Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Session 3 : Hidup dalam Roh Kudus.
Advertisements

KRISTUS, HUKUM, DAN PERJANJIAN-PERJANJIAN
“I Care !” PA Interaktif GKI Cinere Selasa, 2 April 2013.
Baptisan Roh Kudus Bacaan: Kis 2:1-13.
Festival Kunci untuk Memahami Orang Israel dan Orang Kristen Masa Kini
PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
Pesan Pertobatan & Keselamatan
PERAYAAN SUCI HATI YESUS YANG MAHA KUDUS (Jumat, 15 Juni 2012)
PUASA DALAM PERSPEKTIF IMAN KRISTEN
JUMAT AGUNG Makna Hari Jumat Agung: Hari ini ditetapkan sebgai hari laku tanpa dosa dengan kewajiban berpantang dan berpuasa bagi seluruh anggota Gereja.
GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Dipersiapkan oleh: Vonny
MARI BERBAGI DALAM EKARISTI: ALLAH YANG BERBAGI AGAR KITA PUN BERBAGI
HARI RAYA PEMBAPTISAN TUHAN YESUS
PENGAKUAN IMAN KRISTEN
Mengapa Perlu dibaptis? Sebelum Yesus memulai pelayananNya, Ia pergi ke Sungai Yordan untuk dibaptis (Mat. 3:13).
Siapakah Yesus? Who Jesus is?. Tiap orang harus tahu, Tiap orang harus tahu Tiap orang harus tahu, Siapakah Yesus? Ev’rybody ought to know, Ev’rybody.
PERAYAAN MISTERI KRISTEN
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
Presentasi Agama Kristen tentang “Agama Katholik”
Babtis.
SAKRAMEN BAPTIS, PERJAMUAN KUDUS & GEREJA BERSAKSI
PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN
PASKAH, APAKAH MASIH HARUS DIRAYAKAN ?
KESATUAN INJIL Lesson 3 for July 15, 2017.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
TRADISI KREMASI DAN KEBANGKITAN TUBUH
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
MENABUR BENIH Mzm.126:5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak- sorai.  126:6 Orang yang berjalan maju dengan.
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
BAIT SUCI, SINAGOGE DAN JEMAAT
TINDAK LANJUT LANGSUNG
LITURGI IBADAH GKI.
SAKRAMEN (Pertemuan keempat)
EXODUS MOTIVES.
Membawa Kabar Baik.
Tanggung jawab Hidup Baru
DOA DAN PUASA PDT. A. LETLORA S.Th, M.Min.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Minggu, 05 Agustus Minggu, 5 Agustus 2018 Dilayankan Oleh : Pdt. DR. Djoko Prasetyo A.W. M.Th.
Pdt. Gerry CJ Takaria.
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
UMAT ALLAH YANG DIMETERAIKAN
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
SESI 9 : MENGENAL KITAB SUCI – PERJANJIAN LAMA FU 2017.
Sengsara Tuhan Yesus keempat. Pembukaan Ibadah : Pnt : Jemaat yang dikasihi Tuhan, di Perayaan Minggu sengsara keempat Sebuah perenungan menjenguk hati.
Bagaimana Yesus mengubah pemahaman kita tentang Tuhan?
PERAN ROH KUDUS BAGI MURID YESUS
Mat 26:63-64 (63) Tetapi Yesus tetap diam
Materi Purity Topik 2.
HEAVEN Surga HADES HADES Pemindahan Surga S H E O L 14 & 16 Ef. 4:8-10
Transcript presentasi:

Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College www.BibleStudyDownloads.org Why Get Wet? Baptisan But is baptism really that important? Why be baptized? Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College www.BibleStudyDownloads.org

Latar Belakang Sakramen Kristen 140 Latar Belakang Sakramen Kristen Baptisan Perjamuan Kudus

Makna Baptisan: Identifikasi PL: tidak dilakukan 140 Makna Baptisan: Identifikasi PL: tidak dilakukan Intertestament (antara PL dan PB): non-Yahudi diidentifikasikan bersama Yahudi Yohanes: yang belum bertobat diidentifikasikan yang sudah bertobat Gereja: yang belum percaya diidentifikasikan dengan yang percaya

