapat mengatasi hambatan yang lain, maka ia akan menghadapi hambatan lain lagi.”

Untuk tetap bersemangat melangkah dari setiap hambatan tersebut, maka ia mengembalikan sepenuhnya kepada Allah Swt., ia percaya bahwa tiada sesuatu yang terjadi di alam ini tak lain atas kehendak Allah. (HR. Bukhari Muslim)

I = PxX + PyY Kombinasi jumlah barang X dan Y Barang Y Budget line 4 3 2 1 Barang X 1 2 3 4

Konsumsi Inter-Temporal Konsumsi Inter-temporal adalah konsumsi yang dilakukan dalam dua waktu, yaitu masa sekarang (periode pertama) dan masa yang akan datang (periode kedua). Dalam ekonomi konvensional, pendapatan adalah penjumlahan konsumsi dan tabungan. Atau secara matematis ditulis: Y = C + S

Konsumsi Inter-Temporal dalam Islam Monzer Kahf berusaha mengembangkan pemikiran tentang hal ini dengan membuat asumsi sebagai berikut: Islam dilaksanakan oleh Masyarakat Zakat hukumnya wajib Tidak ada riba dalam perekonomian Mudharabah wujud dalam perekonomian Pelaku ekonomi bersikap rasional dengan memaksimalkan kemaslahatan

Dalam konsep Islam yang dijelaskan oleh hadis Rasulullah Saw Dalam konsep Islam yang dijelaskan oleh hadis Rasulullah Saw. Yang maknanya adalah “Yang kamu miliki adalah apa yang telah kamu makan dan apa yang telah kamu infakkan”. Oleh karena itu persamaannya menjadi: Dimana: FS = C+Infak FS adalah final spending di jalan Allah Y = (C + Infak) + S

Teori Produksi dalam Islam To be continued....

FoSSEI Regional Jawa Barat 2014 Hp: 0822-1760-6374 Email: fossei.jabar1@yahoo.com Fossei.org