Animasi & Komputer Grafik Arwin D Pengertian Animasi ( Menurut asal bahasa ) Animation Anima ( Bhs. Latin ) Roh, jiwa, nafas Animasi Animate (Bhs. Inggris) Menghidupkan, menyemarakkan. Membuat suatu kreasi ilusi gerak.
Animation Is a method of creating the Illusion of life or movement in animate objects or drawings , an extension of graphic art into the field of cinematografhi. Animasi merupakan suatu metoda menciptakan ilusi kehidupan atau gerak pada object atau gambar, suatu pengembangan seni grafik ke bidang sinematografi.
Animasi adalah seni gambar bergerak Mc.Laren mengatakan : “Animation is not the art of drawing that move but the art of movement that are drawn “. Animasi bukanlah seni gambar yang digerakkan , melainkan seni gerak yang digambarkan.
“What happens between each frame is much more important that what exists on each frame.” Kejadian-kejadian diantara frame itulah yang lebih penting dari pada keberadaan gambar pada frame. Animasi sebagai total art adalah penggabungan (syntesa ) yang sempurna dari berbagai karya seni lukis, seni patung, seni musik, seni tari dan literatur.
Sejarah Animasi Animasi I (1876) ditemukan oleh Emile Reynoud (guru Ilmu Alam) digunakan untuk menerangkan Tata Surya. Emile Kohl, Kartun I (1908 ), bangsa Prancis. Penemu teknik perekaman gambar Frame by frame. 1 detik = 24 gambar.karya kartunnya : ” Drame chesles fairtoche.” John R. Brays (1909) , Amerika . karya kartunnya : ” Colonel Helzaliar” Beb Harrizon : “ Crazy Cat” Pat Sullivan : “ Felix The Cat” Max Fleichers : “ Koko the Clown “ Walt Disney (1928) : “ Mickey Mause “, “Donald Duck “, Goofi & Fluto”. Hanna Barbera (1972) Australia . Karya kartunnya: “Scooby Doo”, “The Banana Split “.
Penggolongan Animasi Animasi tanpa Film Animasi Film
Animasi tanpa Film Trafic Light Neon sign Advertising Display Kinetic Art Animasi Mainan Wayang
Animasi Film Etching on Film Painting on Film Animasi Tanpa kamera 2. Animasi With Single Frame Exposure 3. Animasi Without Single Frame Exposure Animasi Tanpa kamera Etching on Film Painting on Film Animasi With Single Frame Exposure Plane View Animation Peg Bar Animation 3- D Animation
Powder Animation Paint on glass Rotoscoping Cut out animation Plane View Animation Cut out animation Powder Animation Paint on glass Rotoscoping
3 –D Animation Object Animation Puppet Animation Clay Animation Pixilation Stop Frame Cinematography
Peg-Bar Animation Cell Animation Drawing on Paper
Animation Without Single Frame Exposure String Hand Puppet Black Light Magnetic Board Stick cut out Dll.
