Tutorial Menggunakan VBB

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
Advertisements

Instalasi dan pengenalan visual basic 6
PART 4 TRAINING DELAY Dosen : Dwisnanto Putro, ST, M.Eng.
Oleh: Hyperlink Oleh:
MICROSOFT EXCEL.
DATABASE & TABLE.
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Perancangan Basis Data
Pengenalan Visual C++ Lanny Agustine Yuliati.
Pengenalan Powerpoint
Web Teknologi 2Minggu …2… Page 1 MINGGU Ke Dua Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Menyiapkan Web Server Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
PART 7 Void & Define Dosen : Dwisnanto Putro, S.T, M.Eng.
Array adalah struktur data yang memiliki banyak data yang disimpan pada satu nama variabel dan tipe data yang sama.
Dinda Prasetia,Skom..  Buatlah tampilan dengan 2 jenis penomeran halaman yang berbeda seperti di bawah ini:
MENGOPERASIKAN SISTEM KOMPUTER
SISTEM OPERASI WINDOWS
A. Mengenal Scanner Scanner yaitu alat yang dapat menghasilkan salinan sebuah image yang berupa gambar (objek) atau teks disimpan dalam sebuah file yang.
Pemrograman VB.NET Pertemuan 3.
PEMBUATAN DOKUMEN DENGAN STAR WRITE
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) pertemuan 9 Oleh : L1153 Halim Agung,S.Kom.
  Setelah anda selesai membuat Aplikasi,anda pilih add, new project lalu anda pilih “Other Project Types”.  Pilih “Setup and Deployment”,lalu klik.
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
Praktikum PKB Pertemuan 2 (Visual Prolog Console & GUI)
Pengenalan Visual Studio 2008
PART 4 TRAINING DELAY.
Command line argument.
1 Pertemuan 6 Class Module Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
Oleh: Kelompok 4 1.Yusi Prelian Saputri 2.Dyah Wahyu Iftitah 3.Wildan Satrio Darmawan.
Pengenalan Visual Basic
TUTORIAL AUTOPLAY MEDIA STUDIO
Jartel, Sukiswo Sukiswo
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Masyarakat Sejahtera (SELARAS)  Untuk Fasilitator Sekretariat Teknis Pusat Sistem.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Aplikasi IOT dengan visual studio 2017
Perangkat pengolah kata
MENGGUNAKAN MENU DAN IKON
Pengujian Software Sistem Embedded
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Algoritma & pemrograman 1B
Konsep Teknologi Informasi a
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Lia afriani Andreas Saputra
CAD READER PERTEMUAN 4.
Using ISE WebPack for the third times
Command line argument.
KEGIATAN PEMELAJARAN 2 MENJALANKAN KOMPUTER
Membuat File Database & Tabel
Pemrograman Perangkat Mobile
TEKNOLOGI INFORMASI I HERY SUHARSO.
Pengujian Software Sistem Embedded
M5. MEMPASSWORD DUKUMEN EXCEL
SISTEM INFORMASI HIV-AIDS DAN IMS (SIHA) Versi OFFLINE
Arduino D3 Telekomunikasi.
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Praktikum TEKNIK DIGITAL MODUL 2
LANGKAH AWAL MEMBUAT PROGRAM C DENGAN VISUAL C
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
Praktikum TEKNIK DIGITAL MODUL 1
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
KEGIATAN PEMELAJARAN 2 MENJALANKAN KOMPUTER
Algoritma & Pemrograman 1 Achmad Fitro The Power of PowerPoint – thepopp.com Chapter 4.
MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )
ARDUINO UNO. Apa itu mikrocontroller ? Mengenal mikrokontroler Arduino UNO Joobsheet ini dimaksudkan agar Anda yang masih pemula dalam dunia mikrokontroller.
Transcript presentasi:

Tutorial Menggunakan VBB Virtual Breadboard

Langkah-1: Persiapan Asumsinya adalah Anda sudah mengunduh VBB dan melakukan instalasinya. Aktifkan VBB tersebut, sehingga dimunculkan layar pembuka sebagaimana ditampilkan pada Gambar 1. Kita pilih New (pada Project Types) dan New (pada Project Templates) kemudian klik Open.

