PENERAPAN METODE EDUTAINMENT ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI Oleh : Muhammad Irham.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR KOMUNIKASI
Advertisements

Assalamualaikum Wr.Wb “MENENTUKAN TINGGI RENDAHNYA BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN”
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM DOKTOR ILMU PENDIDIKAN S U R A K A R T A 2011 Oleh : LUGTYASTYONO BN Tugas.
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS ASAS PEMBELAJARAN
Format Penilaian Peerteaching
Keterampilan Dasar Mengajar
TEORI BELAJAR.
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan (Pakem)
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan (Pakem)
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Metode Pembelajaran (Ceramah, Ekspositori, Demonstrasi, Drill dan Latihan, Tanya Jawab) Kelompok 6 : Febi Putri Rahmadini Fuji Rahayu Wulandari.
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
KETERAMPILAN MENJELASKAN
PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI SAINS DI KELAS VI SDN …….. BY.
Pembentukan Sikap Dan Tingkah Laku
Menyusun Proposal PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research) Oleh: Drs. Khaerudin, M.Pd.
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
Dampak Modernisasi Bagi Keluargaku
MEDIA PEMBELAJARAN Sri Wanty Ridwan ( ) Mata Kuliah :
STKIP-PGRI Banjarmasin
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
SISWA KELAS X SMKN 3 KUDUS
Keberhasilan belajar dan mengajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
PERTEMUAN 9 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
STRATEGI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Teori Belajar Humanistik
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
STATE UNIVERSITY OF MALANG
Konsep CBSA.
MOTIVASI BELAJAR Fungsi Motivasi Dalam Belajar Fungsi Motivasi
Penerapan model pembelajaran
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
MOTIVASI BELAJAR Fungsi Motivasi Dalam Belajar Fungsi Motivasi
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Keterampilan Dasar Mengajar
MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN PESERTA DIDIK OLEH KEPALA SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Sufyan,
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
3 Keterampilan Dasar Bertanya
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
PSIKOLOGI PENDIDIKAN Secara Etimologis psikologi berasal dari kata Yunani “psyche” yang berarti jiwa atau nafas hidup, dan “logos” atau ilmu. = ilmu yang.
Keterampilan Dasar Mengajar
Menuju Pembelajaran yang “PAKEM”
SENI MENGAJAR GURU MATEMATIKA IDAMAN SISWA
Model problem based learning
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Pengasuhan Anak Usia Sekolah Dasar PERTEMUAN 8
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
SMPN I SUKARAJA SUKABUMI TAHUN 20
“UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAJAR MENUJU GURU PROFESIONAL”
Persiapan Guru sebagai Fasilitator dalam Memberikan
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
Natanael Dwi Nugroho Metode demonstrasi.
MOTIVASI BELAJAR Fungsi Motivasi Dalam Belajar Fungsi Motivasi
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MOTIVASI BELAJAR A.Fungsi Motivasi Dalam Belajar 1.Motivasi adl. Sesuatu yang paling mendasar yang harus ada dalam proses belajar karena hasil belajar.
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
Dalam proses pembelajaran siswa cenderung diam dan siswa hanya mendengar apa yang dijelaskan oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa akan mudah lupa tentang.
Kerangka Proposal Penelitian Penerapan Model Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas X MIPA.
TELA’AH KURIKULUM. A.Metode Tanya Jawab Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid.
Transcript presentasi:

PENERAPAN METODE EDUTAINMENT ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI Oleh : Muhammad Irham

Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan persoalan penting bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam hal ini sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan tempat terjadinya proses pembelajaran yang diusahakan dengan sengaja untuk mengembangkan kepribadian dan segenap potensi siswa sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku akibat dari interaksi dengan lingkungannya. Perubahan tersebut menyangkut perubahan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Hasil belajar dapat dikatakan membekas atau konstan, jika perubahan yang terjadi akibat proses belajar tahan lama dan tidak terhapus begitu saja. Proses pembelajaran akan lebih efektif dan bermakna apabila siswa berpartisipasi aktif, Tetapi sampai saat ini masih banyak terdengar keluhan bahwa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi yang dinilai membosankan, tidak menarik, memusingkan yang cenderung membuat siswa menjadi kurang merespon saat pelajaran berlangsung.

