Pertemuan ke-3 PENGANTAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perbedaan vector dan bitmap
Advertisements

Media Presentasi Dengan Power Point
Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
TEKS, GAMBAR DAN GRAFIK.
Bitmap Vs Vector Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT.
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
DIANA KUSUMA WIDYASTUTIK FKIP Sejarah
Elemen Multimedia R.M. Mahrus H. Efendi.
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
PENGENALAN PERALATAN PRODUKSI MEDIA AUDIO
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Objek-objek Multimedia
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
Perangkat Keras Multimedia
Pertemuan ke-3 PENGANTAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA
Bab 13 Session & Presentation Layer
30 Mei Komputer menampilkan image sebagai koleksi dari bentuk dua dimensi dari titik (dot) yang disebut pixel. Informasi visual disimpan dalam struktur.
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Image Raden Budiarto.
Representasi dan Kompresi Data Multimedia (lanjutan)
Pertemuan 5 Perangkat Lunak Pendukung Multimedia
Pengantar Teknologi Informasi
PRINTING PROSES VCD 0018.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
By : Diantika Arifianti, S.T
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Produksi Konten Multimedia
PRINTING PROSES VCD 0018.
DASAR DESAIN GRAFIS.
Bab 13 Session & Presentation Layer
Citra Digital.
Bab 12 Presentation Layer
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MANAJEMEN FILE.
M2. Produksi konten Multimedia 1
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
Microsoft Power Point.
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Presentasi Untuk PTKI-C
Pengantar Design Grafis
Dosen : Moh. Salman Alfarisi
JENIS-JENIS PROGRAM PEMBUAT GRAFIS
Format file gambar 24 Januari 2011.
OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA
PEMROGRAMAN MULTIMEDIA
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Grafika komputer 1.
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
By : ijaa.wordpress.com.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Bab 11 Presentation Layer
STIESS BATANG.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Komponen input dan output komputer
Transcript presentasi:

Pertemuan ke-3 PENGANTAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA OBJEK-OBJEK MULTIMEDIA Dosen : Andini Sintawati

OBJEK-OBJEK MULTIMEDIA Text Grafis Bunyi Video Animasi Software

TEXT Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan Teks dapat berbentuk kata, surat, narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita Kebutuhan akan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia Game, memerlukan teks yang lebih sedikit Ensiklopedia membutuhkan teks yang banyak

TEXT Hampir semua multimedia menggunakan teks karena sangat efektif dalam menyampaikan ide dan memberikan panduan kepada pengguna Teks : teks cetak, teks hasil scan, teks elektronik, hypertext

Teks Cetak Teks tercetak berada diatas kertas, dan jika menggunakan multimedia, maka harus mengetik teks tersebut. Tetapi akan memakan waktu dan membuang tenaga. Cara yang lebih cepat mungkin menggunakan scan untuk mescan teks tersebut

Teks Hasil Scan Prinsipnya ada 3 jenis scanner : Flatbed, lebih mahal karena menggunakan motor dan pulley yang menggerakan scanner diatas kertas. Handheld (scanner tangan), lebih murah karena kita yang menggerakkan scan secara manual diatas permukaan kertas Sheet-fed, memiliki slot untuk memasukkan halaman tulisan yang akan di scan Contohnya : web sentraponsel, menggunakan icon hasil scan

Teks Elektronis Teks yang ditulis dengan format yang bisa dibaca oleh mesin, contohnya wordprocessing. Teks ini dapat dibaca oleh komputer dan dikirimkan secara elektronis melalui jaringan

Hypertext Hypertext merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual, mengacu pada teks yang telah masuk link Hyper, mengacu pada proses linking yang membuat multimedia menjadi interaktif Contoh : web www.yahoo.com Jika kita klik “personalize” yang terletak di pojok kiri atas, akan muncul (link) “personalize” Jika kita klik “full winner list” yang terletak di pojok kiri bawah, akan muncul (link) “full winner list”

Grafik Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompkeks dengan cara baru dan lebih berguna. Multimedia membantu kita melakukan hal ini, yakni ketika gambar grafis menjadi obyek suatu link. Grafis seringkali mulcul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks.

Gambar Vektor(Vector Images) Gambar Vektor tersimpan sebagai serangkaian instruksi yang digunakan untuk membuat sesuatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis dan berbagai bangun dengan gambar (picture) Untuk menyimpan image yang tidak mengandung terlalu banyak perubahan warna, victor image adalah pilihan yang lebih efisien dibanding bitmap. Contoh sebuah garis tengah lingkaran , bitmap akan menyimpan setiap titik disepanjang garis itu sebagai RGB color value, tetapi vector image hanya akan menyimpan pangkal garis, arah, panjang dan warnanya Contoh AutoCad

Kelebihan Vector Image Vector image bersifat Scalable, artinya bisa menggunakan program grafis untuk memperbesar atau memperkecil ukuran image tanpa mengubah kualitasnya atau tidak bergantung pada resolusinya Vector image biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding grafis dalam format Bitmap, karena gambar vector yang besar dapat dikodekan dengan instruksi lebih kecil atau lebih ringkas, maka vector dapat didownload lebih cepat di internet. Gambar vecktor dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi.

