Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Advertisements

DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)
Teknik Sistem Informasi Industri
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
 Model-model yang akan dibahas berikut ini merepresentasikan user pada saat mereka berinteraksi dengan interface sistem.  Model ini menyertakan aspek.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Teori, prinsip dan pedoman IMK
Dialogue Notations and design
Dialogue Notation and Design
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
CSCW dan Ubiquitous Computing
Interaksi Manusia Komputer
Presentasi dan properti leksikal MODEL PENGGUNA KOGNITIF
Perancangan Sistem L. Erawan.
Komunikasi Efektif Agus Triyono.
KONSEP USER INTERFACE.
1.VANDA WIDYA YUNI RAHMAWATI
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
KOMUNIKASI.
Model pengguna (Kognitif)
TEKNIK PRESENTASI 19-Nov-17.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Teori, Prinsip dan Pedoman
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 11 Model Kognitif.
Presentasi dan properti leksikal MODEL PENGGUNA KOGNITIF
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip, dan Pedoman
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
DAN PERANCANGAN DIALOG
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Teori , Prinsip, dan Pedoman
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan Kesepuluh Model kognitif
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
User & Task Analysis ALGHIFARI HERLAMBANG AHMAD SYAWLANA SHARADINAH MUNISAH.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Model pengguna (Kognitif)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Ragam Interaksi.
Model pengguna (Kognitif)
Interaksi Manusia Dan Komputer
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
KOMUNIKASI EFEKTIF -Pengantar Psikologi-. 2 *Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dari si pengirim ke si penerima. *Suatu ide, tidak peduli.
Transcript presentasi:

Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK By : Nethia Zahra Pohan 4 Teknik Sistem Informasi

Pertanyaan No. 16 Sebut dan jelaskan model-model kognitif ( cognitive) yang merepresentasikan pengguna dalam sistem interaktif?

Jawaban Pertanyaan No.16 Model Kognitif dibagi dalam kategori berikut : Representasi hirarki tugas(task) user dan struktur goal : terkait dengan isu formulasi tujuan dan tugas Model linguistik dan gramatik : terkait dengan grammar dari translasi artikulasi dan bagaimana pemahamannya oleh user Model tingkat device dan fisik : terkait dengan artikulasi tingkat motorik manusia dan bukan tingkat pemahaman manusia Arsitektur kognitif : dasar dari semua model kognitif

Hirarki Tugas dan Goal Contoh model dari Hiraarki Tugas dan Goal, yaitu: GOMS (Goals, Operator, Method and Selection) CCT (Cognitive Complexity Theory)

GOMS(Goals, Operator, Method and Selection) Deskripsi model GOMS terdiri dari 4(empat) elemen, yaitu : Goal, adalah tujuan yang ingin dicapai oleh user Operator, merupakan level terendah analisis terdiri atas tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan sistem

GOMS(Goals, Operator, Method and Selection) lanj. Methods. Seperti yang telah dijelaskan bahwa ada beberapa cara untuk membagi tujuan ke dalam beberapa sub-tujuan. Dekomposisi tujuan tersebut disebut sebagai methods. Contoh :

GOMS(Goals, Operator, Method and Selection) lanj. Selection, merupakan pilihan terhadap metode yang ada. Sebagai contoh, user Sam tidak pernah menggunakan L7-METHOD kecuali jika dia memainkan sebuah game yang bernama ‘blocks’. Maka GOMS memasukkan dalam aturan selection : User Sam : Rule 1 : Use the CLOSE-METHOD unless another rule applies Rule 2 : if the application is ‘blocks’ use the L7- METHOD

CCT (Cognitive Complexity Theory) CCT memiliki 2(dua) deskripsi paralel : User goal, Berhubungan dengan aturan produksi. Aturan tersebut berbentuk IF <kondisi> THEN <aksi> dan dipisahkan antara aturan untuk pemula dan yang sudah ahli 2. System atau device, Berhubungan dengan jaringan transisi tergeneralisasi yang sangat detail. Terdapat deskripsi yang luas dan jaringan transisinya mencakup semua model dialog.

Model Linguistik Interaksi user dengan komputer dapat dipandang dari sisi bahasa(language) Representasi (Model) dari pendekatan linguistik : Backus-Naur Form (BNF) Suatu notasi yang sangat umum dalam ilmu komputer yang merupakan pandangan sintaktik murni dari dialog yang terbagi menjadi : Terminal Tingkat terendah dari perilaku user dituliskan dengan huruf kapital, misal : CLICK-MOUSE, MOVE-MOUSE Non Terminal Merupakan tingkat yang lebih tinggi dari abstraksi dituliskan dengan huruf kecil, misal : select-menu, position-mouse

Model Linguistik lanj. Task-Action Grammar (TAG) TAG lebih menekankan kepada konsistensi yang dibuat lebih jelas dengan parameter aturan tata bahasa sedangkan non-terminal dimodifikasi agar dapat menampung fitur-fitur semantik tambahan.

Model Tingkat Device dan Fisik Model ini berdasarkan pada pengetahuan empiris dari sistem motorik manusia. Tugas pengguna adalah akuisisi kemudian dieksekusi. Model fisik dan perlatan hanya berhubungan dengan eksekusi yang saling melengkapi dengan hirarki tujuan, contoh : Keystroke Level Model (KLM – model level penekanan kunci).

Model Tingkat Device dan Fisik lanj. Pada KLM terdapat fase eksekusi operator, yaitu : Motorik fisik, terdiri : K-keystroking : keyborad P-pointing : memindahkan mouse ke target B-pressing : menekan tombol mouse H-homing : memindah tangan antara mouse dan keyboard D-drawing : menggambar garis dengan mouse Mental – Mental Preparation : persiapan mental menghadapi aksi fisik System – R-response : respons sistem waktu

Arsitektur Kognitif Pada model arsitektur kognitif, prediksi dan pemahaman terhadap kesalahan merupakan fokus dari analisis yang dilakukan.

