Pertemuan 08 Materi: Perangkat keras komputer Sumber materi:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Advertisements

SOFTWARE AND HARDWARE KELOMPOK : JOEL LUIZ
Jenis dan Ragam TIK Oleh : R. Arri Widyanto.
Hardware Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 1
Teknologi Informasi.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Gambar Konfigurasi Komputer
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
Pengenalan Pemrograman Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI & SFTWARE KOMPUTER (Materi 5 & 6)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Tuti Widya Lestari, S.Kom Pertemuan : 2.
SISTEM (HARDWARE) KOMPUTER
Komputer sebagai alat bantu sistem informasi
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
BENTUK PENGOLAHAN DATA BIOMEDIS SECARA KOMPUTERISASI
Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA
The file was uploaded to the web
TEKNIK ANTARMUKA.
Pengenalan Sistem Operasi
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Komponen Dasar Sistem Operasi
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
Pertemuan 3 Tinjauan Piranti Keras komputer
Gambar Konfigurasi Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
INPUT DAN OUTPUT.
Representasi dan Alur Pemrosesan Data
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
Pengantar Teknologi Informasi
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
KOMPONEN KOMPONEN PERANGKAT KERAS ICT
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan, dan Gerbang logika
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Kumpulan Materi Kuliah
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Hardware Komputer.
Pertemuan ke 2 pengantar teknologi informasi
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
SISTEM KOMPUTER. Sistem Komputer Kombinasi dari elemen:  Perangkat keras ( hardware ),  Perangkat lunak ( software ),  Data/Informasi,  Prosedur,
Transcript presentasi:

Pertemuan 08 Materi: Perangkat keras komputer Sumber materi: Alter, Steven “Information Systems” a management perspective (third edition). Addison-Wesley. Bab 8.

PERANGKAT KERAS KOMPUTER Chapter 8

OUTLINE Kinerja Teknologi Informasi Gambaran Sistem Komputer Melihat ke dalam Kotak Hitam Data Masukan: Menangkap Data Menyimpan dan Mencari Kembali Data Data Keluaran: Tampilan Data

1. Kinerja Teknologi Informasi Variabel-variabel kinerja dari teknologi informasi Functional capabilities (kemampuan menjalankan tugas/fungsional) Ease of use (mudah digunakan) Compatibility (Kesanggupan : Teknolgi,sdm,cost) Maintainability

Bit dan byte: Istilah teknis untuk menggambarkan dan mengukur operasi teknologi Ukuran jumlah data Ukuran waktu Ukuran kecepatan transfer data Ukuran kecepatan clock internal dan frekuensi transmisi Ukuran kecepatan mengeksekusi perintah

Kinerja teknologi dari titik pandang bisnis Dari titik pandang proses bisnis ada 2 issue penting: Apa yang ingin dikerjakan perusahaan? Kombinasi dari hardware/software yang tersedia dengan kemampuan yang diperlukan, berapa biayanya? Teknologi hanya merupakan salah satu bagian dari work system yang lebih besar, yang juga mencakup: proses bisnis, informasi, dan human participants.

2. Gambaran dari Sistem Komputer Peralatan yang dapat mengeksekusi perintah yang telah disimpan sebelumnya. Komputer merupakan peralatan yang programmable. Hardware Peralatan fisik pada sistem komputer. Software Program-program yang mengontrol pemrosesan yang dikerkjakan oleh sistem komputer.

Fungsi-fungsi sistem komputer: Menangkap Mentransmit Menyimpan Mencari kembali Memanipulasi Menampilkan data

Model dasar sistem komputer CPU (Central Processing Unit) Komponen dari komputer yang mengeksekusi perintah bahasa mesin. RAM (Random Access Memory) Suatu jenis silicon chip yang menyimpan perintah dan data yang sedang digunakan.

Input device Peralatan yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data kedalam komputer. Output device Peralatan yang digunakan untuk menampilkan data ke user. Storage device Peralatan penyimpanan yang mempertahankan program dan data untuk pemrosesan selanjutnya.

Jenis-jenis Komputer Embedded computer PC Laptop dan notebook computer Pen computer Workstation Midrange computer Mainframe Super computer Server

Arsitektur sistem komputer Centralized computing Semua pemrosesan dari multiple user dikerjakan oleh komputer pusat yang besar. Personal computing User mempunyai mesin sendiri dan jarang share data atau sumberdaya.

Distributed computing User mempunyai komputer sendiri dan untuk sharing data atau sumberdaya perusahaan menggunakan jaringan - Network computing Sebagian computing dikerjakan oleh masing-masing komputer user, tetapi pemrosesan dikontrol secara terpusat.

Client-Server and beyond Pada arsitektur client-server, satu sistem komputer bertindak sebagai server dan komputer lain bertindak sebagai client. Biasanya file server adalah komputer yang powerful. Beberapa jaringan menggunakan jenis lain dari server, seperti print server, mail server, communication server.

Keuntungan client-server: User convenience Mempunyai PC yang powerful yang dapat melayani kebutuhan personal computing, tetapi juga dapat link link ke jaringan. Technical scalability Lebih mudah menambahkan peralatan client atau server. Mampu untuk menyesuaikan dan mempertahankan hardware serta software dari vendor yang berbeda.

