Teori Sosial Kritik Heru Nugroho

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
(Apa Kontribusinya Terhadap Pemahaman Olahraga di Masyarakat)
Advertisements

DEKONSTRUKSI DALAM PENELITIAN CULTURAL STUDIES
Dédé Oetomo, PhD Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan Pusat Penelitian Humaniora, Kebijakan Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat.
Pemetaan Metodologi Konstruktivistik-Kwalitatif Oleh : Dr. H. Nur Syam, M.Si.
«Sosiologi Komunikasi»
Asal-usul perkembangan Sosiologi Politik
JURGEN HABERMAS.
Pendekatan dalam sastra
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Feminis Sosial Kontemporer
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
PERMASALAHAN POLITIK MODERN
KAPITALISME,NEOLIBERALISME DAN GLOBALISASI
Kritik atas kapitalisme
MARXISME DAN STRUKTURALISME Kelompok 2 : Kumala Kurniawidi Susilo Nadia Agitaswari Muhammad Reza Wijaya Louis Embun Prastika Sabillina Mareta.
TEORI KRITIS DALAM HAZANAH SAINS MODERN
Cultural Studies (Sebuah Pengantar)
Kajian Budaya berdasarkan penelitian Stuart Hall
3 Kesadaran dari Paulo Fraire
DISPOSISI DAN NILAI PEMIKIR YANG KRITIS
Teori perubahan sosial dan hukum
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
1 “SOSIOLOGI POLITIK” KULIAH 2 Jakarta, 20- Februari Departemen Sosiologi FISIP-UI.
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
MEKANISME PERUBAHAN SOSIAL
Sejarah Pemikiran Ekonomi
PARADIGMA KRITIS.
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
liberalisme dan sosialisme
TEORI KOMUNIKASI KRITIS
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
Dimensi dan Struktur Pendidikan IPS Oleh: Dr
KMK KOMUNIKASI ORGANISASI DOSEN: ADE SURYANI, M.Soc.Sc.
PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
Perubahan Sosial dan Teori Pembangunan (Cara Pandang Modernisasi)
>>Perspektif Sosiologi
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
Pemetaan Metodologi Konstruktivistik-Kwalitatif
PERUBAHAN SOSIAL NUR ENDAH JANUARTI.
SAP 3 TEORI ORGANISASI.
ASPEK DAN MAZHAB FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI Pertemuan 2
Aliran Kritis Generasi Pertama
AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL
PERTEMUAN 3.
Feminisme Marxis dan Sosialis
TOKOH PARADIGMA KRITIS DALAM ILMU KOMUNIKASI
Filsafat Sosiologi Komunikasi
«Sosiologi Komunikasi»
Sosialisme dan Komunisme
Sosiopsikologi Tradisi sosiopsikologi memandang individu sebagai mahluk sosial Tradisi pemikiran sosiopsikologi membantu kita memahami berbagai situasi.
Realitas & “Kesadaran” Semiotika
BUDAYA POLITIK DI I N D O N E S I A
Manusia dan peradaban.
Marxism.
Altobeli Lobodally, S.Sos, M.IKom
BAB V PERUBAHAN SOSIAL dan BUDAYA MASSA
TEORI KRITIS NAMA KELOMPOK : Yosef Aldi Suryo Hadi
Konsep Teoretis Komunikasi Pembangunan
FEYERABEND’S GROUP PRESENTATION
PERUBAHAN SOSIAL MATERI SOSPEND.
KONSUMSI TEKS.
PERUBAHAN SOSIAL dan KEBUDAYAAN
Perubahan Sosial dan Teori Pembangunan (Cara Pandang Modernisasi)
Teori Kritikal.
Pendalaman Materi Sosiologi
POSITIVISME DAN POSTPOSITIVISME Pertemuan 4
Kemukakan bagaimana SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU POLITIK DI ASIA?
MANUSIA DAN PERADABAN. KOENTJARANINGRAT : PERADABAN ADALAH BAGIAN2 KEBUDAYAAN YANG HALUS DAN INDAH SEPERTI KESENIAN. PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN YANG.
Transcript presentasi:

Teori Sosial Kritik Heru Nugroho Hubungan antara CS dan Marxisme Sesuai Marxisme, CS memandang masyarakat industri kapitalis terbagi scr tidak seimbang menurut garis kelas, gender, dan etnik. Kebanyakan pakar CS adalah teoretisi “kiri”, marxis (post-), dan paling tidak sosialis (Kiri = kritis thd struktur aktual masyarakat dan menentang status quo. Sebagai Marxis, teori tidak saja bersifat menjelaskan tetapi mengubah masyarakat (melakukan perubahan sosial). Inilah misi emansipatoris CS!

Apakah Teori Kritis? versus teori tradisional? Di mana dan bagaimana pertelingkan CS dan Teori Kritis? Sama2 terinspirasi Marxisme (neo-, post-) Apakah Teori Kritis? versus teori tradisional? Dalam pandangan tradisional, teori adalah jumlah keseluruhan dr proposisi2 tentang suatu subjek. Tujuan teori tradisional adalah membangun konsep-konsep umum mengenai semua hal. Teori tradisional memandang fakta scr objektif (positivis).

