Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Bonang Waspadadi Ligar, S.Si, MMSI
Pengambilan keputusan Apa itu pengambilan keputusan? memilih alternatif terbaik dari dua atau lebih solusi.
Intinya adalah membantu membuat keputusan yang lebih baik. Apa itu SPK? Suatu sistem berbasis computer, yang membantu penggunanya dalam mengambil keputusan. Intinya adalah membantu membuat keputusan yang lebih baik.
Keputusan yang lebih baik Rasio antara Kecepatan dengan Kualitas Kualitas Cepat
Pengambilan keputusan dan Pemecahan Masalah Apa itu masalah? Suatu kondisi yang tidak diinginkan perbedaan antara hasil yang diinginkan dan kenyataan
Pengambilan keputusan dan Pemecahan Masalah Apakah pengambilan keputusan = Pemecahan masalah? Problem Solving Alternatif Solusi Decision Making Implementasi solusi
Kapan masalah terjadi? Masalah terjadi jika sebuah sistem: Tidak memenuhi tujuan yang telah ditetapkan Hasil tidak sesuai dengan yang telah diperkirakan/diprediksi Tidak bekerja seperti yang direncanakan
Model Model adalah representasi sederhana dari kenyataan / dunia Sebuah bagian penting dari SPK Kenyataan terlalu rumit untuk dijelaskan Kerumitan tersebut terkadang tidak relevan untuk memecahkan sebuah masalah spesifik Model dapat mewakili sebuah sistem/masalah dalam berbagai tingkat abstraksi/ tingkat ketidakjelasan
Jenis-jenis model berdasarkan tingkat abstraksi/ketidakjelasan Iconic (Scale) Model Analog Model Mental Model Tak jelas Mathematic (Quantitative) Model
Iconic (Scale) Model Replika fisik dari sebuah sistem Memiliki skala yang berbeda dari yang original Bisa berbentuk 3-D atau 2-D
Analog (Schematic) Model Representasi simbolis dari kenyataan Tidak berbentuk persis seperti kenyataan, namun menggambarkan perilaku sistem Berbentuk diagram, bagan, grafik Bisa berbentuk fisik
Analog (Schematic) Model
Mental Model Kerangka berpikir seseorang mengenai dunia nyata Apa yang orang percaya benar, bukan apa yang sebenarnya berlaku. Memungkinkan seseorang untuk memprediksi hasil dari tindakannya. Terbentuk melalui proses belajar dan dari pengalaman
Mental Model
Mathematical Model Penggambaran dunia nyata dalam bahasa matematis Kompleksitas sistem tak dapat direpesentasikan dengan Iconic atau Analog. Kalau pun bisa menghabiskan waktu dan sulit. Menggunakan symbol, ekspresi, rumus matematika.
Mathemetical Model
Mathemetical Model
Keuntungan menggunakan model Mudah di Manipulasi Mempersingkat waktu Biaya lebih murah Kerugian pada waktu trial and error lebih sedikit Memperhitungkan resiko/ketidakpastian Evaluasi terhadap banyak alternative Memacu proses pembelajaran dan pelatihan
Proses Pengambilan Keputusan (Simon)
Identifikasi masalah Fase Intelligence Seringkali gejala dianggap sebagai masalah utamanya Gejalanya dicarikan solusi, namun masalah utamnya tidak teratasi.
Fase Intelligence
Menentukan Alternatif Solusi Fase Design Menentukan Alternatif Solusi
Fase Design Membuat Model Optimasi Satisficing / Cukup Heuristik
Fase Choice Memilih Solusi
Fase Implementation Menerapkan Solusi
Dukungan DSS bagi keputusan
Terima Kasih