Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E
Advertisements

Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Review Pertemuan 12 (Terakhir).
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
ACTIVITY DIAGRAM.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Activity Diagram. High Level Low Level Problem Space Ideas & Concepts Solutian Space Problem Domain Solution Domain UML Menangkap & mendeskripsikan pemahaman.
PERTEMUAN KE-12 ACTIVITY DIAGRAM.
Interaction Diagram.
Analisa dan Perancangan Sistem
Teknik Pemodelan Sistem Informasi (3 SKS) Aktivity Diagram
Architecture dan design
Sequence diagram.
Activity Diagram.
SEQUENCE DIAGRAM.
Desain Berorientasi Obyek dan UML
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Hernando Ivan Teddy, S.Kom
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Flowchart.
Oleh: Sri Herawati, S.Kom
Activity diagram Oleh: Ahmat Adil.
1 Pengantar Apa itu software BPR ? Suatu tools untuk menangkap (capture) proses bisnis melalui pemodelan, analisis, redesain dan menyusunnya dalam suatu.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Soal Kuis I PSBO.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (3 SKS) Aktivity Diagram
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
Activity Diagram.
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Bekerja Activity Diagram
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Activity Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Activity diagram.
Ujian Akhir Semester (UAS)
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
Pemodelan Sistem Bisnis
Pertemuan 2 METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
Soal PSBO Pert.1-6.
Pertemuan 10 UML Diagram Sequential
Activity diagram.
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
REVIEW UML.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
Unified Modelling Languange (UML)
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Bab 5 activity diagram.
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK AGUS WAHYUDDIN, ST, M.KOM
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Activity Diagram.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Pertemuan 14 UML Diagram State
Object-Oriented Analysis (OOA)
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
ACTIVITY DIAGRAM Hasanudin, M.T.I. Activity Diagram Diagram yang menggambarkan berbagai aliran aktivitas dalam sebuah sistem yang sedang di rancang dan.
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM Diagram Activity Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM

Pendahuluan Dalam UML, diagram activity digunakan untuk menampilkan rangkaian kegiatan. Diagram activity menunjukkan alur kerja dari suatu titik awal ke titik finish keputusan merinci banyak jalur yang ada dalam perkembangan peristiwa yang terkandung dalam kegiatan. Diagram activity berguna untuk model bisnis di mana mereka digunakan untuk membuat rincian proses yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Proses bisnis adalah sekumpulan tugas-tugas terkoordinasi untuk mencapai sasaran bisnis.

Latar Belakang Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane.

Pemodelan Diagram Activity Secara grafis digunakan untuk menggambarkan rangkaian aliran aktivitas baik proses bisnis maupun use case. Diagram Activity dapat digunakan untuk memodelkan action yang akan dilakukan saat sebuah operasi dieksekusi, dan memodelkan hasil dari action tersebut. Activity decomposition digunakan untuk menyederhanakan diagram, seringkali dilakukan dekomposisi aktivitas.

Activity Diagram dipakai dengan cara : Memodelkan workflow Fokus pada aktivitas seperti yang dilihat oleh aktor pada use case diagram Memodelkan operasi Mirip cara kerja flowchart untuk memperjelas use case Text (Skenario)

Notasi

Pemodelan Diagram Activity Transitions Ketika sebuah aktivitas atau state selesai, maka flow control berganti ke aktivitas atau state berikutnya, dinotasikan dengan garis lurus dan anak panah. Branching, yaitu : Jalur alternatif sesuai dengan kondisi boolean, dinotasikan dengan diamond, boleh memiliki lebih dari 3 outgoing node, disetiap outgoing node tambahkan boolean expression. Branching, yaitu : Jalur alternatif sesuai dengan kondisi boolean, dinotasikan dengan diamond, boleh memiliki lebih dari 3 outgoing node, disetiap outgoing node tambahkan boolean expression