Apakah yg dimaksud Teori Kritis, yg berbeda dgn teori tradisional? sebuah unsur hakiki dlm usaha sejarah manusia utk menciptakan suatu dunia yg dapat memuaskan kebutuhan2 dan kekuatan2 manusia… tujuannya yakni pembebasan manusia dr perbudakan (Horkheimer, 1937). Pembebasan manusia = emansipatoris!

Ciri Teori Kritis: (1) curiga dan kritis terhadap masyarakat. (terhadap kategori masyarakat produktif, janji2 modernitas kapitalis). (2) berpikir scr “historis”, berpijak pada masyarakat dlm prosesnya yg historis dan berkembang scr kontradiktif sehingga selalu dlm ketegangan terhadap masyarakat. (3) tidak memisahkan antara teori dan praksis: teori utk mengubah realitas…

Teori Kritis sbg inspirasi CS Teori Kritis (Mazhab Frankfurt) dan kaum posmodernis bukan saja sekadar memberi arah bagi CS utk mengkaji budaya massa dan populer tetapi memberikan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan tidak terlepas dr kepentingan dan kekuasaan (Lubis, 2006).

Signifikansi Mazhab Frankfurt bagi studi2 dlm CS: Mazhab Frankfurt (berdiri 3 Feb 1923, oleh Felix J. Weil) memperkenalkan studi2 kritis dan interdisipliner terhadap CS dan komunikasi yg menggabungkan analisis kritis terhadap ekonomi, politik media, analisi teks, dan studi resepsi pembaca terhadap efek sosial.

”Teori Kritis” atau ”Teori sosial kritis”? Teori sosial kritis (Agger, 2003) mencakup: Kritik Lyotard terhadap metanarasi: the condition of posmodern Teori difference Derrida, multikulturalisme Teori Kritis-Mazhab Frankfurt Teori Feminis Cultural studies, teori budaya Marxis Dll.

Pemikiran Sekolah/Mazhab Frankfurt disebut Teori Kritik Masyarakat Tujuan Teori Kritis, membebaskan manusia dr pemanipulasian para teknokrat modern. Ia bertitik tolak dr ilham dasar Karl Marx sekaligus melampaui dan meninggalkannya, serta menghadapi masalah2 masyarakat industri maju scr baru dan kreatif.

Tokoh2 Teori Kritis: Generasi pertama: Horkheimer, Adorno, Marcuse (tokoh2 Kiri Baru), Benjamin, Lowenthal, Pollock, Fromm, Bettelheim, Ackerman, Kirchheimer, Neumann, Grossman. Generasi kedua: Habermas, Welmer, Negt, Offe, Schmidt, Eder, Apel.

Generasi pertama kurang membuka kesempatan bagi pembebasan krn pesimis dgn proses rasionalisasi. Habermas mencoba mengatasi kelemahan Generasi Pertama dgn cara mengaitkan ilmu pengetahuan dan teknologi dgn kekuasaan (bandingkan dgn Foucault). Melalui rasionalitas bermakna/tindakan komunikatif, ia mengiritik Marcuse (manusia satu dimensi) dan Weber (modernisasi kapitalis, hubungan rasionalitas dan industrialisasi melalui rasionalisasi instrumental/bertujuan)

Teori Kritis Generasi Kedua, sbgmn Habermas, mengganti konflik dgn dialog dan komunikasi. Teori Kritis Generasi Pertama bersifat Marxis. Dlm studinya, ia mengkritisi ketidakdilan yg berlangsung di masy dan mengangkatnya sbg masalah sosial utk dipecahkan dgn cara mengubah sistem sosial yg kapitalistik menjadi sosialistik.

Dalam komunikasi dialogis, masing2 pihak berperan aktif di mana semua pihak mengambil peran orang lain. Menurut Habermas, tindakan manusia yg paling dasar adalah tindakan komunikasi dan interaksi. Tujuan komunikasi adalah saling pengertian. Rasionalitas komunikasi tercapai jika terbina saling pengertian.

Posisi proletar dlm pandangan Marx, oleh Habermas, digantikan oleh ilmuwan dlm proses ilmiah. Menurut Habermas, ilmu pengetahuan telah menjadi daya kreatif paling penting dlm masyarakat dewasa ini. Karenanya, Teori Kritis lebih memperhatikan peran dan aktivitas ilmuwan daripada buruh. Kenyataaannya, gerakan kaum buruh tidak bisa lepas dr peran ilmuwan.

Teori Reproduksi Mekanis (W: Benjamin) ? Teori Kritis Generasi Kedua, sbg Habermas, mengganti konflik dgn dialog dan komunikasi.

Ben AGGER. 2003. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta:. Kreasi Wacana Ben AGGER.2003. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Chris BARKER. 2005. Cultural Studies, Teori dan Praktik . Yogyakarta: Bentang. Akhyar Yusuf LUBIS. 2006. Dekonstruksi Epistemologi Modern, dr Posmodernisme, Teori Kritis, Poskolonialisme hingga Cultural Studies. Jakarta: Pustaka Indonesia Satu. Ziauddin SARDAR dan Borin VAN LOON. 2001. Mengenal Cultural Studies For Beginners . Mizan: Bandung. John STOREY. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop, Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies . Yogyakarta: Qalam.