SANGGAR SKENARIO Layar Lebar ikunsrikuncoro@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
Advertisements

UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PRÉSENTATION.  NOM : HARAPAN  Prénom: Ari Anggari  Spécialité: Histoire et civilisation française 
STRUKTUR FILM DAN UNSUR PEMBENTUK FILM
Paragraf Deduksi Paragraf Deduksi menguraikan masalah umum ke masalah khusus. Proses pengembangan paragraf deduksi adalah: Memandang masalah secara umum.
ANALISA NARATIF HSP.
Matakuliah Pembelajaran
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
Paket 7 Metode dan Media dalam Pembelajaran PKn MI
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
PENDEKATAN DALAM APRESIASI SASTRA
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan jenis sastra dramatik
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Paket 4 Pengembangan Materi Pembelajaran PKn MI
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
RESENSI BUKU KELOMPOK 4.
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
Menulis Lakon Oleh Miftahudin, S.Pd. Sastra Indonesia.
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
Menyusun Proposal PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research) Oleh: Drs. Khaerudin, M.Pd.
Pembelajaran Drama Di Sekolah Dasar Oleh: Heru Subrata.
Pertemuan XI MEMBACA CERITA PENDEK
TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR
TEKS ANEKDOT.
METODOLOGI PENELITIAN
ANALISIS PROFIL DAN PETA MUTU PENDIDIKAN
Program Kreatifitas Mahasiswa – Artikel Ilmiah
SENI TEATER.
PENDEKATAN DALAM APRESIASI SASTRA
Oleh : Dr.Hj.R.Ika Mustika,M.Pd R. Mekar Ismayani, M.Pd.
KARYA ILMIAH Kelompok 8 Abimsya (D ) Nani Ismawati ( D )
Minggu keempat SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
Oleh: Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi FTTM-ITB
SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
minggu kesembilan SANGGAR SKENARIO 9 Layar Lebar 5
minggu kedelapan SANGGAR SKENARIO 8 Layar Lebar 5
MATA KULIAH teknik penulisan & Presentasi
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
SANGGAR SKENARIO SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
CERITA SUMBER2 CERITA : Kisah Nyata, Novel, Khayalan, Kitab Suci, Lirik Lagu... FUNGSI CERITA : Sebagai bungkus pesan, pengikat unsur2 filmis lainnya,
Pendalaman Materi Produksi
PENGEMBANGAN MEDIA.
Pendalaman Materi Produksi
PEDOMAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
Pendalaman Materi Produksi Pertemuan 6
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Munculnya Media Komunikasi Massa (1) Pertemuan 3
Disarikan oleh : siti khusnul k
MERANCANG KARYA SENI TEATER
Disarikan oleh : siti khusnul k
CERPEN Oleh Aqmarina.
Kontrak kuliah bahasa Indonesia 2013/2014
PARAGRAF/ALINEA Pertemuan 7
minggu kesepuluh - keduabelas
AUDIO VISUAL KREATIF Pertemuan ke-1
6/11/2018 Orientasi Pengajaran Mikro Dwi Anggraeni Siwi/
DISKUSI PENYAMAAN PERSEPSI PERKULIAHAN MPK BAHASA INDONESIA SEBAGAI MATAKULIAH BERSAMA PTN SE-JAWA TIMUR.
Pengenalan Produksi Film Maukuf Masykur
Disiplin Tertib dan Koomparatif
PERSPEKTIF SOSIOLOGI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
minggu kelima SANGGAR SKENARIO 5 Layar Lebar 5
Assalamualaikum BAHASA INDONESIA DRAMA By : kartika liani.
BAHASA ILMIAH Loekas Soesanto.
DRAMA Suatu teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.
LAPORAN MENDALAM TELEVISI
STRUKTUR FILM Oleh Siti Khusnul K., M.A..
Penjelasan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta Depok, 1 April 2019.
Transcript presentasi:

SANGGAR SKENARIO Layar Lebar ikunsrikuncoro@gmail.com

Merentang Jarak Pengetahuan dan Ketrampilan Penulisan Skenario minggu pertama Merentang Jarak Pengetahuan dan Ketrampilan Penulisan Skenario

