Arif Ponco Putranto Rombel 1 Antropologi Kesehatan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERSEPSI TENTANG SEHAT-SAKIT & PERILAKU SAKIT
Advertisements

Pelayanan Kesehatan Dalam Konteks Antropologi
SEHAT SAKIT DUNIA BARAT
HUKUM WARIS ADAT.
Asal Usul Agama & Hakekat Magi
Dasar – Dasar Antropologi Kesehatan (2 SKS)
Ideologi dan Prediksi Perkembangan SJSN
Bunuh Diri dan Euthanasia
DIARE (MENCRET).
PENALARAN Pengertian Penalaran merupakan suatu proses berpikir manusia untuk menghubung-hubungkan dat atau fakta yang ada sehingga sampai pada suatu kesimpulan.
Disusun oleh : Dr. Erna Karim
PERANAN ANTROPOLOGI DALAM PELAYANAN KESEHATAN
SMP Kelas 3 Semester 1 BAB I
BAB 12 KEBUDAYAAN & MASYARAKAT
Penyebab Penyakit Naturalistik
SISTEM KEPERCAYAAN MASYARAKAT PRIMITIF
Keperawatan Lintas Budaya
ASKEP URTICARIA Luky dwiantoro.
PENGEMBANGAN KARAKTER DOSEN PGPAUD
SISTEM MEDIS NUNIK SURYANI
Khasiat di Balik Pahitnya Mahoni
BERTUMBUH DALAM KRISTUS
ETNOMEDISIN Foster, George M. dan Anderson, Barbara Gallatin Antropologi Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) NUNIK SURYANI
SISTEM MEDIS Pengantar Kesehatan
Maria Ansela Sudi Rombel 1 Antropologi Kesehatan
SISTEM MEDIS KISMI MUBAROKAH.
Oleh : dr. Irfan Rahmanto
DISKUSIKAN SISTEM MEDIS CINA SISTEM MEDIS AYURVEDA SISTEM MEDIS UNANI
ANTROPOLOGI Sejarah – Pengertian - Cabangnya
ETNOMEDISIN Oleh : Dede Hernawati
Terapi Jus & Diet (5): Sari Buah dan Sayuran: Penyembuh yang Ajaib
Berikut ini adalah beberapa penyakit dan cara pengobatannya:
Qudwah Hayati Rombel 2 Antropologi kesehatan
Jenis-jenis Diet: Diet Makrobiotik, Diet Zona, dan Food Combining
PENGARUH BUDAYA TERHADAP KESEHATAN
Agus Setiawan ESTETIKA CINA.
BAGIAN SATU Perspektif Perkembangan Masa Hidup
Mata Kuliah : Hukum Adat
Madu sebagai Suplemen Makanan yang Baik
ANTROPOLOGI KESEHATAN
DIALEKTIKA KOMUNIKASI DENGAN BUDAYA
PENGARUH BUDAYA PADA KONTEKS: Ruang Lingkup Pelayanan Kesehatan
AYO BERANTAS.
VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR DAN DALAM LEMAK
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
Suprastruktur.
KERACUNAN.
PERKEMBANGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI DUNIA
SEJARAH FARMASI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DR. Mappeaty Nyorong, Drs, MPH Eka Sari Ridwan, SKM, M.Kes
STIKes HARAPAN BANGSA PURWOKERTO 2011/2012
Makna makanan dg Budaya
SISTEM MEDIS SISTEM MEDIS.
PENGENALAN FILSAFAT A. Arti Filsafat a. Dari segi etimologi FALSAFAH
PENANGANAN ANAK DENGAN DIARE
IMPLEMENTASI SOSIO BUDAYA DALAM ASUHAN KEPERAWATAN
STANDAR ISI KURIKULUM SAINS UNTUK ANAK USIA DINI
Dinar Perbawati Abdul Aziz Azari Dian Septivita
TUGAS GEOGRAFI DI S U S U N OLEH : NAMA: SITI NURHALIZA : DINDA BAHTIAR : JUMRIANI PUTRI : ANDI MALLARANGENG ARHAM KELAS: Xi MIPA 3 SMA NEGERI 5 BULUKUMBA.
ETNOMEDISIN.
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
SIFAT-SIFAT HUKUM ADAT DI INDONESIA
ANTROPOLOGI.
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN KERJA
DIARE AKIBAT SANITASI YANG BURUK MERY PURWANTINI Puskesmas Samigaluh I.
Pengaruh budaya dan religi terhadap penigkatan kesehatan anak.
Wilayah dan Iklim Tropis. Pengertian iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi. Adapun studi tentang.
ETNOPSIKIATRI - ARDIAN S. LEKY
Transcript presentasi:

Arif Ponco Putranto 3401413121 Rombel 1 Antropologi Kesehatan Etnomedisin Arif Ponco Putranto 3401413121 Rombel 1 Antropologi Kesehatan

1. Sistem-sistem Medis Personalistik penyakit (illness) => disebabkan oleh intervensi dari suatu agen yang aktif, yang berupa mahluk supranatural (mahluk gaib, atau dewa), mahluk yang bukan manusia (hantu, roh leluhur, atau roh jahat) maupun mahluk manusia (tukang sihir) orang sakit adalah korbannya.

