Python Script Façade in Python

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROGRAM APLIKASI BERBASIS DATA MICROSOFT ACCES
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Mulai Baca x x>x; if(x
Menggunakan Event dan Property
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
BAB III KONTROL PROGRAM
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Membuat Baris Menu.
Mendapatkan Input dari Keyboard
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Fungsi, Modularisasi dan PHP Form
MENGGUNAKAN VISUAL COMPONENT LIBRARY
Komponen-Komponen dalam J2ME
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Pemrograman Visual VB.net 2008 dengan Database Microsoft Access 2010
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Command line argument.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
Lutfi Budi Ilmawan Univ. Muslim Indonesia
High Level User Interface
PERTEMUAN III MICROSOFT ACCESS 2003
Pemrograman PHP Lanjut
Mobile Programming Python Script.
MIDP High-Level User Interface
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
Pertemuan 4 Dani Hamdani, S.Kom..
Command line argument.
Antrian Dengan Array Ika Menarianti.
Pemrograman Mobile Android # 5
StatictText Control Edit Control
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
MIDlet User Interface (2)
Menggunakan Event dan Property
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
S. Indriani Lestariningati, M.T
CONDITIONAL Pertemuan 3.
Seleksi kondisi case Oleh: Sri Supatmi,S.Kom.
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Object Oriented Programming
JSF Java Server Faces.
Netbeans GUI Builder Buat project baru dalam Netbeans Kategori project
Operator, Deklarasi dan Type Data
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Notification, Dialog, dan Intent
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Mobile Programming Intent dan Activity.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Mendapatkan Input dari Keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Multimedia Matematika – Pertemuan 2
Graphical User Interface (GUI) dengan Python #2
Procedure dan Function
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Transcript presentasi:

Python Script Façade in Python Mobile Programming Python Script Façade in Python

SL4A (Scripting Layer for Android) Untuk membuat aplikasi android dengan SL4A, yang harus dilakukan: Import class Android. Membuat object dari class Android. from android import Android droid = Android() Selanjutnya kita dapat menggunakan object tersebut (droid) untuk memanggil method UI façade android.

SL4A (Scripting Layer for Android) Method ttsSpeak() Digunakan agar gadget android mengucapkan (dengan suara) string yang kita minta. <nama_object>.ttsSpeak(<string_pesan>) Contoh: from android import Android droid = Android() droid.ttsSpeak(“Hello World”)

SL4A (Scripting Layer for Android) Method makeToast() Digunakan agar gadget android menampilkan splash label string yang kita minta. <nama_object>.makeToast(<string_pesan>) Contoh: from android import Android droid = Android() droid.makeToast(“Hello World”)

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogGetInput() Digunakan agar gadget android menampilkan splash label string yang kita minta. <nama_variabel_penampung> = <nama_object>.dialogGetInput( <string_title_dialog>, <string_pesan_input>, <string_teks_default>).result Contoh: from android import Android droid = Android() nama = droid.dialogGetInput(“FORMULIR MASUKAN”, “Nama Anda:”, “isi nama anda di sini”).result droid.makeToast(nama)

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogCreateAlert() Digunakan agar gadget android membuat dialog alert sesuai keinginan kita. <nama_object>.dialogCreateAlert(<string_title_dialog>, <string_pesan_alert>) Contoh: from android import Android droid = Android() droid.dialogCreateAlert(“Perhatian”, “ini dialog alert”) droid.dialogShow() Ket: - dialogCreateAlert() hanya membuat dialog Alert (belum menampilkan), untuk menampilkan dialog tersebut digunakan method dialogShow(). - Dialog alert contoh di atas masih belum memiliki tombol.