Middleware Kebutuhan untuk menggunakan hardware dan software yang berbeda pada jaringan yang sama menimbulkan kebutuhan untuk membuat metoda pemrograman baru. Metode ini membagi tools pemrograman: Client tools, misal metode untuk menciptakan GUI (Graphical User Interface), dan validasi data input. - Server tools, misal DBMS (database management system)

Antara client tool dan sever tool ada tool kategori lain yaitu middleware, yang mengontrol komunikasi antara client dan server dan menterjemahkan permintaan client agar dapat dimengerti oleh server. Misal: SQL (Structured Query Language)

Arsitektur peer-to-peer merupakan alternatif penting dari client-server untuk jaringan komputer yang kecil. Pada peer-to-peer masing-masing workstation dapat berkomunikasi langsung dengan workstation yang lain pada jaringan tanpa melalui server khusus.

3. Melihat ke dalam Kotak Hitam Apa yang sesungguhnya terjadi didalam komputer? Pengkodean data untuk pemrosesan oleh komputer Data terdiri dari bilangan, teks, gambar, suara, yang dapat dikodekan untuk pemrosesan oleh mesin (komputer). Data harus berupa bentuk yang dapat diproses oleh komputer.

Penyajian bilangan dalam bentuk biner. Data harus berupa bentuk yang dapat diproses oleh komputer. Setiap jenis data dapat disajikan sebagai kesatuan deretan bit (0 dan 1). Penyajian ini efisien karena komputer digital dibangun dari komponen-komponen yang merupakan peralihan (switch) antara keadaan off-on (0-1). Sesuai dengan itu, maka komputer mengerjakan perhitungan menggunakan bilangan dengan basis 2 atau biner (binary).

Penyajian teks dalam bentuk biner. Memori diorganisir dalam kelompok 8 bit atau 1 byte. 8 bit cukup untuk mengidentifikasi 256 karakter yang berbeda (angka, huruf besar dan kecil, tanda baca, karakter khusus sepert $ dan @). 256 kemungkinan konfigurasi ini dapat digunakan untuk menyajikan semua karakter yang ada dalam bahasa Inggris dan kebanyakan bahasa-bahasa yang lain. Akan tetapi 256 karakter yang berbeda ini tidak cukup untuk menggambarkan ribuan karakter China atau kanji.

Industri menghendaki cara standard untuk pengkodean data yang datang dari merk komputer yang berbeda, bahkan operasi internalnya juga tidak sama (tidak konsisten). ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah standard kode untuk menyajikan huruf, angka, karakter khusus pada sistem komputer. Unicode adalah superset dari karakter ASCII yang menggunakan 2 byte, sehingga dapat menangani 65.536 kombinasi. Ini penting untuk pasar global karena mencakup alfabet dari bahasa-bahasa di dunia.

Suara dan gambar disajikan dalam bentuk numerik Image dan suara juga dapat disajikan dalam bentuk bilangan. Proses menghasilkan bilangan ini disebut digitizing. Pixel, elemen gambar yang telah disajikan dalam bentuk array 2 dimensi.

Data compression Foto hitam putih 8x10 in=80 in2 Resolusi 200 dot per in. Jadi 1 in2 berisi 40.000 dot. Jadi foto 8x10 in terdiri dari 3.200.000 bilangan. Data compression adalah cara untuk meningkatkan kapasitas simpan, tanpa harus meng-upgrade hardwarenya. Lossless compression, digunakan untuk data bisnis dan teks. Lossy compression, digunakan untuk audio, video, image

Enkripsi data Proses pengkodean data untuk membuat data menjadi tidak berarti bagi user yang tidak berhak.

Bahasa mesin Komputer dapat mengeksekusi perintah yang langsung dinyatakan kedalam bahasa mesin. Beda merk komputer menggunakan bahasa mesin yang berbeda, karena CPUnya berisi mikroprosesor yang berbeda. Misalnya IBM dan Dell menggunakan mikroprosesor pentium, server yang dibuat Sun menggunakan Sparc chip. Intel Pentium menggunakan 32-bit addressing, berarti dapat memberikan alamat yang berbeda sebanyak 232 atau lebih dari 16 juta alamat.

Pendekatan untuk meningkatkan kinerja komputer Prosesor yang lebih cepat dan lebih powerful. Memperbaiki set instruksi. Prosesor khusus. Parallel processing.

4. Data Masukan: Menangkap Data Keyboard & pointing device Optical character recognition Penangkapan gambar, suara, dan video

5. Menyimpan dan Mencari Kembali Data Kertas & micrographics Kertas adalah medium untuk menyimpan data. Kartu berlubang (punch card). Kertas mudah dibaca dan digunakan akan tetapi butuh tempat penyimpanan yang luas. Microfilm mereduksi secara signifikan ruang yang dibutuhkan untuk tempat penyimpanan. Magnetic tape dan disk Optical disk, CD ROM Flash memory

6. Data Keluaran: Tampilan Data Layar (monitor) Peningkatannya dari tahun ke tahun meliputi resolusinya lebih tinggi, ukuran, output bukan hanya berupa teks dan bilangan melainkan grafik, tampilan warna bukan hitam putih. Kertas Banyak jenis printer yang tersedia, inkjet printer, laser printer, print warna, print gambar. Suara Voice mail