Gambar 1

Langkah-2: Membuat Rangkaian Arduino Layar utama (Gambar 2) akan ditampilkan. Simpan dulu proyek Anda (File -> Save), kemudian klik pada pilihan Arduino (Gambar 2) di Toolbox dan pilih Arduino Uno (lihat Gambar 3), tempatkan pada Breadboard0.VBB (perhatikan Gambar 3). Toolbox terletak di kiri bawah Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4 Berikutnya pilih UserIO dan pilih Led1 (Gambar 4). Kemudian Tempatkan LED tersebut di pin 13 dari Arduino-nya

Langkah-3: Membuat Program Arduino Klik kanan pada nama proyek, pilih Arduino lalu pilih Add Arduino Java Source Project (Gambar 5), sehingga ditampilkan kotak dialog Add New Arduino Source Code Project Sheet (Gambar 6), ubahlah nama jika diinginkan (yang tertera adalah Source0.SRC), kemudian klik OK. Gambar 5

Gambar 6

Sekarang kita dapatkan susunan proyek kita seperti Gambar 7.

Kemudian klik kanan pada Source0 Kemudian klik kanan pada Source0.SRC tersebut, kemudian klik atau pilih Add New Java Source File (Gambar 8)

dilanjutkan dengan munculnya kotak dialog Add New Arduino Source File dan klik Ok. Nama file bisa Anda ubah sesuai selera, defaultnya adalah Class.pde (Gambar 9).

Gambar 10

Tampilan program

Program /* Blink, Turns on an LED on for one second, then off for one second, repeatedly. The circuit: * LED connected from digital pin 13 to ground. * Note: On most Arduino boards, there is already an LED on the board connected to pin 13, so you don’t need any extra components for this example. */ const int ledPin = 13; // LED connected to digital pin 13 // The setup() method runs once, when the sketch starts void setup() { // initialize the digital pin as an output: pinMode(ledPin, OUTPUT); } // the loop() method runs over and over again, // as long as the Arduino has power void loop() { digitalWrite(ledPin, HIGH); // set the LED on delay(1000); // wait for a second digitalWrite(ledPin, LOW); // set the LED off delay(1000); // wait for a second

Penjelasan program Penjelasan singkat: Program tersebut akan mengedip-kedipkan LED yang terpasang pada PIN 13 Arduino (alat sesungguhnya sudah ada LED yang memang terpasang pada pin tersebut); Ada 2 fungsi utama dalam program Arduino: setup() dan loop(), masing-masing digunakan untuk inisialisasi program atau perangkat keras dan program utama yang akan diulang-ulang selama Arduino mendapatkan pasokan catu daya; Inisialisasi dilakukan untuk mendefinisikan pin 13 (ledPin) sebagai luaran (output) melaui pernyataan: pinMode(ledPin, OUTPUT); Tentunya untuk mendefinisikan sebagai masukan OUTPUT diganti dengan INPUT; Agar LED bersinar (menyala) harus diberikan logika 1 atau HIGH menggunakan pernyataan: digitalWrite(ledPin, HIGH); Untuk mematikan LED diberikan logika 0 atau LOW: digitalWrite(ledPin, LOW); Sedangkan agar terlihat kedipannya diberikan tundaan antara menyala dan mati masing-masing 1000 milidetik atau 1 detik: delay(1000);

Langkah-4: Melakukan Simulasi (Running Program) Selanjutanya kita simpan (save) lakukan Running Program atau simulasi Arduino-nya. Persiapkan pada Properties di isian Application diplih Source0.SRC, agar saat dijalankan atau disimulasikan, program yang dijalankan adalah yang ada di Source0.SRC (perhatikan Gambar 11).

Oya jika tadi Anda tidak tahu letak Class0 Oya jika tadi Anda tidak tahu letak Class0.pde untuk menuliskan program, perhatikan Gambar 12.

Testing Klik pada Run or continue the simulation sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 13, kemudian perhatikan hasil simulasinya (LED akan tampil berkedip-kedip) dapat ditunjukkan pada Gambar 14.

Gambar 13

Gambar 14