KULIAH -9 MEMULAI GAMBAR DENGAN 3D MAX

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis
Advertisements

MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN
Kelas XII Semester I SMA Negeri 2 Bandung Oleh : Fatdiyanto Ashari Sucipto.
KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.
Prinsip Perancangan Multimedia
KOMPUTER APLIKASI.
Microsoft Powerpoint: Presentasi
Topik 4 Teknik dan Dasar-Dasar Membuat Gambar Proyeksi
Komponen Antarmuka Grafis
Pengenalan dan membuat database
PEMBUATAN FILM ANIMASI MENGENAI EFEK RUMAH KACA Dian Purnama Sari,
PEMBUATAN ANIMASI PESAWAT NRL07277 MENGGUNAKAN 3D Nurul Inayati
Komponen Antarmuka Grafis
Microsoft Publisher Sejarah Microsoft Publisher
DESAIN KARAKTER DAN ANIMASI MENGGUNAKAN TEKNIK Rizkan Abadi
PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA Mirna Ratnawati,
PEMBUATAN CUSTOM TOOL PADA APLIKASI 3DS MAX DENGAN Albertus Bayu Aji Priyono for further detail, please visit
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007 PEMBUATAN ANIMASI MOBIL FORMULA 1 DENGAN MENGGUNAKAN 3Ds MAX DAN.
Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta
Perangkat Lunak Multimedia Nurochman. Pengolah Teks  Microsoft: MS Word  Sun: OpenOffice.org Writer  KWord.
Aplikasi Lembar Kerja (Spreadsheet) MSExcel - 1
“PERANCANGAN MAP MENGGUNAKAN 3D STUDIO MAX DAN OGREMAX PADA SIMULASI PROSEDUR KESELAMATAN KETIKA TERJADI KEBOCORAN GAS DI DALAM GEDUNG”
Human Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
Pengenalan Visual Studio 2008
BAB V MEMBUAT DATA PILOT DAN MENGOLAH GRAFIK
JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
Penggunaan Aplikasi Komputer Pertemuan 9 Matakuliah: R0452/ Matematika Arsitektur Tahun: 2008.
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP
Kuliah ke-9 TEORI LOKASI (PLACE THEORY) DAN KEDUDUKANNYA DALAM PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS.
Dianita Ananda Lestari
Pengantar Aplikasi Pengolah Kata (Word Processing)
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Efek Khusus Corel Draw.
Microsoft Excel By : D e w i.
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
PEMBUATAN ANIMASI IKLAN MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN Andri Mulyono,
Microsoft Power Point.
KULIAH -7 MEMBUAT GAMBAR 3D DENGAN AUTO CAD 2009
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
KULIAH -11 MEMULAI GAMBAR DENGAN COREL DRAW
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA Riri Ananda Putri
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFIS.
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
PEMBUATAN MODEL KAMPUS DEPOK UNIVERSITAS GUNADARMA Rahman Makmun,
Pengenalan dan membuat database
KULIAH -4 LAYER DAN PENGGUNAANNYA JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
Node Editor Pada Blender
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Kontrak Kuliah Animasi 3D.
ANIMASI INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER Sampurna Alam
Rokhmah Purwaningtiastiti
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
Perangkat Lunak Pengolah Kata
PEMBUATAN IKLAN TENTANG BAHAYANYA AIDS MENGGUNAKAN Dwi Palupi Kartikawati, for further detail, please visit
KULIAH -5 TEKNIK MENGOLAH OBJEK DENGAN AUTO CAD
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (microsoft word)
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
X Akomodasi Perhotelan 1
11/9/2018.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan huruf atau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka atau numerik. Microsoft Corp. telah.
PEMBUATAN ANIMASI KARAKTER MENGGUNAKAN AUTODESK Agnes Llewelyn
Transcript presentasi:

KULIAH -9 MEMULAI GAMBAR DENGAN 3D MAX JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL

PENGERTIAN 3D MAX (1) 3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.

KELEBIHAN GAMBAR 3D MAX (2) 3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

LAYAR PADA 3D MAX

MEMULAI MENGGAMBAR DENGAN 3D MAX (1)

MENGOLAH GAMBAR DENGAN CONTOH LATIHAN (1) 1. Anda ambil sebuah foto dan jadikan sebagai background pada Viewport Perspective. (Bila Anda belum tahu caranya, di tutorial yang lalu telah pernah diulas). Misalkan foto sebuah microwave seperti pada gambar. Gambar 1. Background pada Viewport

MENGOLAH GAMBAR DENGAN CONTOH LATIHAN (2) 2. Skenarionya, Anda ingin menempatkan sebuah objek Teapot 3 Dimensi kedalam microwave tersebut. Anda buat objek Teapot dan Box. Gambar 2. Objek Teapot dan Box

MENGOLAH GAMBAR DENGAN CONTOH LATIHAN (3) 3. Dengan adanya Box, maka ketika Anda memberikan Lighting, objek Teapot akan memunculkan bayangan. Ini akan memberikan kesan yang realistic. Anda atur posisinya seperti terlihat pada gambar. Gambar 3. Penyesuaian Posisi Objek dengan Gambar Background

MENGOLAH GAMBAR DENGAN CONTOH LATIHAN (4) 4. Anda beri sebuah Lighting dengan Omni dan atur posisinya seideal mungkin, kira-kira seperti pada gambar. Jangan lupa aktifkan opsi Shadow. Gambar 4. Pemberian Lighting 5. Buka Material Editor dan klik tombol Standard 6. Klik ganda pilihan Matte/Shadow

MENGOLAH GAMBAR DENGAN CONTOH LATIHAN (5) Gambar 5. Pemilihan Fitur Matte/Shadow 7. Anda pilih objek Box di Viewport dan tekan tombol Assign Material to Selection. Lakukan proses Render. Gambar 6. Hasil Akhir Rendering

CONTOH LATIHAN (5)

SEKIAN DAN TERIMA KASIH s u b d i t b i n f a t d a l t a r u w i l ii d i t j e n p e n a t a a n r u a n g d e p t. p u