Spelling (kebenaran ejaan) Contras Warna Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang karya grafis Untuk acara televisi Readability Save Area Spelling (kebenaran ejaan) Contras Warna
BUKU- BUKU YANG BERKAITAN DENGAN PEMBELAJARAN KOMPUTER GRAFIS No JUDUL BUKU PENGARANG PENERBIT 1. Berkreasi membuat logo dengan COREL DRAW 12 Yoga Elex Media 2. Berkreasi dengan COREL DRAW 12 I.R Thabrani Data com 3. Windows XP dan Internet Abdul Razaq S.I.P 4. Mengolah Video Secara Profesional dengan Adobe Premier Pro Wahana Salemba Infotek 5. Motion Graphic & Visual Effect mengunakan Adobe After Effect 6 Winastawan Gora Andi 6. Membuat Effect Khusus dengan 3-D Studio Max 6 I.R Bayu Adjie 7. Modeling & Animasi 3-D dengan MAYA 5.0 8. Pembuatan Animasi WEB dengan Macro media Flash MX 9. Adobe Photoshop CS 10. Manajemen Desain dan Pengembangan Situs WEB dengan Macro media & Adobe Photoshop 7.0 Irawan sudi 11. Membuat WEB Graphi yang menarik dengan Photoshop Lukman Hakim 12. Trik membuat berbagai Effect dengan Adobe Photoshop 7.0 Eppy Yunaidi BUKU
13. Desain Kreatif dengan Adobe Photoshop CS Yoga Elex Media 14. 68 Efek Profesional Adobe Photoshop CS 8 Chandra 15. Animasi Manusia 3-D POSER 5 Handi Chandra 16. Membuat Animasi dengan COREL RAVE Andreas Andi 17. Animasi Karakter 3-D dengan 3 D Studio Max 6 Maxicom 18. Membuat Animasi dan Movie Interactifdengan Macromedia Director 8.5 M. Syarif 19. Teknik Rendering dengan 3 D Studio Max 6 Salemba 20. Memproduksi Animasi TV, solusi murah&cepat MS Gumelar Grasindo 21. Membuat CD interaktif untuk bahan ajar E- Learning Winastawan Gora Elex Media 22. Polygonal dan Nurbs Modeling 3 D studio Max 6&7 Handi Chandra 23. Pengolahan Audio dengan CAKE WALK pro 24. Video dan TV streming dengan Video lan project 25. After Effects 6.5 untuk Profesional
Operating system : Windows 2000, XP, NT, 98 dll Nama – nama software yang berkaitan untuk membuat karya Grafik dan animasi Operating system : Windows 2000, XP, NT, 98 dll 3-D studio Max Maya Light wave Softimage Cinema 4-D Ulead 3-D Cool True Space poser Imagine Auto Cad Adobe Premier Photoshop After Effect Corel Draw Flash Dream weaver Particle illusion Ulead Media Studio Ulead Video Studio Digital Fusion Maya Fusion Photomorph Dll.
Computer Animation Modeling Material Adding Motion /sound Rendering Tahapan pembuatan animasi dengan komputer Modeling Material Adding Motion /sound Rendering
Profil seorang Graphic Designer untuk pertelevisian karya grafik Characteristic of television sarana (komputer) Sense of Art Graphic designer Skill
Kerabat kerja Profesi pada media televisi Produser Pengarah Acara (director) Pengarah teknik Pengarah (penata) artistik Grafik Designer Set Designer Animator Penata Lighting Kameraman Editor
Spesifikasi Minimal komputer grafik Processor : Intel Pentium 4 ( 2 GHz) atau lebih besar Memory : 512 MB 266 PC 2100 atau lebih besar Motherboard : Asus P4 B 533-C Hard Disk : Seagate Barracuda ATA IV 60G 7200 VGA Card : G-Force 4 MX 440, 64 MB atau 128 MB Casing : EnLight, atau ATX tower 350 W Optic Drive : Samsung , Sony CD-RW 40x Sound : 3D Sound AC 97 FDD : Panasonic 1,44 Monitor : Samsung ,Philip, Panasonic 17 inch ( flat ) atau yang lebih besar
Beberapa model logo
Karya-karya Grafik pada media Televisi Judul acara (Sinetron/Drama, TalkShow) Call Station (Identitas Stasiun Penyiaran) Iklan (Komersil,Layanan Masyarakat) Nama kerabat kerja Produksi Head Line berita Nama pengisi acara Logo Running text dsb.
Jenis penyajian Karya Grafik Still Motion
Proses dan pertimbangan pembuatan LOGO Visi dan Missi dari perusahaan V Kreasi Image target Audience Designer Arwin D
Logo dapat dikatagorikan baik apabila : Original (asli) Sederhana Mudah diingat Mudah diterapkan pada berbagai Media Grafik Tidak tergantung pada warna Bentuknya tetap jelas dalam ukuran besar maupun sangat kecil Mudah diasosiasikan dengan perusahaan
Hal-hal yang harus dihindari Sangat tergantung pada warna Rumit Visual yang klise sukar diterapkan pada berbagai Media Grafik Bentuknya tidak jelas dalam ukuran kecil
Sarana yang diperlukan dalam pembelajaran Grafik dan Animasi Laboratorium Komputer Multimedia dengan fasilitas sbb: Komputer (sebanyak jumlah Siswa + 1 Pengajar) Scanner Printer Lcd. Projector & Screen Kamera Digital