Metode edutainment atau permainan yang bersifat menghibur akan sangat membantu dalam mengatasi kejenuhan dan kepasifan siswa dalam belajar. Dengan digunakannya metode edutaintment di dalam proses pembelajaran, materi yang disampaikan dalam pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Pembelajaran dengan metode edutainment dapat merangsang siswa untuk lebih merespon dalam proses pembelajaran. Dengan digunakannya metode edutainment dalam pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa belajar juga akan meningkat. Oleh karena itu dipandang perlu untuk menerapkan metode edutainment untuk meningkatan respon siswa.

Rumusan Masalah Faktor apa sajakah yang dapat berpengaruh dalam kegiatan belajar? Bagaimana mengatasi kurangnya respon siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan metode edutainment?

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar Pembelajaran Faktor intern Faktor jasmaniah Faktor psikologi Faktor kelelahan Faktor ekstern Faktor keluarga Faktor sekolah Faktor masyarakat,

Respon Siswa : Menurut Panen Paulina (2002 : 112), respon adalah perilaku yang lahir sebagai hasil masuknya stimulus ke dalam pikiran seseorang. stimulus Obyek dan subyek lain Pikiran individu respon

Jenis-jenis respon Respon Visual (penglhatan) Respon Auditif (pendengaran) Respon Olfaktorik (penciuman) Respon Gustative(pengecap) Respon Taktil (peraba) Respon Motorik (gerak)

Edutainment metode edutainment adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan alat peraga untuk menarik perhatian siswa dan membuat suasana belajar yang membosankan menjadi menyenangkan, interaktif dan kompetitif sehingga siswa akan lebih mudah memahami dan proses belajar mengajar akan lebih cepat.

Ada tiga asumsi yang menjadi landasannya, yaitu : Pertama, perasaan positif (senang/gembira) akan mempercepat pembelajaran, sedangkan perasaan negatif seperti sedih, takut, terancam dan merasa tidak mampu, akan memperlambat belajar kedua, jika seseorang mampu menggunakan potensi nalar dan emosinya secara jitu, maka ia akan dapat membuat loncatan prestasi belajar yang tidak terduga sebelumnya. ketiga, apabila setiap pembelajar dapat dimotivasi dengan tepat dan diajar dengan cara yang benar. semua siswa akan dapat mencapai hasil belajar maksimal dan optimal

Prinsip yang menjembatani konsep edutainment menjembatani jurang yang memisahkan antara proses mengajar dan proses belajar berupaya agar pembelajaran berlangsung dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan menawarkan suatu sistem pembelajaran yang dirancang dengan satu jalinan yang efisien, menempatkan anak sebagai pusat dari proses pembelajaran

Alat peraga…. Adalah suatu media visual yang berupa alat benda konkrit yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk menguatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang suatu konsep.

Fungsi alat peraga Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir. Memperbasar perhatian siswa. Membuat pelajaran lebih menetap atau tidak mudah dilupakan. Memberi pengalaman yang nyata. Membantu perkembangan kemampuan berbahasa.

Jenis alat peraga ada dua macam yaitu : Alat peraga individual atau perorangan yaitu alat yang berfungsi dan digunakan oleh tiap-tiap siswa. Alat peraga klasikal yaitu alat yang dipakai oleh seorang guru atau seorang siswa untuk kepentingan seluruh kelas.

kesimpulan Proses pembelajaran melalui pendekatan Edutainment sebagai upaya peningkatan respon belajar siswa pada dasarnya akan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, hal ini kemudian berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan beberapa aspek. Yaitu: Mengerjakan soal ke depan kelas. Memberikan tanggapan. Mengeluarkan ide/tanggapan. Memafaatkan sumber belajar yang ada.

Saran Terhadap Kepala Sekolah Kepala sekolah hendaknya selalu memantau situasi pembelajaran di kelas agar dapat mengetahui masalah – masalah yang timbul selama proses pembelajaran berlangsung, serta bersama dengan guru berusaha mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Terhadap Guru Kelas Guru perlu mengoptimalkan pemanfaatan alat peraga yang sesuai untuk mempermudah penyampaian materi ajar. Siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran akuntansi dikelas dan berusaha membangun sendiri pengetahuannya terhadap suatu materi. Siswa hendaknya dapat menjalin hubungan baik dengan guru agar proses pembelajaran terasa nyaman dan menyenangkan.

Terima kasiiiiiiih…………. “..apa jadinya kehidupan jika kita tak memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru sama sekali ..’(vincent van gogh) Terima kasiiiiiiih………….