Pemodelan Diagram Activity Partitions : Untuk bisa melihat siapa yang bertugas melakukan sebuah proses, activity diagram bisa dipartisi. Pada UML 1, partisi hanya bisa dilakukan secara satu dimensi (swim lane atau nodebased),sedangkan untuk UML 2, partisi bisa dilakukan grid dua dimensi. Object Flow : Sering kali obyek terlibat dalam flow control. State dari sebuah obyek disebut kan diantara kurung kurawal. Transisi object flow digambarkan dalam garis putus-putus. Signal : Tanda untuk memulai sebuah aktivitas tidak harus melalui pemanggilan fungsi, tetapi juga bisa melalui sinyal, misalnya sinyal waktu atau kejadian lain yang bisa menjadi trigger.

Pemodelan Diagram Activity Flow dan Edge : UML 2 menggunakan istilah flow dan edge untuk menjelaskan hubungan antara 2 aktivitas terdapat 4 cara penggambaran. Pins dan Transformasi : Seringkali sebuah aktivitas memerlukan parameter, seperti pada fungsi Jika ingin ditampilkan, bisa menggunakan pin dan transformasi digunakan untuk konversi input parameter dan output parameter. Join Specification : Untuk memastikan bahwa dua atau lebih proses sudah selesai sebelum melanjutkan keproses selanjutnya, digunakan join specification Notasinya adalah semacam pipa.

Penggunaan

Tips menggambar Activity Diagram Kenali ruang lingkup dari activity diagram Awali dengan pengenalan apa yang sedang dimodelkan. Apakah sebuah use case tunggal? bagian dari sebuah use case? Sebuah proses bisnis yang memasukkan beberapa use case? sebuah metode tunggal dari sebuah class? Tambahkan titik awal dan akhir Setiap activity diagram Memiliki sebuah titik awal dan titik akhir. Dalam buku UML Distilled, Fowler dan Scott membuat titik akhir bersifat opsi.Terkadang sebuah aktifitas adalah sebuah jalan buntu, namun tidak ada salahnya jika dalam menyatakan transisinya cukup ke titik akhir. Dengan tetap menyatakan titik akhir, orang lain akan mengetahui bahwa Anda mempertimbangkan bagaimana untuk menyelesaikan aktifitas tersebut.

Tambahkan aktifitas Jika Anda memodelkan sebuah use case, perkenalkan sebuah aktifitas untuk setiap langkah utama yang diawali oleh actor (langkah inisial, dan beberapa langkah tanggapan sistem terhadap langkah inisialisasi tersebut). Jika anda memodelkan proses bisnis level tinggi, perkenalkan sebuah aktifitas untuk setiap proses utamanya (sebuah use case). Jika Anda memodelkan sebuah metode dari class, maka aktifitas yang ditunjukkan adalah tahapan dalam kode program. Tambahkan transisi dari aktifitas-aktifitas yang ada Beri label untuk setiap transisi secara tepat Tambahkan titik-titik keputusan Terkadang dalam aktifitas perlu pemanggilan keputusan untuk dibuat. Mungkin sesuatu yang perlu diperiksa ataudibandingkan dengan sesuatu lainnya. Catatan penting: pemakaian titik keputusan bersifat opsional Kenali kemungkinan untuk aktifitas paralel Dua aktifitas dapat terjadi secara paralel ketika tidak ada hubungan langsung antara mereka dan keduanya harus selesai sebelum sebuah aktifitas ketiga dilakukan.

Activity dengan Swimlane Activity diagram dengan swimlane merupakan sebuah cara untuk mengelompokkan activity berdasarkan actor (mengelompokkan activity dalam sebuah urutan yang sama), dimana actor dapat dituliskan nama actor ataupun sekaligus dengan lambang actor Diagram Swimlane pun dapat menotasikan objek atau subsistem yang mengimplementasikan tindakan, digambarkan secara vertikal Ketika tampilan activity diagram sudah tidak dapat memadai dalam sebuah halaman perlu dipecah ke halaman lain dengan connector.

Contoh