2. Sistem-sistem Medis Naturalistik. Penyakit (illness)=> dijelaskan dengan istilah-istilah sistemik yang bukan pribadi. sistem naturalistik mengakui adanya suatu model keseimbangan sehat terjadi karena unsur-unsur yang tetap didalam tubuh seperti panas, dingin,cairan tubuh (humor atau dosha)yin dan yang ,berada dalam keadaan yang seimbang menurut usia, dan kondisi individu dalam lingkungan alamiah dan lingkuan sosial.

Konsep Kausalitas Dalam Sistem Personalistik. 1. Glick(1967) Penyakit disebabkan agen-agen yang dengan beberapa cara menjatuhkan kekuatan mereka atas diri para korban. Agen-agen dapat berupa makhluk manusia super. 2. Alland (1970) Agen-agen tersebut dapat melintasi alam natural dan supranatural yaitu tukang tenung, mahluk supranaturan yaitu hantu, setan-semak-semak dan tukang sihir dan dewa semuanya dapay menyebabkan penyakit.

Konsep Kausalitas Dalam Sitem Naturalistik. Khusus untuk pengobatan penyakit naturalistik, biasanya digunakan bahan-bahan dari tumbuhan (herbalmedicine) dan hewan (animalmedicine) atau gabungan kedua.

1. Patologi Humoral Patologi humoral berdasarkan atas konsep ”humor” (cairan ) dalam tubuh manusia ditemukan dalam teori yunani mengenai empat unsur (Tanah, Air, Udara, Api) Dikenal Sejak Abad Ke 6 .S.M. Penyakit akan menonjol pada musim yang cocok dengan sifat-sifatnya.

Lanjutan… a.Penyakit Yang Disebabkan Panas Di obati dengan ramuan obat yang dingin dan makanan yang dingin dilakukan tindakan – tindakan yang mendinginkan. b.Penyakit Yang disebabkan Oleh Dingin. Di obati dengan ramuan panas dan makanan panas. diberikan tindakan anti panas pengobatan pada umumnya campuran mdari unsur dingin dan unsur panas.

Patologi Humurol Konsep Galen Menyebar kearah timur dan barat melalui perluaqsan perdapan islam. Menurut tulisan tabib kristen hipocrates, galen dan tabib dari arab kususnya utama avicema merupakan otoritas utama dalam teori dan pelaksanaan medis.

2. Pengobatan Ayurveda Jelliffe (1957) mengadakan penelitian bahwa makanan garam (panas) meliputi telur, daging, susu, dahl, madu, dan gula. Makanan tonda (dingin) meliputi sari buah-buahan, yoghurt, keju asam, nasi dan air.

Teori Ayurveda Alam semesta terdiri empat unsur yakni bumi,air,api, udara) ditambah satu unsur yaitu eter. Tubuh manusia memiliki tiga humor yang disebut dosha (tridosha) yakni flegma atau cairan lendir,empedu atau cairan pada empedu, angin atau gas dalam saluran pencernaan.

Sehat Menurut Teori Ayurveda Apabila ketiga dosha tersebut berada dalam keadaan seimbang. Sakit adalah apabila salah satu atau lebih dosha tidak berfungsi sebagaimana mustinya. (leslie 1969 ).

3. Yin dan yang (Pengobatan Tradisional Cina) Pengobatan tradisional cina mewakili kasus tentang konsep sentral dalam kosmologi cina.

Unsur yang mewakili => Langit, matahari, api, panas, kering, cahaya, prinsip kelaki-lakian, bagian luar, sebelah kanan, hidup, tinggi, keagungan, baik, indah, kebajikan, aturan, kebahagiaan, kekayaan, dengan kata lain segala unsur yang positif. Unsur yin mewakili=>Bumi, bulan, air, dingin, kelembaban, kegelapan, prinsip kewanitaan, bagian dalam, sebelah kiri, kematian, rendah, tidak agung, jahat, buruk, keculasan, kekacauan, dan kemiskinan singkatnya yang bersifat negatif.