Gambar Bitmap (Bitmap Image) Merupakan rekonstruksi dari gambar asli. Merupakan gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel(titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel Kelemahanya kita tidak dapat memperbesar dan memperkecil resolusinya, resolusi bergantung pada gambar asli. Contoh Grafik Editor Bitmap: Paint Brush, Adobe Photoshop, Crorel Draw

CONTOH GAMBAR VEKTOR

Clip Art Merupakan koleksi gambar jadi yang telah disediakan oleh suatu aplikasi seperti Microsoft Office, Microsoft Publisher Ada banyak koleksi katagori umum, termasuk foto, icon, animasi, background title, button, dan bullet, sementara koleksi berfokus visual theme, seperti image alam atau keilmuan. Contoh sumber Clipart di internet: www.clipart.com www.barrysclipart.com

CONTOH CLIP ART

Digitized Picture Video Capture board (capture card) memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer dengan video camera, VCR, video disk player atau live video feed dan langsung menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan aplikasi multimedia Karena Video Digitizer bisa menrima sinyal video sebagai inputnya, maka video digitizer bisa mendigitalkan segala yang ditangkap video camera.

Contoh Digitized Picture

Hyperpicture Merupakan baagian gambar yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event. Konsepnya hampir sama dengan hypertext. Contohnya gambar simbol surat dalam situs www.yahoo.com digunakan untuk link ke yahoo mail

Contoh Hyperpicture

Format File Grafik PICT: Merupakan format default Macintosh yang tersedia untuk setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada platform Macintosh. Karakteristik kunci dari type file PICt adalah kemampuannya untuk memuat obyek yang digambar secara bitmap maupun vector. BMP: Merupakan format file default Windows (ekstensi .BMP) Format BMP mendukung RGB, Indexed Colour, Grayscale dan Bitmap colour mode, tetapi tidak mendukung alpha channel.

Format File Grafik (lanjutan) JPEG (Joint Photographic Expert Group) :bertanggungjawab terhadap pengembangan standar format pemetaan gambar yang digunakan secara luas di seluruh dunia. (ektensi .JPEG) merupakan format terkompresi, digunakan untuk menampilkan foto dan gambar secara kontinyu dan dapat mengendalikan kedalaman warna GIF (Grafic Interchange File) merupakan format file terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di Internet (ekstensi .GIF)

Format File Grafik (lanjutan) TIFF(Tagged Interchange File Format): merupakan format file terkompresi yang bisa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan format file bagi perusahaan percetakan. (ektensi .TIFF) EPS (Enscapsulated Post Script): language file format yang dugunakan dalam photoshop dapat memuat baikngambar vektor maupun grafik dan didukung secara luas oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman (ektensi .EPS).

Format File Grafik (lanjutan) PNG (Portable Network Graphics): dikembangkan sebagai alternatif bebas patent untuk GIF. Ektensinya .PNG dan merupakan sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada Word Wide Web (Internet), dapat menampilkan gambar 24 bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan. PSD: merupakan format yang digunakan photoshop untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi. PSD mendukung seluruh mode gra gambar yang tersedia (Bitmap, Greyscale, Indexed Colour, RGB, CMYK Lab dan Multi Channel. PSD tidak dikompresi.

Bunyi Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki PC Multimedia antara lain: Membuat dan mensintensisnya bunyi Menangkap bunyi dunia luar, dari yang anda dengar dan dari Compact Disk (CD) Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrument elektronik misalnya MIDI Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau sejenisnya. Ada 13 obyek bunyi yang bisa digunakan dalam multimedia yakni format Waveform Audio, aiff, dat, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI sound track, compact disk audio, dan MP3 File

Format Bunyi Waveform Audio : Format file Audio yang berbentuk Digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak multimedia AIFF: (Audio Interchange File Format) merupakan format file audio untuk Macintosh namun dapat bekerja di Windows setelah Quicktime 4 DAT: (Digital Audio Tape) : Harus memiliki player dan recorder DAT, untuk menghubungkan editing secara digital dibutuhkan peralatan khusus. MIDI (Musical Instrument Digital Interface): merupakan cara paling efilien untuk merekam musik, ekstensi .mid akurasi akses 1/128 detik IBK: Merupakan file dari sound blaster Instrument Bank yang digunakan untuk mendifinisikan group sampai 128 instrument.

Format Bunyi (Lanjutan) MOD merupakan file kontrol yang dibuat untuk digunakan pada Sound System dari komputer Comodore atau Amiga, tetapi telah diadopsi untuk sound sistem PC RMI: standar MIDI yang disertakan dalam sebuah potongan standar RIFF SBI: (Sound Blaster Instrument) ekstensi .SBI SND: file yang mengandung sound, dan telah digunakan oleh beberapa perushaan untuk tipe-tipe file-file yang berbeda sepenuhnya VOC: file yang diola secara normal oleh CT-VOICE driver creativ Lab. AU: dikembangkan oleh SUN, merupakan format audio yang sangat jelas, cuman tidak didukung oleh komunitas UNIX

Format Bunyi (Lanjutan) CD: Untuk menyimpan pustaka music dan efek-efek suara biasanya diplay di CD Player ektensi .WAV atau AIF CD Plus, CD Extra dan Enhanched CD: adalah CD Musik yang juga dapat berfungsi sebagai CD ROM, yang memiliki data komputer dalam sebuah disk musik. MP3: singkatan dari MPEG Audio Layer 3 : merupakan format file audio yang menggunakan suatu codec untuk melakukan encoding (compressing) dan decoding (decompressing) suatu rekaman music.

BERSAMBUNG