Pertanyaan No. 17 Jelaskan beberapa masalah organisasional yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi yang harus diperhatikan secara cermat dalam pendesainan suatu sistem?

Jawaban Pertanyaan No. 17 Sumber Daya Manusia Sumber Daya Manusia khususnya adalah pengguna dari sistem yang akan dibuat. Kunci awal dari penerapannya adalah kemauan pengguna untuk menerima sistem tersebut.

Jawaban Pertanyaan No. 17 lanj. Persepsi akan Manfaat Teknologi Pengalaman baik pengguna akan sistem sejenis akan mempengaruhi persepsi pengguna terhadap teknologi baru yang disediakan begitu juga sebaliknya. Jika pengguna pernah mengalami pengalaman buruk dengan sistem sejenis ataupun edisi yang sebelumnya, ada baiknya untuk menanyakan keinginan user pada sistem tersebut yang dapat merubah pemikirannya terhadap sistem itu menjadi positive.

Jawaban Pertanyaan No. 17 lanj. 3. Kemudahan yang diterima pengguna ketika memakai sistem. Beberapa faktor dibawah ini dapat digunakan untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kemudahan menggunakan sistem: Menggunakan sistem tidaklah menyulitkan pengguna Pengguna merasa yakin bahwa mudah untuk mengerjakan apa yang diperlukan dengan sistem yang tersedia. Pengguna merasa yakin bahwa belajar menggunakan teknologi tidaklah memerlukan usaha yang keras.

Pertanyaan No. 18 Mengapa bekerja kelompok itu lebih kompleks daripada bekerja dengan satu orang?

Jawaban Pertanyaan No.18 Berikut penyebab mengapa bekerja kelompok itu lebih kompleks daripada bekerja dengan satu orang : Peran dan hubungan di dalam kelompok dapat berubah secara dramatis dalam suatu kurun waktu saat melaksanakan suatu pekerjaan. Nama peran seseorang dapat menimbulkan masalah, mis. seorang disebut penulis buku tapi sebenarnya ia hanya memberikan ide dan komentar tapi tidak menulis satu kata pun. Anggota dan struktur kelompok juga dapat berubah setiap saat. Dengan keluar atau masuknya anggota dalam kelompok dapat mengubah perilaku kelompok.

Jawaban Pertanyaan No.18 lanj. Anggota kelompok yang baru memiliki masalah khusus dalam beradaptasi dengan budaya kelompok Perancang groupware harus menyadari bahwa anggota baru dapat masuk dalam kelompok dan mendesain software sesuai dengan kelompok. Kelompok dapat dibagi dalam beberapa sub- kelompok yang bekerja secara mandiri dan kemudian membagikan hasilnya kepada sub- kelompok lainnya

Pertanyaan No. 19 Ada 3 komponen dalam melakukan komunikasi ( communication), yaitu kata- kata ( words),gerak tubuh ( gesture) dan hati ( heart, emotion). Jelaskan proporsi relatif dari ketiga komponen tadi, dan mengapa demikian?

Jawaban Pertanyaan No.19 Menurut Harley Prayudha pada artikel yang dimuat dalam Note Facebook yang berjudul TUGAS 2 (PERSIAPAN PRESENTASI) FE-UNJANI 2009 Penggunaan kata merupakan basis komunikasi, tetapi dalam kenyataannya keberhasilan dalam pembicaraan tidak hanya ditentukan dari penggunaan kata saja, tetapi justru penggunaan nonkata. Bicara di depan umum yang berhasil seharusnya memenuhi persentase kontribusi sebagai berikut : 7% :penggunaan kata 38% : penggunaan nada dan suara 55% : penggunaan ekspresi muka, bahasa tubuh, dan gerakan tubuh

Jawaban Pertanyaan No.19 lanj. Penjelasan : Pemilihan kata: Kata-kata yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan taraf pendengar, begitu juga penggunaan istilah. Sadari bahwa penggunaan kata-kata yang tidak tepat akan menimbulkan masalah. 2. Teknik penyampaian : Tidak banyak orang yang mampu menyampaikan berita dengan efektif. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan berita, antara lain: • Gunakan ekspresi dan intonasi yang tepat. • Diam sejenak untuk membantu peserta agar dapat mencerna materi yang sudah diterima. • Bicara dengan jelas dan teratur. • Bicara dengan volume memadai.

Jawaban Pertanyaan No.19 lanj. 3.Bahasa tubuh: Di samping penyampaian dengan menggunakan kata, maka kesuksesan dalam pembicaraan justru bergantung pada hal yang non kata, seperti: gerakan tubuh, tangan, kontak mata, cara berdiri, dan ekspresi muka. Jangan terpaku di satu tempat seperti patung atau sibuk membaca catatan.

Pertanyaan No. 20 Sebenarnya apa sih interaksi manusia dan komputer itu? Jelaskan pendapatmu!

Jawaban Pertanyaan No. 20 Interaksi manusia dengan komputer itu adalah ilmu yang mempelajari mengenai desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer untuk digunakan oleh manusia dengan mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahan bagi manusia itu sendiri, khususnya orang-orang yang menggunakan sistem yang akan dibuat.

Referensi Wisnu Wijaya, Stevanus, Kajian Teoritis Technology Acceptance Model Sebagai Model Pendekatan Untuk Menentukan Strategi Mendorong Kemauan Pengguna Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Subakti Irfan, M.Sc.Eng, Interaksi Manusia dengan Komputer Prayudha, Harley, TUGAS 2 (PERSIAPAN PRESENTASI) FE- UNJANI 2009(Note Facebook)