PEMBEKALAN PRODIAKON PITC RUMPUT, 15 MARET 2015

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sosialisasi Bahan Adven Bulan Keluarga 2013
Advertisements

Katekese Inisiasi Kristiani/Katolik
PEMBEKALAN RAKER PAROKI Sta. MONIKA
MERANCANG LITURGI : KOOPERASI, KOORDINASI, DELEGASI
HIDUP DARI MISTERI EKARISTI
MEMAHAMI PUJIAN & PENYEMBAHAN DALAM PD
Tommy's Window Slideshow
KELUARGA MENYAMBUT YESUS DI ERA GLOBALISASI
Spiritualitas Ekaristi
SAKRAMEN-SAKRAMEN Kata “sakramen” berasal dari bahasa Latin “sacramentum” yang berarti : hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. Dalam.
Draft ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015
MENGENAL PARAMENTA MISA
TEMU KOMSOS - LITURGI TAHUN EKARISTI AULA KATEDRAL, 5 MEI 2012.
Misa Tahbisan Imamat 10 Februari 2015
S.A.K.R.A.M.E.N.T.A.L.I Sakramentali: tanda2 suci yg ditetapkan o/ Gereja u/ mengudusan macam2 situasi kehidupan. Doa yg diiringi dg tanda salib dan tanda2.
Teladan Paus Fransiskus: Cinta Gereja
PEDOMAN PEMBANGUNAN/RENOVASI
Sakramen Untuk Pelayanan Persekutuan & Perutusan
JUMAT AGUNG Makna Hari Jumat Agung: Hari ini ditetapkan sebgai hari laku tanpa dosa dengan kewajiban berpantang dan berpuasa bagi seluruh anggota Gereja.
HARI MINGGU PRAPASKAH IV
Mempersiapkan Awam sebagai Saksi Kristsus
BIJAKSANA DALAM MEMAKAI DAN MENGISI SETIAP KESEMPATAN
Biarkan Anak-Anak Datang Kepada-Ku
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA
TUJUH SAKRAMEN DALAM GEREJA KATOLIK
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Sakramen Tobat Sakramen penyembuhan
Dipersiapkan oleh: Vonny
GEREJA KATOLIK SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK HIERARKI GEREJA
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
TERLIBAT BERBAGI BERKAT
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
Edisi : LVIII/ 19 Mei 2013 HARI RAYA PENTAKOSTA “Jika kamu mengasihi Aku,dan menuruti firman-Ku maka Bapa-Ku akan mengasihi dan timggal bersama engkau.
ON GOING FORMATION UNIO INDONESIA SPIRITUALITAS CINTA KEUSKUPAN
“Hari Minggu Evangelisasi”
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
MISTERI PASKAH DALAM SAKRAMEN-SAKRAMEN GEREJA “Hari Minggu Panggilan“
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
KOMISI LITURGI Komisi Liturgi adalah perangkat Keuskupan yang memfasilitasi terlaksananya reksa pastoral liturgi dalam membantu umat beriman dengan.
PERKAWINAN KATOLIK Friday, 12 September 2014.
Presentasi Agama Kristen tentang “Agama Katholik”
Pembekalan Prodiakon Senin, 20 Juli 2015
Babtis.
Kebijakan-kebijakan pastor(al)
BAB IV TUGAS GEREJA GEREJA YANG MENGUDUSKAN (LITURGIA)
PAROKI ST BONAVENTURA, PULOMAS 20 AGUSTUS 2017
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
SAKRAMEN-SAKRAMEN Kata “sakramen” berasal dari bahasa Latin “sacramentum” yang berarti : hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. Dalam.
RAPAT PLENO DEWAN PAROKI St.IGNATIUS JALAN MALANG
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
ROSARIO MERAH PUTIH AULA SD ST. MARIA, 9 APRIL 2016.
ADORASI SEBAGAI DEVOSI EKARISTI
SELAMAT DATANG & MENGIKUTI
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020
TEMU PEWARTA IMAN-KAJ Sharing atas gerakan iman dan persaudaraan antar para pewarta 1 NOPEMBER 2015.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
LITURGIKA (TATA IBADAH)
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
HAK & KEWAJIBAN ORANG BERIMAN
Pemahaman Hidup Beragama
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
NextNext….. ARTI GEREJA Kata “Gereja” dalam kata bahasa Indonesia berasal dari kata Portugis ‘igreja” yang berasal dari kata Yunani ekklesia dan dalam.
SYUKUR SEBAGAI CITRA ALLAH Guru Mapel Silvester Nyawai, S. Pd.
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

PEMBEKALAN PRODIAKON PITC RUMPUT, 15 MARET 2015 RD MICHAEL WISNU AGUNG PRIBADI

MENJADI PRODIAKON YANG TULUS DAN BERSYUKUR TEMA : MENJADI PRODIAKON YANG TULUS DAN BERSYUKUR

Etimologi TULUS = JUJUR/KEPOLOSAN ; Dapat memahami bahwa panggilannya menjadi seorang prodiakon bukan hanya atas dasar pertimbangan manusiawi, melainkan juga ada peran serta Allah di dalamnya. BERSYUKUR = BERTERIMA KASIH ; Dengan penuh sukacita menerima dan menjalankan panggilannya sebagai seorang prodiakon.

