Qiraat Qur’an dan para ahlinya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
Advertisements

Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
SYARI’AT ISLAM.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
HADITS KEDUAPULUH LIMA
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
SURAT AT TAUBAH Surabaya, 30 Nov 2008.
SUMBER HUKUM ISLAM. PENGERTIAN SUMBER: ASAL SESUATU (KAMUS PURWODARMINTO) SUMBER HUKUM ISLAM: TEMPAT ASAL/PENGAMBILAN HUKUM ISLAM.
BAB 6: PAKAIAN DAN PERGAULAN DALAM ISLAM
BAB 5 SUMBER HUKUM ISLAM Standar Kompetensi
Shalat Jum’at.
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
DIPLOMA PENGAJIAN AL-QURAN & SUNNAH
BELAJAR TAJWID تجويد تجويد.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
Akhlaq terhadap Allah Swt.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Perkara yang akan dipelajari:
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
Al-Qur’an Kelompok 6.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
Sumber : marhamahsaleh.files.wordpress.com 8/12/2012 : wib
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGANTAR STUDI HADIS.
BAB VI IBADAH HAJI.
DZIKIR BERSAMA FATWA TARJIH 06.
SUMBER AJARAN ISLAM AS-SUNNAH
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
TAHAP PERKEMBANGAN MANUSIA DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM ISLAM
REDAKSI AYAT الذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين ,134 ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
Kaidah-kaidah dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an melalui lafadz-lafadz yang terdapat didalamnya ‘Am dan khash b. Muthlaq Muqayyad c. Manthuq mafhum.
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
PRESENTED BY: YENI NURHASANAH
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
BUKU PANDUAN BUDI PEKERTI
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Moto ; “Tidakkah aku harus menjadi hamba-Nya yang bersyukur?
Prodi Hukum Bisnis Syariah Fakultas Syariah UIN Maliki Malang 2015
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
KAJIAN JUMAT PAGI KARYAWAN FKK UMJ TAFSIR SURAH ALBAQARAH AYAT 1-5
AL-QUR’AN SEBAGAI SALAH SATU HUKUM ISLAM
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
KEMULIAAN AL-QURAN.
U. Mohamad Zahir Bin Kasir
USUL AL - TAFSIR KULIAH KEDUA U. MOHAMAD ZAHIR BIN KASIR
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
PENGURUSAN HARTA DALAM PERUNDANGAN ISLAM
Sesi 2 Qawaid Fiqhiyyah.
Sessi 2 Qawaid Fiqhiyyah
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
BAB 2: PUASA PADA BULAN RAMADAN
PIM 3101: Pengenalan Kurikulum Pendidikan Islam Sekolah Rendah
Kuliah 2 – Pemikiran Islam Sederhana
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
ZAKAT FITRAH DILAKSANA ASNAF DIBELA
KEUTAMAAN MEMPELAJARI, MEMBACA DAN MENGHAFAL AL QUR’AN.
Andalus Corporation Pte Ltd
Andalus Corporation Pte Ltd
Andalus Corporation Pte Ltd
Transcript presentasi:

Qiraat Qur’an dan para ahlinya

Adab Membaca Al-Qur’an Sesudah berwudhu Membacanya di tempat yang bersih dan suci Membacanya dengan khusyuk Bersiwak (membersihkan mulut) Membaca Taáwwuz Membaca Basmalah pada permulaan setiap surah kecuali Surah Al-Bara’ah

Adab Membaca Al-Qur’an Membacanya secara tartil Pelan-pelan dan terang Memberikan kepada setiap huruf haknya (seperti membaca panjang dan idgham) Memikirkan ayat-ayat yang dibacanya Meresapi makna dan maksud ayat-ayat AlQur’an Janji, ancaman, sehingga merasa sedih dan mengangis membaca ayat berkenaan

Adab Membaca Al-Qur’an Syarh Al-Muhazzab – cara untuk menangis Memikirkan dan meresapi makna ayat ayat yang dibaca Ancaman berat/siksa pedih/perjanjian/anjuran/perintah Allah Sekiranya tidak dapat membangkitkan perasaan sedih/penyesalan/sedih Maka harus disesali pula dengan menangis kerana hal ini adalah sesuatu musibah

