Sequence Diagram.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Advertisements

Bab 8 collaboration diagram
Chapter 8 Use Case.  Pemodelan Use Case diterapkan untuk menganalisa kebutuhan fungsional  Menunjukkan tingkah laku atau fungsional sistem  Terdiri.
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
Siti Mukaromah, S.Kom.  Pembelian Tiket:  Membeli Tiket:
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
CLASS DIAGRAM.
Unified Modelling Language (UML)
Interaction Diagram.
SEQUENCE DIAGRAM.
Architecture dan design
USE CASE DIAGRAM.
Sequence diagram.
Interaksi Objek.
Sequence dan Collaboration
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence dan Collaboration
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Collaboration Diagram
Metode Perancangan Program
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
CLASS DIAGRAM.
Soal Kuis I PSBO.
Object-Oriented Design (OOD)
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
SEQUENCE DIAGRAM.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Pengenalan Analisa Desain
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
Object oriented analyst and design
Pengenalan UML.
Collaboration Diagram and Sequence Diagram
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Metode Perancangan Program
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pemodelan Sistem Bisnis
Pertemuan 10 UML Diagram Sequential
Use Case Diagram.
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
REVIEW UML.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
Unified Modelling Languange (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak Part 7
SEQUENCE DIAGRAM.
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Studi Kasus Penjualan Online
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Perancangan Perangkat Lunak –Part 2
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Object oriented analyst and design
Transcript presentasi:

Sequence Diagram

Sequence diagram (diagram urutan) adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu Interaksi antar objek tersebut termasuk pengguna, display yang berupa pesan/message

Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai sebuah respon dari suatu kejadian/even untuk menghasilkan output tertentu Sequence Diagram diawali dari apa yang me-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan

Sequence diagram adalah visual coding ( perancangan form/layar) Interaksi object yang tersusun dalam suatu urutan waktu/kejadian Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram Sequence diagram dapat merubah atribut atau method pada class yang telah dibentuk oleh class diagram Sequence diagram memodelkan aliran logika dalam sebuah sistem dalam cara yang visual

Biasanya digunakan untuk tujuan analisa dan desain Memfokuskan pada identifikasi method didalam  sebuh sistem Sequence diagram biasanya dipakai untuk memodelkan: Deskripsi tentang sistem yang ada pada sebuah/beberapa use case pada use case diagram, yang menggambarkan hubungan antara actor dan use case Logika dari method (operation, function atau procedure) Logika dari services (high level method)

Simbol Sequence Diagram Actor Sebuah Actor bisa diwakili dengan Gambar Stick Figure atau sebuah kotak

Interface Sebuah Interface bisa diwakili dengan Gambar Boundary atau sebuah Kotak(Boxes)

Message Message digunakan untuk menggambarkan hubungan antara object yang ada dalam sistem Message digambarkan dengan garis berpanah, yang menunjukkan arah messages Message yang dikirim untuk dirinya sendiri  (boxes) digambarkan dengan bentuk

Messages antara boxes yang berupa actor manusia, maka message diberikan dengan label  yang  menggambarkan komunikasi (user interfaces) Message digambarkan dengan arah dari kiri ke kanan Label pada message rata kearah panah untuk mudah memahami diagram

Return Value Ditampilkan dengan garis berpanah terputus, yang  menggambarkan hasil dari pengiriman message Return value digambarkan dengan arah dari kanan ke kiri Messages dan return Value dapat digabungkan

Control Digunakan untuk menggambarkan hubungan antara interface dengan database melalui fungsi/method yang ada dalam sistem dengan perantara message

Database (Tempat Penyimpanan) Digunakan untuk menggambarkan database / tempat penyimpanan yang digunakan dalam sistem

Contoh Sequence Diagram