Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Islam “Spirit AL-MAUN dan Aktivisme Kemanusiaan Muhammadiyah” Rapat Kerja Nasional PP ‘Aisyiyah Lembaga Lingkungan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEPEDULIAN SOSIAL.
Advertisements

Kode Kehormatan Pandu HW
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X
Click to edit Master text styles –Second level Third level –Fourth level »Fifth level BAB VI MANAJEMEN BISNIS ISLAMI ekonomi.
EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN
RAHASIA KEHIDUPAN Seorang anak bertanya kepada ibunya:
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Program Pelatihan Dzikir Nafas
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Manusia dan Agama.
KELAS/SEMESTER : IX/GANJIL
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
KIPRAH MUHAMMADIYAH.
SPGDT SISTEM PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT TERPADU
Keperawatan Bencana.
MITIGASI DAN MANAJEMEN BENCANA
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
KEKUASAAN ADALAH AMANAH ALLAH S. W
Manusia dan Agama.
18 November 2013 Kafetaria FKUI Staf Ahli Pembinaan Internal- BPH-MPP FSI LEADERSHIP CAMP.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
BAB 5 K e r u k u n a n Antar Umat Beragama.
MITIGASI DAN PENANGANAN DARURAT BENCANA
ALAM dan LINGKUNGAN HIDUP
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Proses Manajemen Bencana
Roberthy Maelissa, dr., Sp.B., FINACS
KONSEP HUKUM ALAM Manusia, Ekosistem, harmonisasi dengan alam dan lingkungan kehidupan Oleh: Hafizh Budiman Irfan Aktori Abdillah.
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
IPTEK DARI SUDUT PANDANG UMAT ISLAM
BAB II HAKEKAT MANUSIA DALAM ISLAM
IMUNISASI MR.
BOROBUDUR (3) FAHMI BASYA
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
Hari Kiamat Deni, Ghassi and Kaylee.
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
DIDIK ANAK AGAR JANGAN SOMBONG!
IMAN KEPADA. KELOMPOK 2 Abdul Fattah Cepi supriatna M.Sahirly Ruslan Temi Juliana Khalid Thahaul.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
AKHLAQ Kebencanaan Tuntunan agama menyikapi bencana.
PENDAHULUAN DAN PENGANTAR FISIOTERAPI DISASTER
PENYULUHAN SOSIAL KESIAPSIAGAAN BENCANA
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
KEPERAWATAN GAWAT DARURAT
AKTUALISASI ISLAM BERKEMAJUAN DALAM DINAMIKA UMAT*)
SMPN 4 Mataram QANA’AH DAN TASAMUH Oleh : MAJID SAID, S.Pd.I.
Nabi Saw Abu Bakar R.a Umar R.a Ustman R.a Ali R.a (Perspektif Islam Mencari Figur Kepemimpinan Ideal Di Negara Demokrasi)
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
PROSES MANAJEMEN BENCANA
MITIGASI SIAGA BENCANA BERBASIS MASYARAKAT
LINGKUNGAN SEBUAH AMANAH
kepedulian  berasal dari akar kata peduli artinya memerhatikan atau menghiraukan sesuatu Kepedulian merupakan suatu sikap memperhatikan atau menghiraukan.
Keperawatan Bencana. 1. Apa yang dimaksud dengan Bencana, krisis dan situasi darurat ? 2. Sebutkan jenis-jenis bencana yang Anda ketahui (berdasarkan.
Pengantar Manajemen Bencana Sesi 1. Pengertian Bencana Peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.
Transcript presentasi:

Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Islam “Spirit AL-MAUN dan Aktivisme Kemanusiaan Muhammadiyah” Rapat Kerja Nasional PP ‘Aisyiyah Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Yogyakarta , 23 April 2016

“Inilah Surat Al Ma’un ayat 1-7, yang telah menggemparkan masyarakat terutama di kampung Kauman Yogyakarta, ketika Kyai Dahlan menafsirkan surat ini.”

Kyai Dahlan selalu berfikir, kalau agama Islam adalah agama yang benar, bahkan satu-satunya agama yang diterima Allah, mengapa sekarang ini para pemeluk agama Islam keadaannya bodoh, terbelakang bahkan terjajah

“Marilah kita sekarang mengajak para ulama mengakui bahwa ulama ‘us-suuk, ulama Dajjal ialah diri kita ini. Dan saya Ahmad Dahlan, termasuk ulama us-suuk yang merusak agama Islam....”