SL4A (Scripting Layer for Android) Method untuk Button dan Show Dialog Terdapat dua method untuk membuat button; dialogSetPositiveButtonText() <nama_object>.dialogSetPositiveButtonText(<string_tombol>) dialogSetNegativeButtonText() Untuk menampilkan dialog yg sudah dibuat digunakan method dialogShow() <nama_object>.dialogShow()

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogGetResponse() Digunakan untuk membaca respon pengguna terhadap suatu dialog. Hasil dari method ini berupa JSON data set. Method dialogGetResponse() biasanya diletakkan setelah method dialogShow(), sehingga method dialogGetResponse() akan menahan dialog untuk tetap tampil, hingga pengguna merespon dialog. <nama_variabel_penampung> = <nama_object>.dialogGetResponse().result

SL4A (Scripting Layer for Android) Method untuk Button dan Show Dialog Contoh: from android import Android droid = Android() droid.dialogCreateAlert(“PERHATIAN”, “Harap pilih tombol yang anda suka”) droid.dialogSetPositiveButtonText(“Yoi”) droid.dialogSetNegativeButtonText(“nggak”) droid.dialogShow() print(droid.dialogGetResponse().result[‘which’]) Ket: - dialogGetResponse().result[‘which’] digunakan untuk mendapatkan informasi tombol mana yang ditekan user. - Jika yg ditekan tombol yoi maka hasilnya: positive. - Jika yg ditekan tombol nggak maka hasilnya: negative.

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogSetItems() Digunakan untuk menampilkan pilihan pada dialog yang kita buat. <nama_object>.dialogSetItems([<JSON_Array_items>]) Contoh: from android import Android droid = Android() nama = droid.dialogCreateAlert(“PILIHAN BUAH”) droid.dialogSetItems( [ “Mangga”, “Jeruk”, “Apel” ] ) droid.dialogShow() print(droid.dialogGetResponse().result[‘item’]) Ket: - dialogGetResponse().result[‘item’] digunakan untuk mendapatkan informasi item pilihan mana yang ditekan user (hasilnya berupa nomor indeks pada daftar pilihan).

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogCreateInput() Digunakan untuk membuat dialog masukan dialogCreateInput() vs method dialogGetInput: <droid>.dialogCreateInput(“<string_dialog_title>”, “<string_pesan_yg_Tampil>”, “<string_default_value>”, “<string_tipe_input>”) dialogCreateInput( ) dialogGetInput ( ) Tipe input dapat ditentukan sesuai keinginan. Tipe input hanya tipe Text

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogCreateInput() Contoh: from android import Android droid = Android() droid.dialogCreateInput(“FORMULIR MASUKAN”, “Nama Anda: “, “ ”, “textCapCharacters” ) droid.dialogSetPositiveButtonText(“OK") droid.dialogSetNegativeButtonText(“Batal") droid.dialogShow() hasil=droid.dialogGetResponse.result if hasil[‘which’]==“positive”: print(hasil[‘value’]) else: print(“Anda membatalkan input”) Ket: - dialogGetResponse().result[‘value’] digunakan untuk mendapatkan input yang user isi.

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogDismiss() Digunakan untuk menutup dialog yang dibuka sedang dibuka oleh method dialogShow(). Biasanya method ini juga digunakan membuat multiple dialog. <droid>.dialogDismiss()

SL4A (Scripting Layer for Android) Method dialogSetItems() Digunakan untuk menampilkan datepicker (input dengan memilih tanggal dari calendar). <nama_object>.dialogCreateDatePicker() Contoh: from android import Android droid = Android() droid.dialogCreateDatePicker() droid.dialogShow() tanggal=droid.dialogGetResponse().result hari = tanggal[‘day’] bulan = tanggal[‘moth’] tahun = tanggal[‘year’] print(hari, bulan, tahun) Droid.dialogDismiss() Ket: - dialogGetResponse().result[‘day’] digunakan untuk mendapatkan informasi hari - dialogGetResponse().result[‘month’] digunakan untuk mendapatkan informasi bulan. - dialogGetResponse().result[‘year’] digunakan untuk mendapatkan informasi tahun

Terima Kasih