Baptisan Intertestamental (di masa antara PL dan PB) 140 Baptisan Intertestamental (di masa antara PL dan PB) Untuk “Proselytes” (orang non-Yahudi/”kafir” yang meninggalkan berhalanya untuk menjadi bagian dari Israel) Baptisan selam dilakukan diri sendiri Kemungkinan besar khusus untuk perempuan karena mereka tidak mungkin disunat

Baptisan Yohanes Pembaptis 140 Baptisan Yohanes Pembaptis Yohanes sebagai pencetus baptis selam Pertobatan

Baptisan Kristen Abad Pertama 140 Hanya bagi yang percaya Hanya baptis selam

Makna Baptisan ? Bahasa asli: bapti,zw 141 Makna Baptisan Bahasa asli: bapti,zw artinya “mandi, membenamkan… membasuh, mencelupkan, tenggelam, basah kuyup, dibanjiri… direndam” (BAGD 131c) Baptis selam memberikan gambaran yang terbaik: Identifikasi dengan kematian dan kebangkitan Kristus (Rom. 6:3-5; Kol. 2:12) Penundukan diri kepada otoritas Kristus (Mat. 28:18-20) Ketaatan dan kesungguhan hati nurani di hadapan Allah (1 Pet. 3:21)

Percikan? Pengurapan? 1 Kor. 6:11? Ef. 5:26? Ibr. 9:10? Ibr. 10:22? 141 Percikan? Pengurapan? 1 Kor. 6:11? Ef. 5:26? Ibr. 9:10? Ibr. 10:22? Tit. 3:5? Kel. 24:6-8? Bil. 8:7? Yeh. 36:24-26? Ibr. 9:13-14? Ibr. 10:22?

Syarat-syarat Baptisan Tiga tahun pengajaran Prosedur sampai Baptisan di hari Minggu Kamis: Pembasuhan total Jumat: doa puasa Sabtu: penumpangan tangan, pengusiran roh jahat Sabtu malam: berjaga-jaga dengan panduan Minggu: berdoa untuk baptisan yang akan diterima, diurapi dengan minyak, ditanyai 3 pertanyaan, dibaptis telanjang (pertama anak-anak, kemudian laki-laki, kemudian perempuan) David F. Wright, “The Baptismal Community,” Bib Sac 160 (Jan-Mar 2003): 3-12

Sikap terhadap Orang yang Tidak Dibaptis Diperlakukan hampir sama seperti non-Kristen Tidak berinisiatif meminta untuk dibaptis Harus meninggalkan kebaktian di gereja sebelum Perjamuan Kudus dilakukan David F. Wright, “The Baptismal Community,” Bib Sac 160 (Jan-Mar 2003): 3-12

Ringkasan Baptisan Gereja Mula-mula vs. Baptisan sebelumnya 142 Ringkasan Baptisan Gereja Mula-mula vs. Baptisan sebelumnya Perbedaan (Sebelum vs. PB/Kristen) Persamaan (Persamaan antara keduanya) Tidak ada salam khusus vs. “Bapa, Putra, & Roh Kudus” Menandakan identifikasi dengan kelompok agama Menyelamkan diri sendiri vs. dipimpin orang lain Dilakukan hanya untuk mereka yang mau percaya Harus sudah disunat terlebih dahulu vs. tidak ada Hanya baptis selam (pada masa SM & abad pertama) Masuk ke Yahudi/ Yohanes Pembaptis vs. masuk ke Kekristenan Umum dilakukan di gereja mula-mula dan sebelumnya Baptis selam vs. variasi cara (di abad ke-2) Menggunakan air

Pertanyaan tentang Baptisan? 141-142 Pertanyaan tentang Baptisan? Perlukah dilakukan sebelum mengikuti Perjamuan Kudus? Perlukah dilakukan lagi jika pernah dipercik ketika bayi? Perlukah dilakukan lagi jika pernah dipercik ketika dewasa? Perlukah dilakukan lagi jika pernah diselam di gereja yang tidak Alkitabiah?

