MENULIS SKENARIO KELAS FILM KARTUN BOX OFFICE

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Semuanya Indah Jangan Menangis Mama
Advertisements

3.
TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
SATU KATA dalam suatu TEAM WORK MENULIS LOGLINE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
SAHABAT DI MUSIM MERIAM Oleh Putri 7.1.  Saya memilih judul ini karena waktu jaman itu, ada sepasang sahabat yang benar-benar tinggal saat jaman meriam.
Memahami pementasan drama
CERPEN.
STRUKTUR FILM DAN UNSUR PEMBENTUK FILM
ATURAN ADAPTASI ATURAN : 1. ANDA TIDAK BERHUTANG APAPUN PADA TEKS ASLI 2. KALAU ADA BAGIAN YANG AKAN MENGHASILKAN CERITA BAGUS, BAGIAN TERSEBUT HARUS.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-5 M.SUYANTO
Menanggapi Pementasan Drama
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
SMART IN S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK M ENULIS LOGLINE M ENULIS LOGLINE A DA TUJUH PERTANYAAN POKOK A DA TUJUH PERTANYAAN.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
HIKAYAT.
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
BERBICARA Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita Membahas cerita pendek melalui kegiatan.
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE (Richard Krevolin)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Memperkenalkan cerita perjuangan bangsa Indonesia
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
ANGGOTA KELOMPOK BENI SUSANTO (06) DYAH AYU A. (12) PINTA IKAWATI (23)
SELAMAT SIANG Mari Bermain drama ! “Dunia ini panggung sandiwara
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE
MENULIS SKENARIO SEKOLAHKU
TEKS ANEKDOT.
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN
UNSUR-UNSUR SEBUAH RESENSI
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
" Si Minem Beranak Bayi" ? 1. Bagaimana kesan yang anda dapat dari penggambaran lingkungan alam di sekitar desa pada awal cerita? 2. Bagaimana kesan ini.
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
*STORYTELLING.
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
NARASI.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Prinsip, Strategi, Tata Cara dan Media Advokasi
Menulis skenario? Gampang, Kok!
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
SANGGAR SKENARIO SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN DALAM MENULIS
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
MENGOMENTARI BUKU CERITA YANG DIBACA
WACANA NARASI TUJUAN CIRI-CIR I LANGKAH MENULIS NARASI MENULIS NARASI POLAJENIS WACANA DESKRIPSI CIRI 2MACAM DESKRIPSI DESKRIPSI TAHAP PENULISAN WACANA.
MENULIS PARAGRAF NARASI
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
KETERAMPILAN BERBAHASA.
Analisa buku katak hendak menjadi lembu
REVIU FILM OLEH KELOMPOK 8.
Memahami Novel Remaja (Asli atau Terjemahan) Kelas VIII Semester II (Genap)
KETERAMPILAN BERBAHASA.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
CERITA FANTASI.
Rizky aulia brilianti, S.hum., m.si.
Transcript presentasi:

MENULIS SKENARIO KELAS FILM KARTUN BOX OFFICE M. SUYANTO www.msuyanto.com

Script writer, Creator dan Pembuat cerita. Creator adalah seseorang atau sekelompok orang yang menciptakan suatu cerita atau karya. Pembuat cerita adalah seseorang yang membuat alur cerita dan unsur-unsur cerita. Pembuat naskah (Scriptwriter) adalah Seseorang atau sekelompok orang yang bertugas untuk menulis dan mencatat naskah dalam sebuah film baik itu film biasa atau animasi..

ATURAN ADAPTASI ATURAN : ANDA TIDAK BERHUTANG APAPUN PADA TEKS ASLI KALAU ADA BAGIAN YANG AKAN MENGHASILKAN CERITA BAGUS, BAGIAN TERSEBUT HARUS DIPERTAHANKAN, KALAU TIDAK, HARUS DISINGKIRKAN TOKOH UTAMA MENGHADAPI BERBAGAI RINTANGAN BERAT UNTUK MENGGAPAI CITA-CITANYA

RAHASIA MENULIS SKENARIO SMART IN SATU KATA MENULIS SATU-DUA LOGLINE ADA TUJUH PERTANYAAN POKOK RAHASIA SKENARIO TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS INSYA ALLAH

PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA NOVEL YANG ANDA ADAPTASI MUNGKIN BERHUBUNGAN DENGAN BANYAK TEMA DAN PERISTIWA, TETAPI SKENARIO YANG ANDA TULIS DARI NOVEL TERSEBUT HARUS DITELITI KEMBALI DAN DIREDUKSI MENJADI SATU KATA.