Unsur – Unsur Emosional Dalam Teori Penyebab Hubungan Sebab Akibat a.Etiologi-etiologi komprehensif dan terbatas b.Penyakit, Religi dam Magi c.Tingkatan-tingkatan penyebab d. Shaman dan pengobatan lainnya e. Diagnosis

Penyakit, Religi dan Magi Pengobatan, magi dan religi ketiganya adalah bagian yang sangat penting dari suatu sistem dalam sistem naturalistik, prosedur pengobatan jarang bersifat ritual dan unsure-unsur religi dan magi sedikit skali berperan didalamnya. pemujaan tersebut tidak ditujukan pada mahluk-mahluk yang bertanggung jawab atas terjadinya penyakit itu, melainkan lebih kepada mahluk supranatural, yang sebagai penasehat bagi manusia, dapat ikut campur membantu penderita dalam tiap keadaan gawat.

Tingkatan-tingkatan penyebab penelitian terhadap penduduk Ladoga di Ghana, Goody=>bagian terbesar dari penduduk yang buta aksara sistem personalistik adalah lebih kompleks, dua tingkatan kasualitas atau lebih dapat dibedakan, dalam dua usaha penyembuhan, tingkatan-tingkatan ini harus diperhitungkan. agen personal (dukun, sihir, hantu atau dewa) dan tehnik yang digunakan oleh agen tersebut (seperti pemasangan objek seperti racun, pencurian jiwa, kesurupan, atau ilmu sihir) namun tindakan-tindakan itu saja biasanya belum dianggap cukup.

Shaman dan pengobatan lainnya Sistem-sistem personalistik yang mengenal tingkatan kausalitas ganda logisnya membutuhkan penyembuh yang memiliki kekuatan Supranatural atau kekuatan ramalan magis. Shaman dan dukun sihir biasanya tidak ditemukan dikalangan penduduk yang etiologi utamanya adalah naturalistik.

Diagnosis Sistem etiologi personalistik dan naturalistik juga dapat dibedakan berdasarkan tehnik-tehnik diagnosis. Pengobatan terhadap gejala-gejala mungkin merupakan prioritas kedua. Diagnosis oleh diri sendiri dalam masyarakat yang menganut etiologi naturalistik dilukiskan melalui apa yang dilakukan orang Tzintzuntzan, Meksiko.

Pengobatan Ero-Amerika Istilah Ero-Amerika digunakan menyebutkan kepercayaan dan praktek medis para imigran Eropa dan keturunannya di Amerika Serikat. Dalam tahun – tahun awal dalam kehidupan didaerah baru, pengaruh Indian terhadap pengobatan rakyat sangat besar ; => dikenal beberapa dokter Indian yang reputasinya). Penduduk Amerika pada abad ke-19 yang membutuhkan pertolongan medis dapat juga berpaling pada pengobatan sekte yang terwujud dalam bentuk pengobatan Impor dijerman yaitu Hemeopati (Homephaty

pengobatan tradisional kulit hitam amerika Kebalikan dari pengobatan Ero – Amerika pengobatan tradisional kulit hitam amerika merupakan pengobatan rakyat resmi yang sepenuhnya merupakan tradisi lisan. pengobatan rakyat kulit hitam juga mencakup unsur unsur yang melintasi lautan Atlantik langsung dari inggris . Whitten dalam studi mengenai “ ilmu gaib ( occultisme ) jahat “ dicaralina utara “ kagum dengan terhadap pengembangan praktek praktek ilmu gaib kontemporer tersebut .

pengobatan rakyat Amerika-Spayol pengobatan rakyat Amerika-Spayol berbeda dengan studi tentang pengobatan rakyat ero-amerika maupun pengobatan rakyat kulit hitam. studi itu lebih banyak dilakukan oleh ahli-ahli antropologi dari pada ahli-ahli Folkor

PENGOBATAN RAKYAT AMERIKA DIPANDANG SEBAGAI ETNOMEDISIN Etiologi dikotomi personalistik naturalistik cocok bagi pengobatan rakyat Amerika maupun dalam sistem-sistem lainnya. Etologi-etiologi personalistik mencakup kepercayaan yang luas terhadap ilmu sihir, mata jahat, dan penyakit akibat hukuman Tuhan atau dosa-dosa yang diperbuat. Etiologi-etiologi naturalistik meliputi kepercayaan bahwa dingin dalam berbagacai cara menyebabkan penyakit, mungkin pula berbagai penyakit anak-anak yang umum, dan cedera akibat keseleo atau patah tulang(walaupun hal ini bisa pula akibat dari ilmu sihir.