Paskah & Perjamuan Kudus 143 Paskah & Perjamuan Kudus

Perayaan (Kasih) Agape

Piring “Seder”

Empat Arah Paskah (Yahudi) Perjamuan Kudus (Kristen) 143 Melihat... (Diadaptasi dari David Watson, I Believe in the Holy Spirit) 143 Empat Arah Melihat... Paskah (Yahudi) Perjamuan Kudus (Kristen) Ke luar Seluruh keluarga terlibat (Kel. 12:3-4, 16) Persekutuan dan persatuan (1 Kor. 11:17-22; 10:16-17) Ke belakang Dibebaskan dari Mesir (Kel. 12:31-42) Dibebaskan dari dosa (1 Kor. 11:23-25) Ke depan Menantikan Juru Selamat datang (Yeh. 45:21) Menantikan Kristus datang kembali (1 Kor. 11:26; Mrk 14:25) Ke dalam Menyucikan rumah dari ragi atau yang jahat (Kel. 12:8, 15) Memeriksa adakah dosa dalam diri sendiri (1 Kor. 11:27-32; cf. 5:6-8)

Empat Cawan (Kel. 6:5-6) 145 Berkat Tulah Penebusan Pujian

Susunan Acara Perayaan 144 Paskah Perjamuan Kudus Menyalakan lilin Diasumsikan (tidak dicatat) Cawan pertama: Berkat/Pengudusan, berkata, “Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir” (“Aku akan” pertama dari empat yang tercatat di Kel. 6:5-6) “Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu… Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang.” (Luk 22:17b-18) Membasuh tangan masing-masing Membasuh kaki para murid pada saat makan (Yoh 13:2, 4) Daun peterseli dicelup di air garam (kepahitan), bagian tengah matzah (roti bundar tidak beragi) (Kel 12:39) diangkat dan dipecah, 1/2nya disebut “afikomen” (Yunani. “dia yang akan datang”) dibungkus kain dan disembunyikan Anak Allah (pribadi kedua dari Tritunggal) diangkat, dipecah, tubuh-Nya dibungkus, dan dikuburkan (tradisi ini ditambahkan pada perayaan Paskah oleh Yahudi Kristen di abad pertama) Kisah Paskah dibaca (Kel. 12:1-13), 4 pertanyaan, 4 anak laki-laki, 10 tulah

Susunan Acara Perayaan 144 Paskah Perjamuan Kudus Cawan kedua: Tulah/Penghakiman, berkata, “Aku akan melepaskan kamu dari perbudakan mereka” Mencuci tangan, makan bagian atas dan 1/2 bagian tengah matzah dan sayur pahit dengan bagian dasar matzah (perbudakan) Perjamuan Paskah dimulai Makan sayur pahit dengan charoseth (bumbu) yang terbuat dari kurma, madu, & kacang almond/buah badam (manisnya hidup dengan Penebusan dari Allah), telur yang dibakar (persembahan di bait suci & kehancuran, penderitaan dan hidup baru), tulang kering binatang Yesus mencelupkan roti dengan Yudas dan Yudas pergi (?) Makan afikomen—“Inilah roti penderitaan…” “Inilah tubuh-Ku…” (Luk 22:19)

Susunan Acara Perayaan 144 Paskah Perjamuan Kudus Cawan ketiga: Penebusan, berkata, “Aku akan menebus kamu dengan tangan yang teracung” “Inilah darah-Ku…” (Luk 22:20) Yesus mencelupkan roti dengan Yudas dan Yudas pergi (?) Cawan keempat: Pujian/Berkumpul kembali, berkata, “Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku” & membaca Mzm. 113–118 “Setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu menyatakan kematian Tuhan sampai Dia datang kembali” Pernyataan (“Tahun depan di Yerusalem!”), lagu pujian (Mzm. 118), puisi, atau lagu kebangsaan Menyanyikan lagu pujian & pergi ke Bukit Zaitun (Mat. 26:30) Cawan Elia: Diisi tetapi tidak disentuh; melambangkan kembalinya Elia sebelum Juru Selamat (Mal. 4:5-6; Mat. 11:13-14; 17:11-12; Why. 11:3-12; 19:11-21), anak termuda membuka pintu depan “untuk Elia” Diasumsikan (tidak dicatat)

Pertanyaan tentang Perjamuan Kudus? Dalam pengertian yang seperti apa Tuhan Yesus hadir di meja perjamuan? Seberapa sering seharusnya orang percaya mengambil bagian dalam perjamuan? Pertanyaan lainnya?

Black

Latar Belakang Perjanjian Baru— BibleStudyDownloads.org Dapatkan slide ini tanpa biaya New Testament Backgrounds PPT in Bahasa Indonesia Latar Belakang Perjanjian Baru— BibleStudyDownloads.org