Interaksi Manusia & Komputer Audio dan Agent

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DISPLAY.
Advertisements

MEDIA PEMBELAJARAN.
KOMPUTER HARDWARE.
Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Text DEPAN.
Gambar 1.1 Mengenal Elemen Jendela Microsoft Word Setelah Word 2007 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Mengelola isi halaman web
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
KANTOR VIRTUAL OA ( OFFICE AUTOMATION ) DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBANTU PEKERJA KESEKRETARIATAN DAN ADMINISTRATIF, TETAPI KEMAMPUANNYA UNTUK MEMUDAHKAN KOMUNIKASI.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
komponen antarmuka pengguna
KONSEP USER INTERFACE.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Interaksi Manusia dan Komputer
Demonstrasi Aplikasi CBT Uji Kompetensi
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Pengamanan Jaringan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
KONSEP INTERFACE
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
TEKNIK PRESENTASI.
Algoritma Pemrograman 2A
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
1.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Mobile Device User Interface
Mengelola isi halaman web
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
RAGAM DIALOG.
Mengelola isi halaman web
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
Komponen input dan output komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
di Word 5 cara baru untuk bekerja
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia & Komputer Audio dan Agent Pertemuan 15 Khairul Anwar Hafizd khairul.anwarhafizd@gmail.com

Penggunaan Audio Non Speech Perkataan (Speech) banyak ditambahkan dalam tampilan interface. Speech ini dalam interface berguna untuk keadaan: Tangan user sibuk Mata user harus memperhatikan sesuatu Kondisi yang tidak memungkinkan menggunakan keyboard, misal: meja tempat user bekerja banyak tumpukan kertas Non speech audio digunakan sebagai alarm dan warning atau status informasi. Misal: beep dan bops menunjukkan status kerusakan atau tanda bahaya atau kesalahan pengetikan dengan bunyi klik pada tombol.

Perbedaan antara speech dan non speech seperti pada tabel berikut:

Auditory Icons Auditory Icons (Ikon bersuara) menggunakan suara alami untuk merepresentasikan tipe objek dan tindakan yang berbeda pada interface. Ikon auditori digunakan untuk merepresentasikan desktop objek dan aksi. Contoh : suara benturan digunakan untuk aksi membuang sesuatu ke keranjang sampah. User harus mempelajari suara-suara ini dengan menebak aksi yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Permaslahan Ikon Bersuara Permaslahan ikon bersuara adalah beberapa objek dan aksi tidak memiliki kejelasan suara alami untuk mengidentifikasikannya. Pada perusahaan SharedArk, sound digunakan dalam 3 hal, yaitu: Konfirmasi aksi. Informasi status. Petunjuk navigasi.

Suara penegasan menyediakan informasi yang redundan yang akan meningkatkan umpan balik. Proses dan state information sound ada dalam 2 level yaitu: Global sound. Merepresentasikan state ke suluruh sistem dan dapat didengar dari mana saja. Local sound Spesifik untuk eksperimen khusus dan berubah saat user mengubah 1 eksperimen ke eksperimen lain.

Pemaduan Suara Pemadu suara (speech synthesis) merupakan pelengkap dari pengenalan suara. Ide agar dapat berbicara dengan komputer merupakan hal yang paling menarik bagi banyak user, khususnya bagi mereka yang tidak bisa komputer

Masalah yang ada pada pemaduan suara yaitu: User sangat sensitif terhadap variasi dan informasi suara. Output dalam bentuk suara tidak dapat diulang atau dicari dengan mudah. Meningkatkan keberisikan pada lingkungan kantor atau bila menggunakan headphone maka akan meningkatkan biaya.

Lingkungan aplikasi pemadu suara : Bagi tunanetra, pemadu suara menawarkan media komunikasi dimana mereka dapat memiliki akses yang tidak terbatas. Lingkungan dimana visual dan haptic skill user sedang berfokus pada hal lain. Contohnya: sinyal bahaya pada kokpit pesawat udara.

Soundtrack Soundtrack adalah suatu word processor dengan sebuah interface auditory yang didesain untuk user yang bermasalah dengan alat visualnya. Tiap sel memiliki tone yang berbeda jika kursor ada di sel tersebut. Dengan menggunakan tone ini maka user dapat menjelajahi sistem. Dengan meng-klik satu sel, sel tersebut akan menyuarakan nama selnya.

User Interface Agent Agent membantu user dalam penggunaan interface. Jenis-jenis agent antara lain: Manipulasi langsung User memulai tindakan dan menggunakan agent secara langsung Manajemen tidak langsung Proses kerja sama dimana manusia dan komputer bersama-sama memulai tindakan.

Personal assistant merupakan agent yang termasuk autonomous agent yang membantu user untuk menyelesaikan tugas. Sifat personal assistant antara lain: Tingkatannya bisa diubah Menggunakan petunjuk Menggunakan inisiatif