MENULIS LOGLINE LOGLINE : PLOT YANG DITUANGKAN DALAM SEDIKIT MUNGKIN KATA-KATA PLOT (ALUR CERITA): SESUATU YANG LEBIH TINGGI DAN KOMPLEKS DARIPADA CERITA, MENGANDUNG UNSUR MISTERI, UNTUK MEMAHAMINYA MENUNTUK ADANYA UNSUR INTELGENSIA DAN KEJELASAN ANTAR PERISTIWA YANG DIKISAHKANNYA SERTA TIDAK SEKEDAR URUTAN TEMPORAL SAJA. CERITA : SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU, MISALNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR, MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA TEMA : MAKNA YANG DIKANDUNG OLEH SEBUAH CERITA

CARA MUDAH MENULIS LOGLINE SANGAT SERING SEBUAH CERITA DIMULAI DENGAN DUA KATA ”BAGAIMANA JIKA?” UNTUK MEMBANGUN CERITA DITAMBAHKAN DUA KATA LAGI ”DAN KEMUDIAN?”, MISALNYA: BAGAMANA JIKA SEORANG ANAK KECIL DITINGGAL KEDUA ORANG TUANYA DAN KEMUDIAN IKUT NENEKNYA YANG MISKIN DAN HIDUP DI DESA

CONTOH LOGLINE TRUE LIES : SEBELUM PRIA ITU MENGAKU, SANG WANITA SEHARUSNYA TELAH MENGETAHUI APA YANG DILAKUKAN TEMAN LAKI-LAKINYA ITU” CITIZEN KANE : KISAH JATUH-BANGUN JUTAWAN SURAT KABAR CHARLES FOSTER KANE

ADA TUJUH PERTANYAAN SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? (APA MASALAH UTAMA YNG DIHADAPI TOKOH UTAMA) SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? (SIAPA/APA YANG TERLIHAT ANTAGONIS) BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? (TEMA CERITA, UNSUR-UNSUR PEMADU FILM) BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? (SIAPA YANG HARUS MENGISAHKAN CERITA ITU) BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI?

PETUALANGAN ABDAN SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? ABDAN APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? ABDAN INGIN BERHASIL, MEMBAHAGIAKAN NENEKNYA SERTA HIDUP NORMAL SEPERTI ORANG-ORANG BIASA DAN INGIN MENGETAHUI MENGAPA IBU DAN AYAHNYA MENINGGALKANNYA SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? DONO, DITINGGAL KEDUA ORANG TUA, KELUARGA YANG MISKIN DAN HIDUP DI DESA (WAKTU DAN KESULITAN HIDUP) BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? BELAJAR DARI KEJADIAN ALAM, NASEHAT NENEKNYA, BERUSAHA KERAS DAN BERDOA APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? OPTIMISME, BERPIKIR POSITIF, BELAJAR DARI ALAM, SAYANG TERHADAP HORMAT KEPADA ORANG TUA, KESABARAN DAN DOA ADALAH KUNCI KESUKSESAN BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? DENGAN SUDUT PANDANG ORANG KETIGA, BEBERAPA FLASHBACK, DENGAN MUSIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENEKANKAN TEMA, ADEGAN DAN POLA BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI? ABDAN MENYADARI BAHWA USAHA DAN DOA SENJATA UNTUK MENGHADAPI MASALAH, JONO DAN MISKAN MENYADARI BAHWA BERTEMAN ITU DAPAT MENGATASI SEGALA RINTANGAN DAN DONO MENYADARI BAHWA MESKIPUN KAYA TIDAK DAPAT HIDUP TANPA TEMAN

Unsur-unsur Pemadu film DIAGRAM SCENE Latar belakang Judul dan Pengarang Unsur-unsur Pemadu film Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Awal Cerita Tema Titik balik Titik Tengah Titik Balik Klimaks

pergi meninggalkannya DIAGRAM SCENARIO Orang tua Abdan pergi meninggalkannya Petualangan Abdan karya M.Suyanto Alam semsta, Nasehat nenek Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Bermain Kenyataan hidup Rahasia Kehidupan Desa Banjarsari Bermain bersama ayah dan ibu Abdan bangun dari tempat tidur Abdan mencari ibunya Nenek bercerita tentang kedua orang tuanya Abdan bersedih dan menangis Abdan memukul- mukul pintu sambil menangis Nasehat nenek yang menenang kan Suasana desa yang indah di lereng gunung Wilis Usaha dan doa dapat mengalahkan segalanya Abdan bangun dari mimpi Abdan menemukan nenek dan bukan ibunya Abdan berlari menuju pintu sambil menangis Abdan menangis dipangkuan neneknya