Fungsi Manusia Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." Tidak berbuat kerusakan Tidak menumpahkan darah

“Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa Sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?" (Al Baqarah : 33) “Dan Sesungguhnya Telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang Sempurna atas kebanyakan makhluk yang Telah kami ciptakan”.(Al Isra :70)

Akankah dia mendustakan agama ? Manusia sebagai khalifatullah fil ardl Manusia sebagai ciptaan yang paling sempurna Manusia mendapatkan kemuliaan Akankah dia mendustakan agama ?

Agama kuwi diamalke YATIM Yatim berakar kata ya-ta-ma yang mempunyai persamaan kata al fard atau al infirad yang artinya kesendirian. Jika merujuk Al Qur’an akan didapati bahwa yatim mempunyai pengertian kesendirian, kemiskinan dan kepapaan

Miskin berakar kata sa-ka-na yang berarti diam atau tenang, sehingga bisa diartikan orang miskin adalah orang diam karena sudah tidak berdaya, bukan hanya karena dia tidak berharta. Riya berasal dari kata ra’a yang berarti melihat. Secara harfiah, riya berarti mengatur sesuatu agar dapat dilihat oleh orang lain

Ma’un, terambil dari akar kata ma’unah yang berarti bantuan Ma’un, terambil dari akar kata ma’unah yang berarti bantuan. Kata al-ma’un berarti membantu dengan bantuan yang jelas, baik dengan alat-alat maupun fasilitas, yang memudahkan tercapainya sesuatu yang diharapkan Pemahaman seperti inilah yang telah mampu menggerakkan hati para murid Kyai Dahlan untuk bersegera mencari anak yatim dan orang miskin (tanpa ditanya agama mereka) dan segera dibantu agar mereka menjadi orang yang diperhatikan dan tidak lagi menjadi orang yang diam (tidak berdaya)

Implementasi Al Ma’un Th 1919 G. Kelud meletus dengan korban 5000, orang. Kejadian ini mengusik Soedjak untuk bergerak menolong secara serempak (organisasi). karena korban bencana alam adalah yatim (tidak terperhatikan) dan miskin (tidak berdaya). Inilah salah satu pemicu berdirinya PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem), yang kemudian berkembang dengan berbagai macam kegiatan.

Dinamika Spirit Al Ma’un Semangat al Ma’un terus mewarnai dinamika kegiatan Muhammadiyah di berbagai tingkatan. Meski tidak semuanya menggembirakan dan masih bersifat internal Letusan G. Agung 1963, telah mendorong Sidang Tanwir Muhammadiyah, untuk membentuk semacam satuan tugas. Tetapi hal ini tidak berkembang, karena bersamaan berbagai dinamika politik yang mewarnai perjalanan bangsa.

Tsunami Aceh 2004 Perisitiwa dahsyat ini telah menghentak Muhammadiyah. Secara cepat Muhammadiyah melakukan respon, serta tahap rehabilitasi-rekonstruksi. Musibah beruntun, Gempa Jogja 2006, Tsunami Jawa Barat, Gempa Padang 2007, telah meyadarkan Muhammadiyah dengan spirit Al Ma’un untuk berbenah sekaligus membantu para korban sampai tahap pemulihan Pada tahun 2007 Muhammadiyah mendirikan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dengan semangat Al Ma’un

Kendala dalam berkiprah Pemahaman “kebencanaan” Pemahaman berkiprah dengan spirit Al Maun untuk kegiatan lintas agama Itu “warga non muslim”

Tahap Bencana Pra Bencana Tanggap darurat Rehabilitasi Mitigasi Siaga Bencana Tanggap darurat Pertolongan Pertama Mencegah perluasan bencana Rehabilitasi Rekonstruksi

Banjir Kota Ambon

Konflik etnis Lampung Membantu korban di kedua belah pihak Melakukan “pendekatan” di berbagai pihak Mengaktifkan AMM dan pihak PTM untuk melakukan kegiatan jangka panjang Kerjasama lintas lembaga dalam HFI

Konflik Syiah- SAMPANG Pendampingan anak-anak Di GOR Sampang

Spirit Al Ma’un Atau…. Kita akan termasuk orang yang mendustakan Agama Membantu “siapapun” yang tidak terpedulikan dan tidak berdaya Atau…. Kita akan termasuk orang yang mendustakan Agama