Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Event Handling di JAVA.
Komponen Antarmuka Grafis
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
GUI in Java.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Komponen Antarmuka Grafis
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
Komponen Antarmuka Grafis
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Louis Bertrand Secondra
PBOL Dewi Kusumaningsih
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI Event Handling.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Pemilihan Tipe Windows
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Andy Wisnu Wardana S.Kom
Pemrograman Visual Java
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pemrograman Berorientasi Obyek
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Transcript presentasi:

Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface) Pemprograman Berorientasi Objek Khairul Anwar Hafizd khairul.anwarhafizd@gmail.com

Introduction to GUI Interface berfungsi sebagai sarana bantu agar user dapat berinteraksi dengan program User dapat berinteraksi dengan program aplikasi modern yang menggunakan komponen grafis seperti window, button, textbox, dan menu. Sulit untuk menulis sebuah aplikasi GUI dari awal. Sebagian besar telah dilakukan dalam satu set kelas yang disebut Swing. GUI (Graphic User Interface ) Interface yang digunakan dalam bentuk grafik

Swing dan AWT GUI terdiri dari graphical components, seperti: Windows Buttons Menus Text fields Komponen Swing didasarkan pada kelas-kelas fundamental dari Application Windowing Toolkit (AWT). AWT juga terdiri dari beberapa komponen lama yang sudah tidak digunakan

Events Aplikasi GUI menunjukkan kepada user antarmuka grafis yang mengandung beberapa komponen grafis. User mengontrol aplikasi dengan berinteraksi melalui komponen grafis, seperti: Mengklik pada tombol untuk memilih program opsi. Membuat pilihan dari menu. Memasukkan teks dalam kolom teks. Menyeret scroll bar. Tindakan seperti mengklik sebuah tombol disebut sebagai Event.

Event-driven Programming Ketika memberikan action pada komponen GUI, maka kita telah membuat event. Pada event-driven programming, program akan merespon event tersebut. Urutan kejadian ditentukan oleh user, bukan program. Pada console programming, user akan merespon apa yang terdapat pada prompt. Urutan kejadian ditentukan oleh program.

Responding to Events User berinteraksi dengan aplikasi GUI dan menyebabkan Event. Aplikasi merespond berdasarkan urutan permintaan yang datang. Setiap kali pengguna berinteraksi dengan komponen, event dikirim ke aplikasi. Berbagai aktivitas dikirim ke berbagai bagian aplikasi.

Three Parts of a GUI Program Program GUI memiliki tiga bagian: Graphical Components : membentuk antar muka pengguna dalam bentuk grafis (object Swing). Listener methods : menerima event dan meresponnya. Application methods : melakukan pekerjaan (komputasi) yang berguna bagi user. Menerima data dari GUI, mengirim data hasil olahan ke GUI yang akan ditampilkan, dan biasanya tidak lepas dari user interface

Real-world Interfaces Radio Graphical Components ? Listener Methods ? Application Methods ?

Container Classes Program GUI terdiri dari kumpulan komponen grafis yang semuanya ditempatkan di dalam satu atau lebih window. Komponen-komponen GUI berada di dalam window. Container adalah obyek yang dapat berisi komponen GUI lainnya. Pada terminologi JAVA, window adalah sebuah container. Button, slider, icon dan komponen GUI lainnya selalu dimasukkan ke dalam Container.

Frames Pada Java, Frame merupakan window yang memiliki border, beberapa button perintah yang ada di bagian atas, dan fitur lain Window yang biasanya kalian ketahui, di java dikenal dengan Frame

Beberapa komponen utama dalam GUI adalah: Containers: merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya. Canvas: merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat program grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dll. User Interface (UI) components: contohnya adalah buttons, list, simple popup menus, check boxes, text fields, dan elemen lain. Komponen pembentuk window: seperti frames, menu bars, windows, dan dialog boxes.

Komponen Dasar User Interface dengan Swing Berikut adalah beberapa komponen dasar antarmuka pengguna (user interface) yang disediakan oleh Swing: Top level containers: adalah container dasar untuk meletakkan komponen-komponen lain. Contohnya adalah JFrame, JDialog, dll. Intermediate level containers: merupakan container perantara. Umumnya digunakan hanya untuk meletakkan atau mengelompokkan komponen-komponen yang digunakan, baik itu container atau berupa atomic component. Contoh dari Intermediate level container adalah JPanel (panel). Atomic component: merupakan komponen yang memiliki fungsi khusus. Umumnya pengguna langsusng berinteraksi dengan komponen ini. Contohnya adalah JButton (tombol), JLabel (label), JTextField, JTextArea (area untuk menulis teks),

Istilah Penting pada GUI Container Komponen GUI Event Dialog Layout Menu

Istilah Penting pada GUI Container Wadah untuk meletakkan komponen- komponen GUI. Komponen GUI Button, text edit, radio button , dll Menu Bar Frame Content pane

Komponen GUI Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain: Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem Combo box: JCombobox List: JList Menu: JMenu, J MenuItem Label: JLabel Text Field:JTextField Tabel : JTabel

Komponen GUI Event : Sinyal yang dibangkitkan untuk merespon aksi dari user. Contoh: aksi dari klik mouse/ keyboard Aksi tsb akan ditangani oleh Event Handler Dialog Sebuah Window kecil untuk menampilkan info sederhana pad user

Komponen GUI Layout Sebuah window utama dapat terdiri dari beberapa komponen yang dapat disesuaikan dengan layout Menu Adalah sekumpulan perintah yang dapat dipilih user untuk menjalankan perintah tertentu. Menu dibuat untuk memudahkan user mengetahui fasilitas yang tersedia pada suatu program.

Frame

Dialog

Border Layout BorderLayout merupakan default manager untuk ContentPane.

Flow Layout FlowLayout adalah layout yang menyusun komponen dari kiri ke kanan, selanjutnya ke baris berikutnya. Jika ukuran windows diperbesar ukuran komponen pada FlowLayout tidak berubah.

Box Layout Layout jenis ini meletakkan komponen-komponen dalam satu baris atau satu kolom saja.

Card Layout Card Layout menampilkan container-container/panel-panel seperti tumpukan kartu. Hanya satu container yang akan tampil untuk satu waktu.

Grid layout Grid layout merupakan layout manager berbentuk grid. Semua komponen dalam layout ini memiliki ukuran yang sama.

Grid bag layout adalah pengaturan layout yang dapat digunakan untuk meletakkan komponen secara bebas. Setiap komponen dapat menempati ukuran yang berbeda dengan komnponen lainnya.

Spring Layout Ini adalah pengaturan tata letak yang sangat fleksibel, dan dapat meniru fitur-fitur layout manager yang lain. Pada layout ini, ukuran komponen dapat berubah-ubah secara ototmatis jika ukuran window diubah.