Pemrograman User Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Advertisements

Event Handling di JAVA.
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
Pemrograman Generasi Ke 4
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 4
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Perkembangan Pemrograman Perkembangan dari VisualBasic
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sejarah C – Martin Richard -> Bahasa Pemrograman BCPL 1970 – Ken Thomson (Bell Lab) -> Bahasa B yang membuat Unix.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Tutorial Matlab Ref : Analisa Numerik Tutorial Matlab Ref :
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Bina Sarana Informatika
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Interaksi Manusia dengan Komputer
Eprints UAD.
Graphical User Interface (GUI)
Pengenalan Visual Basic
KONSEP USER INTERFACE.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
PERANGKAT LUNAK Software.
Komponen teknologi informasi
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
B. Nebel, Univ. Freiburg, FAW
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pendahuluan.
Algoritma Pemrograman 2A
Dasar Komputer dan Pemrograman 2B Latifaturrachmaniah
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Pemrograman Generasi Ke 4
Blog : muningmini.wordpress.com
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Andy Wisnu Wardana S.Kom
Desain User Interface dengan Visual Basic
Pemrograman Generasi Ke 4
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pendahuluan.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Pengenalan Visual Basic
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Dialogue Notation & Design Part-2
TCP Socket Programming
Transcript presentasi:

Pemrograman User Interface

Bisa?

Jenis-jenis pemrograman High level (pascal, basic, cobol, fortran) Midle level (C) Low level (assambler)

Rapid Aplication Development Kebutuhan perangkat lunak berkualitas semakin meningkat Waktu pembuatan perangkat lunak semakin singkat Graphical User Interface (GUI) Menerapkan konsep-konsep RAD seperti OO, Visual Programming, Event-Driven Programming dan Client/Server Programming

Jenis-jenis pemrograman Pemrograman Konvensional (Conventional / Traditional Programming) Pemrograman yang berOrientasi pada Object (Object-Oriented Programming) Pemrograman Visual (Visual Programming) Pemrograman yang berbasis Event (Event-Driven Programming) Pemrograman Client-Server (Client/Server Programming)

Interface berbasis grafik Membutuhkan hardware yang relative lebih mahal dari interface berbasis teks GUI (Graphical User Interface) ----- WIMP (Window, Icon, Menu and Pointer) Direct Manipulation ----- WYSIWYG (what you see is what you get) Better Interface Design

Visual Computing Visual Programming Computer Graphics Algorithm Animation Scientific Visualization User Interfaces End User Languages

Definition Pemrograman Visual : Languages that use visual notations or “Diagrams” for expressing programming constructs,

Pemrograman Visual Reusable Components Time Saving GUI based interface Memiliki berbagai jenis komponen standard siap pakai (menu, buttons, ...) Pemrogram bisa mengembangkan komponen baru yang sesuai dengan kebutuhannya Time Saving Waktu development lebih singkat dibandingkan dengan pemrograman konvensional Pengembang sistem bisa lebih berkonsentrasi pada sistem, bukan pada teknik pemrograman GUI based interface Secara umum, memiliki tampilan lebih menarik daripada text-based interface.

Contoh Foxpro for windows Visual Basic Delphi

Pembuatan Menu Menu Name Menu Bar Alternate Key Popup menu Accelarator Key Separator Menu Icon Menu item Antaramuka Pengguna Bergrafik (dcg2103)

Falsafah Menu Susunan: kiri->kanan, Atas ->Bawah Actions (Command) menu item => arahan Dialog box … more input requested Settings check, disabled (grayed) Submenus (cascade) Short-Cut alternate-underline, accellarator- key name

Jenis-jenis Menu Menu Utama Cascading Menu Floating menu Menu sistem mengandungi menu bar dan beberapa pop-up menu Cascading Menu terdapat submenu dalam menu Floating menu Menu sistem Menu Sistem Cascading Menu Floating Menu

Object-Oriented Programming Object-orientation sebagai suatu cara membuat program, ia mempunyai beberapa keuntungan. Ia membantu perkembangan pendekatan yang didasarkan pada komponen untuk pengembangan software sehingga pertama kali membuat suatu sistem dengan membuat sekumpulan object. Kemudian saat seseorang memperluas sistem dengan menambahkan kapasitas ke komponen-komponennya, cukup seseorang tersebut mengunakan ulang object-object yang telah dibuatnya ke sistem baru yang sedang ia bangun.