SASARAN BABAK I MILIKI SEBUAH PREMIS YANG MENARIK, MEMILIKI KEKUATAN DAN SEGAR, ORANG YANG MENJUAL FILM HARUS MEMAKAI KALIMAT TUNGGAL DALAM MEMPROMOSIKANNYA PASTIKAN PEMBACA MEMIHAK TOKOH UTAMA DAN TOKOH PENDUKUNGNYA,SEBALIKNYA MEMBENCI MUSUH TOKOH UTAMA. ANDA ADALAH PERAJUT MIMPI JANGAN BANYAK MEMPERKENALKAN TOKOH BARU DALAM WAKTU YANG TERLALU CEPAT, MULAI CERITA DARI TOKOH UTAMA, IKUTI DIA DAN AKHIRI CERITA DENGAN DIA HARUS ADA SATU HAL YANG AMAT PENTING YANG DIPERTARUHKAN, ADA RESIKO BESAR PANCING PENONTON DENGAN MASALAH POKOK DALAM CERITA ANDA MASUKKAN KEJADIAN YANG MERANGSANG EMOSI PENONTON PERJELAS SASARAN TOKOH UTAMA, PERJELAN APA YANG MENYEBABKAN TOKOH UTAMA UNTUK MERAIHNYA CARILAH MOMEN YANG MENARIK YANG MEMBELOKKAN CERITA KE ARAH BARU, YANG MENGUBAH KEHIDUPAN TOKOH UTAMA DAN MENGANTARKAN KITA KE BABAK II GENRE FILM HARUS JELAS, TIDAK ADA RUANG UNTUK FILM KOMEDI HISTORIS SEKALIGUS ROMANTIS UNTUK REMAJA, DALAM SEBUAH FILM KOMEDI TIDAK BOLEH ADA BANYAK KEMATIAN, KECUALI KEMATIAN ITU LUCU.

SASARAN BABAK II BANGUN CERITA ANDA, AMBIL RESIKO DI BABAK I DAN TINGKATKAN, KONFLIK HARUS BERKEMBANG LEBIH KUAT DAN TAJAM. BALIKKAN HARAPAN-HARAPAN, HARUS MEMAKSA TOKOH UTAMA UNTUK MENGAMBIL RESIKO LEBIH BESAR BERIKAN RINTANGAN DAN KESULITAN YANG LEBIH TINGGI DAN MENANTANG YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN APA YANG IA INGINKAN. JANGAN MEMBOSANAKAN, JANGAN TERLALU BANYAK BICARA GUNAKAN KALIMAT RINGKAS BERMAKNA, UNGKAP KEDALAMAN JIWA TOKOH UTAMA MASALAH POKOK DALAM BABAK INI HARUS MENCERMINKAN SESUATU YANG DAHSYAT. JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN JANGAN MENULIS DIALOG SECARA BERLEBIHAN SANG TOKOH UTAMA HARUS MENDAPATI DIRINYA BERADA DALAM SITUASI LEBIH BURUK PADA AKHIR BABAK. DIA HARUS BERADA DI TITIK KRITIS TOKOH UTAMA ANDA HARUS MEMPUNYAI AGENDA YANG JELAS DAN JUGA TOKOH ANTAGONIS ANDA, SEHINGGA MEMPUNYAI SIMPANGAN (AMPLITUDO) YANG BESAR.

SASARAN BABAK III BABAK INI HARUS TERASA SEPERTI SUATU DESAKAN YANG MENGALIR BEGITU CEPAT MENUJU AKHIR CERITA, JANGAN SAMPAI TERJADI KESALAHAN JADIKAN MOMEN TERBESAR DALAM FILM ANDA SEBAGAI TITIK KLIMAKS, ANDA HARUS MENGETAHUI KLIMAKSNYA SEBELUM MENULIS SEKENARIO, MENULIS DARI BAGIAN AKHIR DAN KEMBALI KE BAGIAN AWAL (RAHASIA MENULIS SKENARIO) ANDA PERLU MEMILIKI KESADARAN DAN PENYELESAIAN, HAL YANG TAK MEMILIKI TUJUAN HARUS DIBUANG. PENYELESAIAN YANG JELAS ADALAH HASIL KEPUTUSAN POSITIF ATAS KRISIS YANG DIHADAPI DAN KEPUTUSAN TERSEBUT MEMBERI KEKUATAN PADA TOKOH UTAMA UNTUK MENGGAPAI SUKSES PADA KLIMAKS FILM. PASTIKAN ANDA MENDEFINISIKAN DENGAN JELAS ATURAN-ATURAN DUNIA ANDA, ADEGAN-ADEGAN DARI AWAL HINGGA AKHIR KONSISTEN JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN

TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS MISAL TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS ADA 50 ADEGAN POKOK, MAKA : BABAK I : 15 ADEGAN BABAK II : 25 ADEGAN BABAK III : 10 ADEGAN

INSYA ALLAH HANYA DENGAN IJIN ALLAH, KITA AKAN SUKSES MEMBUAT SCENARIO, KARENA SEGALA KEKUATAN HANYA MILIK ALLAH SEMATA.

SELAMAT MENJADI SMART SCRIPTWRITER