KONTEKS : 2013 : 489.000 Umat Katolik 64 Paroki, 3500 Lingkungan 500 Kelompok Kategorial SYUKUR ATAS SEJARAH : 1802 : Mgr Vrancken, Vikaris Apostolik Batavia 1807 : Gereja Pertama, Katedral 1856 & 1862 : Sr Ursulin & Br Aloysius (Pendidikan) 1870 & 1879 : Sr Fransiskanes (Kesehatan)

APA DAN SIAPA PRODIAKON ITU? Dalam Perayaan Ekaristi : Mirip pastor Memakai jubah putih Ikut membagikan komuni Ikut dalam arak-arakan pembukaan Perayaan Ekaristi Dekat dengan altar

PRODIAKON ADALAH : Awam yang tugas-tugasnya ditetapkan oleh Pastor Paroki dan Uskup, antara lain yang utama adalah membantu pastor dalam membagi komuni kepada umat dalam suatu Perayaan Ekaristi, memimpin ibadat Perayaan Sabda, dan mengantarkan komuni kepada umat yang sedang menderita sakit. Sering juga, prodiakon mendapat tugas dalam upacara penguburan di pemakaman.

MENGAPA DISEBUT PRODIAKON? Prodiakon adalah kata bentukan dari kata 'pro', kata Latin 'yang berarti 'demi', dan kata 'diakon' yang berarti 'melayani'. Dengan demikian kata 'prodiakon' dapat diartikan sebagai 'untuk melayani', karena tugas-tugasnya terutama adalah untuk melayani umat dalam berbagai kepentingan yang berkaitan dengan kehidupan beragamanya.

MENGAPA DISEBUT PRODIAKON? Sebutan 'prodiakon' merupakan pilihan sebutan yang digunakan sejak tahun 1985. Sebelumnya, digunakan sebutan 'diakon awam' (1966) atau 'diakon paroki' (1983) yang diberlakukan di Keuskupan Agung Semarang. Kini, sebutan 'prodiakon' berlaku di seluruh Gereja di Indonesia. Di luar Indonesia tidak dikenal sebutan seperti itu, namun hanya sebagai pembantu penerimaan komuni.

DASAR TEOLOGIS 1. Berkat imamat umum melalui baptisan krisma dan ekaristi. Partisipasi awam dalam liturgi Gereja mengalir dari hakikat imamat umum yang dimiliki seorang beriman berkat sakramen baptisan dan krisma yang diterimanya. Merupakan ungkapan dari imamat umum yang dimiliki Prodiakon adalah salah satu dari petugas lain, seperti putra altar, koor, lektor, pemazmur, pembawa doa umat, petugas persembahan, dan lain-lainnya.

DASAR TEOLOGIS 2. Tuntutan hakikat liturgi sebagai perayaan Gereja. Perayaan liturgi merupakan perayaan seluruh Gereja. Upacara-upacara bukanlah tindakan perorangan dari 'pastor' saja, melainkan melibatkan semua anggota tubuh Gereja dengan berbagai peran yang berbeda. Perayaan Gereja adalah sakramen kesatuan, yaitu imamat kudus yang berhimpun di bawah para uskup. Dengan demikian, prodiakon merupakan perwujudan dari peran serta umat beriman secara sadar dan aktif dalam liturgi Gereja.

PRODIAKON = DIAKON? Sebutan 'prodiakon' dapat juga diartikan sebagai 'demi kepentingan' atau 'selaku pelayan' Gereja. Dengan demikian, seorang prodiakon dapat dianggap juga sebagai diakon.

PERBEDAAN Diakon = seorang yang ditahbiskan & termasuk ke dalam hirarki-klerik, sedangkan prodiakon tidak ditahbiskan & statusnya tetap awam. Prodiakon hanya dilantik secara biasa oleh uskup/pastor atas nama uskup.

KRITERIA PRODIAKON Memiliki nama baik sebagai pribadi maupun keluarga, Mempunyai penampilan layak dan diterima oleh umat, Serta didukung oleh keluarga.

surat permohonan tertulis PENGUNDURAN DIRI “Prodiakon boleh mengundurkan diri dengan cara mengajukan surat permohonan tertulis kepada Bapak Uskup melalui pastor paroki”

NON-AKTIF Apabila dalam perjalanan tugasnya seorang prodiakon menemui kesulitan dalam kehidupan rumahtangganya atau menjadi batu sandungan umat, maka sebaiknya ia non-aktif terlebih dulu atau mengajukan pengunduran diri.

KETENTUAN Tugas dan kewenangannya yang diberikan kepadanya pun terbatas hanya di parokinya saja, dan hanya untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun. Namun batasan waktu ini dapat diperpendek atau dipilih kembali.

PENUNJANG PELAYANAN

PENUNJANG PELAYANAN

PENUNJANG PELAYANAN

MEMBEKALI DIRI (KNOWLEDGE) HAL-HAL TEKNIS - PITC PRIBADI : DOA KEHIDUPAN HARIAN MEMBEKALI DIRI (KNOWLEDGE) KERENDAHAN HATI SEMANGAT CINTA KASIH

HAL-HAL TEKNIS - PITC PELAYANAN ALTAR: PERSIAPAN SIKAP LITURGIS MEMBANTU IMAM MEMBAWA EVANGELIARIUM (JIKA TIDAK ADA DIAKON) MEMINDAHKAN SAKRAMEN KE TABERNAKEL (AWAL) MEMPERSIAPKAN SIBORI DAN KOMUNI MEMBAGIKAN KOMUNI MEMBERESKAN KOMUNI MENYIMPAN SAKRAMEN MAHAKUDUS KE SAKRISTI (AKHIR)

HAL-HAL TEKNIS - PITC DI LUAR ALTAR : PEMIMPIN IBADAT UMAT LINGKUNGAN MENGHANTAR KOMUNI ORANG SAKIT PENDALAMAN IMAN PELAYANAN KEMATIAN

LAIN-LAIN

LAIN-LAIN

LAIN-LAIN

PENUTUP