Adab Membaca Al-Qur’an Membaguskan suara dengan membaca Al-Qur’an AlQur’an adalah hiasan bagi suara Suara yang bagus lagi merdu akan lebih berpengaruh dan meresap ke jiwa Mengeraskan bacaan AlQur’an kerana membacanya dengan suara jahar lebih utama Membangkitkan semangat dan gelora jiwa Kalau dikhawatirkan timbul rasa riya’ atau menganggu, suara rendah lebih utama

Adab Membaca Al-Qur’an Dari Mushaf atau Hafalan lebih utama? Mushaf lebih utama Membaca DAN melihat mencakup dua ibadah Hafalan lebih utama Mendorong kepada perenungan dan pemikiran makna dgn baik Bergantung pada situasi dan kondisi individu masing-masing Mana cara yang lebih menimbulkan perasaan khusyuk/pemikiran/perenungan/konsentrasi terhadap ayat yang dibacanya Jika keduanya sama, membaca dari Mushaf lebih utama

Mengajarkan Al-Qur’an & Menerima Upah Mengajarkan AlQur’an adalah fardhu kifayah Menghafalnya merupakan satu kewajipan bagi Umat Islam agar tidak terputus jumlah kemutawatiran para penghafal Al-Qur’an Cara mempelejarinya Ayat demi ayat Rasulullah dikatakan mengambil AlQur’an dari Jibril lima ayat-lima ayat.

Mengajarkan Al-Qur’an & Menerima Upah Mengenai menerima upah – 3 macam Pengajaran kerana Allah semata dan tidak mengambil upah Mendapat pahala, dan merupakan tugas para Nabi Pengajaran memungut upah Diperselisihkan Ada yang katakana tidak boleh Ucapan Nabi : Sampaikanlah dariku, meskipun hanya sepotong ayat Ada yang membolehkan Menerima bayaran bagi pekerjaan membimbing hafalan dan mengajar tulis-menulis Pengajaran tanpat syarat, namun bila diberi hadiah, maka diterimanya Boleh, menurut semua pendapat ulama Nabi sendiri pengajar semua, dan menerima hadiah

1. Muhkam + Mutasyabih 2. Amm + Khas

Maka ikutlah aku, Allah akan mencintaimu Muhkam – Jelas فاتبعونى يحببكم الله – ال عمران 31 Maka ikutlah aku, Allah akan mencintaimu Mutasyabih – Ayat-ayat yang tidak diketahui makna & penafsirannya yang sebenarnya oleh siapapun kecuali Allah saja. الرحمن على العرش استوى Ar-Rahman di atas arasy bersemayam

Ta’wil - Memalingkan sebuah lafaz dari makna yang kuat (rajih) kepada makna yang lemah (marjuh). Ta’wil = tafsir Ta’wil – hakikat

Amm & Khass Amm : Lafaz yang mencakup segala apa tanpa ada pembatasan. Sighat : Kull كل نفس ذائقة الموت : سورة ال عمران : 185 Isim nakirah dalam konteks nafy & nahi فلا تقل لهما أف فلا رفث ولا فسوق ولاجدال فى الحج

Khas lawan kata amm. Mukhassis : yang mengkhususkan Mukhassis : muttasil, munfasil Contoh mukhassis muttasil :- Istisna’ (pengecualian) والذين يرمون المحصنات ثم لم يأتوا بأربعة شهداء فاجلدوهم ثمانين جلدة ولا تقبلوا لهم شهادة أبدا وأولئك هم الفاسقون إلا الذين تابوا - سورة النور 5-4

Badal ba’d min kul (sebahagian dari keseluruhan) ولله على الناس حج البيت من استطاع إليه سبيلا – سورة ال عمران 97

وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملهن – سورة الطلاق : 4 Mukhassis munfasil والمطلقات يتربصن بأنفسهن ثلاثة قروء – سورة الاحزاب : 228 وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملهن – سورة الطلاق : 4

Ulama berbeza pendapat sah/tidak berhujjah dengan amm sesudah ditakhsis. Fatimah menuntuk hak dalam harta warisan berdasarkan ayat : Allah mewasiatkan pada anak-anak kamu, untuk lelaki dua kali ganda dari wanita. Abu Bakar berhujah dengan hadis Rasulullah s.a.w. : Kami para nabi tidak mewariskan. Apa yang kami tingalkan menjadi sedekah.