OBJECT DAN CLASS Object, yang kongkrit atau tidak, adalah segala sesuatu disekitar kita. Object-object yang menyusun dunia ini. Azahari, Sumanto, Inul adalah contoh object dari class manusia. Object mempunyai attribut dan operasi. Attribut dari object di atas adalah umur, tinggi, berat badan dsb. Sedangkan operasi dari object di atas adalah makan, minum, tidur, ngebor dsb. Class adalah sebuah katagori, ia merupakan katagori dari object-object yang mempunyai attribut dan operasi yang sama. 

Dangdut Class    Asal, Berat, Tinggi ... State Variables Behaviors ngebor( ), patah( )...  Methods Object Asal = Jabar patah( ) Berat = 60 kg Anisa Asal = Jatim Berat = 50Kg Inul ngebor( ) http://jan.netcomp.monash.edu.au/java/swingtut/tut1a.html

Event-based Programming adalah pemrograman yang memakai event (seperti event penekanan tombol keyboard atau mouse) sebagai dasarnya dan memberikan respon untuk event tersebut. User bisa menginputkan informasi tanpa tergantung urutan Panoramic

Event-based Programming (2) suatu event adalah suatu aksi yang dikenal oleh objek, misalnya event penekanan tombol mouse, penggerakan mouse atau penekanan tombol keyboard, sedemikian rupa sehingga programmer bisa menuliskan program sebagai respon dari event tersebut.

Event-driven Programming WINDOWS (OS) WM_LBUTTONDOWN WM_KEYDOWN GetMessage() TranslateMessage() DispatchMessage() User Press F1 case WM_KEYDOWN: ……//actual operations break; case WM_LBUTTONDOWN: …… SendMessage(WM_KEYDOWN,F1) App’s msg queue User click mouse msg loop

Event-based Programming (3) Event bisa terjadi karena tiga hal yaitu: Aksi dari user Aksi dari program Trigger dari sistem Event bisa terjadi pada urutan apapun dan pada posisi manapun dalam program. Event yang terjadi harus selalu ada event-handler nya

Mekanisme pemrograman berbasis event

Kelemahan Program harus selalu siap untuk menerima event yang terjadi. Style dari pemrograman berbasis event menuntut penyelesaian suatu task dalam waktu singkat, sehingga event-event bisa di-handle dengan cepat dan user bisa mendapatkan respon dengan cepat.

Client/Server Programming Istilah client/server dipakai untuk menjelaskan berbagai macam topik dalam lingkungan pemrograman DLL (Dynamic Link Library) dan OLE (Object Linking and Embeding) Konsep client/server juga banyak dipakai dalam konteks penyimpanan dan manipulasi database

Bagian Client Client/server diartikan sebagai program yang dijalankan pada terminal komputer yang terhubung dalam suatu network. Client ini berfungsi sebagai tempat dimana semua proses input dan output data terjadi.

Misalnya… sebuah program yang dibuat dengan Delphi berfungsi sebagai aplikasi client yang melakukan proses input dan output data pada suatu server database yang berada dalam network tersebut.

Bagian Server Bagian server dari konsep client/server diartikan sebagai server database yang berfungsi untuk melayani permintaan dari program aplikasi untuk mengambil, memanipulasi dan menyimpan data. Server database bisa dibayangkan sebagai sebuah kotak hitam yang menyediakan fungsi-fungsi database dalam memanipulasi data. Suatu server database biasanya didesain untuk mampu melayani user dan transaksi network dalam jumlah besar.

Link http://home.online.no/~pethesse/uip.html http://ou800doc.caldera.com/SDK_charm/ http://www.programming123.com/topics/user_interface_programming.html