PBOL Dewi Kusumaningsih

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Komponen Antarmuka Grafis
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Nur Hayatin, S.ST Referensi : Gunadarma University.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Layout Managers and Event Handling
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
PERTEMUAN 7 D E W I. 1. Sorotlah range data yang akan Anda buat grafiknya yang mencakup judul baris dan judul kolomnya. 2. Pada tab Insert, dalam group.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Method merupakan serangkaian statemen / perintah (perintah = baris program) dalam suatu class yang menghandle task tertentu (method adalah bagian-bagian.
PBOL Dewi Kusumaningsih
KONSEP SWING.
GRAFIK By : dewi.
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Graphical User Interface (GUI)
JAVA ARRAY.
High Level User Interface
Access Modifier.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Louis Bertrand Secondra
Pemprograman Berorientasi Objek
PBOL Dewi Kusumaningsih
Inheritance Pertemuan 8
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
MODIFIER JAVA.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
METODE (2) SUSSI.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
Inisiasi Class dan Object
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Pemrograman Berorientasi Obyek
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Java array.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

PBOL Dewi Kusumaningsih Pertemuan 4

Buat Class dengan nama Latihan4.java Pastikan tidak menyimpan dalam Drive C !!!

Deklarasikan class nya terlebih dahulu ! Public adalah kode akses yang bersifat umum. dengan kata lain, data maupun method dalam suatu kodingan tersebut dapat diakses oleh semua bagian di dalam program.

Masukan Main Method didalam Class tesebut. Membuat object konstruktor. Konstruktor dijalankan pada saat sebuah object diinisialisasi (masih ingat Konstruktor? Metodh yang namanya sama dengan nama class nya!)

Buat metodh konstruktornya, dengan isi mencetak tulisan kelayar, gunakan Modifier Public agar bisa diakses semua class

Karena akan membuat Frame maka kita membutuhkan komponen JFrame yang bisa diambil dari package Javax.swing. Di class Latihan4 ditambah exteds JFrame Dan panggil JFramenya dengan syntax show();

Atur Location dengan setLocation(int,int) Atur juga ukuran dari Framenya

Buat Judul Frame nya dengan syntax super(“”); Letakan perintah untuk menutup Jframe nya ketika keluar dengan syntax : setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

Mengatur Tampilan Frame dengan Layout management Manajemen layout diperlukan untuk mengatur penempatan komponen di dalam frame agar bisa menghasilkan bentuk yang menarik Manajemen layout adalah proses menentukan ukuran dan posisi dari komponen. Komponen dapat menyediakan dan petunjuk tata letak dan keselarasan untuk menejer. Penggunaan manajemen layout dalam menggunakan letak komponen juga akan memudahkan kita untuk menempelkan komponen pada frame.java, komponen ini menyediakan sejumlah metode layout dalam mengatur komponen kedalam frame. Kita pun diizinkan mengkombinasikan beberapa metode agar pemasangan komponen menjadi lebih baik dan mudah. Method setLayout() digunakan untuk mengatur jenis metode yang digunakan pada saat pemasangan komponen. Method setLayout() digunakan untuk mengatur jenis layout yang digunakan pada saat pemasangan program

Java memiliki fasilitas layout manajer dalam mengelola form/container. Container adalah objek yang memiliki jendela, seperti form, panel, scroll pane, dan lain-lain. Setiap container memiliki sebuah layout manajer, java menyediakan layout manajer yang spesifik dan dapat memilih sesuai kebutuhan. Selama ini, pada saat kita merancang GUI untuk program java, salah satu halangannya adalah bahwa komponen yang digunakan dapat berpindah-pindah lokasi. Hal ini terjadi apabila kita me-resize frame utama. Sebenarnya, komponen dapat di organisasikan didalam container dengan menggunakan class “layout manajer”. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat merubah secara menual class layout yang ingin digunakan, dan setiap container dapat memiliki layout manajer

Beberapa Manajemen Layout : FlowLayout GridLayout BorderLayout CardLayout GridBagLayout BoxLayout GroupLayout

FLOWLAYOUT Flow layout merupakan manajer layout yang paling sederhana.  Layout ini menyusun komponen berdasarkan ukuran default masing-masing, dengan posisi mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah di dalam container yang digunakan. Metode flow layout menempatkan komponen di frame berdasarkan urutan komponen-komponen tersebut yang ditempelkan ke frame

GridLayout Metode GridLayout akan membagi area layar menjadi sejumlah tempat dalam bentuk  matriks ukuran yang sama. Area layar dibagi dalam format baris dan kolom. setiap kali terjadi perubahan ukuran frame, ukuran setiap komponen juga akan berubah. Pada prinsipnya yang dipertahankan adlah jumlah baris dan kolom yang telah ditentukan.

BorderLayout Sebuah BorderLayout memiliki lima area yang tersedia untuk menahan komponen: utara, selatan, timur, barat, dan pusat. Semua ruang ekstra ditempatkan di daerah pusat. Secara opsional, kita dapat juga memberikan padding diantara komponen. Class BorderLayout menyediakan lima konstanta yang menyatakan arah mata angin NORTH, EAST, SOUTH, WEST dan CENTER

BorderLayout

BorderLayout

Meletakkan Beberapa Komponen dalam JFrame Buat Container Buat Panel Buat Label Buat Textfield Container di atur layoutnya agar ditengah Panel1 diatur dalam bentuk matriks 1 baris 2 kolom Isi frame dengan Container Isi Container dengan Panel Isi Panel dengan Komponen

Hapus code tentang BorderLayout Tambahakan Komponen JLabel dan JTextField Tambahakan Komponen JTextArea Masukan semua komponen ke panel1