Merentang Jarak Pengetahuan dan Ketrampilan Penulisan Skenario Deskripsi singkat: Merentang Jarak Pengetahuan dan Ketrampilan Penulisan Skenario adalah upaya pemetaan pengetahuan yang harus dimiliki untuk menulis skenario, dan praktik yang harus dilakukan untuk menguji pengetahuan tersebut, dan prosedur untuk menguasainya. Manfaat: Pemetaan ini berguna untuk mengurangi risiko kegagalan transformasi pengetahuan yang pada dasarnya adalah informasi-informasi dan uji coba penerapannya dalam praktik. Learning Outcomes: Mahasiswa mengetahui hal-hal yang harus dikerjakan, tanggungjawab yang diemban, dan risiko dari kelalaian dalam mengikuti matakuliah ini. Relevansi: Pemetaan ini menjaga agar jalannya perkuliahan tidak menyimpang dari jalur, arah yang sudah ditetapkan.

Jika kita menonton sebuah film, hal yang sangat membekas adalah cerita yang disuguhkan film itu. Cerita seakan adalah menu utama yang disajikan film itu. Dalam tradisi pembuatan film, cerita dituliskan paling awal (disebut sebagai tahap pra produksi), untuk memandu seluruh praktik produksi: beaya yang dibutuhkan, di lokasi mana saja produksi harus dijalankan, berapa orang yang akan terlibat sebagai pemain, kebutuhan apa saja untuk diambil gambarnya, berapa lama film akan selesai, hal-hal pendukung apa yang dibutuhkan? Ibarat sebuah bangunan, cerita yang ditulis dalam bentuk skenario adalah hasil rancangan arsitek, dan film yang mewujud adalah hasil seorang sarjana teknik sipil. Dengan pemetaan seperti itu, dapat dibayangkan, bahwa menulis skenario adalah sebuah ketrampilan berbahasa yang tersendiri, dan dapat dipisahkan dari ketrampilan mewujudkan sebuah film. Seorang penulis skenario adalah seorang arsitek, seorang sutradara film adalah seorang sarjana teknik sipil. Pemetaan yang memisahkan disiplin pengetahuan dan ketrampilan antara arsitek dan teknik sipil, penulis skenario dan sutradara ini memungkinkan memformulasikan syarat-syarat pengatahuan dan syarat-syarat ketrampilan teknis yang harus dimiliki oleh masing-masing disiplin. Matakuliah Sanggar Skenario Layar Lebar ini, akan memformulasikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan bercerita dalam format/bentuk skenario; mengujicobakan pengetahuan dan ketrampilan itu dalam praktik; memetakan lama pengetahuan dan ketrampilan itu dihimpun dalam sequel-sequel pengetahuan yang bisa dipelajarai tahap demi tahap; disiplin yang harus ditegakkan dalam menjalani tahap-tahap tersebut. Dari formulasi tersebut, persoalan yang kemudian muncul haruslah dipetakan.

Syarat-syarat Pengetahuan Penulis Skenario Sebagai seorang penulis skenario pengetahuan yang harus dimiliki adalah: Mengenali gejala yang disebut cerita, dari pengenalan itu ditingkatkan menjadi pemahaman, sehingga dari pemahaman ini bisa dipraktikkan kerja penjelasan terhadap gejala itu, sekaligus juga praktik mewujudkannya. Mengenali ragam media yang digunakan untuk bercerita. Mengenali skenario sebagai ragam literer/tulisan yang memiliki tradisi dan disiplinnya sendiri, berbeda dengan ragam literer lain seperti: prosa, puisi, naskah lakon, dll, sehingga bisa mewujudkannya dalam praktik kerja atau pewujudan. Menyusun tahap-tahap kerja dalam praktik pewujudan skenario.

Kesepakatan praktik perkuliahan: ceramah, diskusi kelas, tugas. Kesepakatan kehadiran di kelas 75% Kesepakatan penilaian: kehadiran di kelas 40% keaktifan diskusi kelas 25 % tugas 35 % Film-film Rujukan: Pay Back; Déjà Vu; Ada Apa Dengan Cinta, Gie. Hero

Rujukan Informasi sebagai Pangkal Tolak Elaborasi Fungsi Naratif, Paul Ricoeur, 2009, dalam Hermeneutika Ilmu Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Peran Sastra dalam Sandiwara Pentas, Radio, dan Televisi; Asrul Sani, 1982, dalam Sejumlah Masalah Sastra, ed. Satyagraha Hoerip. Jakarta: Sinar Harapan. Novel dan Film. Pamusuk Eneste. 1989. Ende Flores: Nusa Indah. Mencari Tokoh Bagi Roman. Iwan Simatupang. 1982, dalam Sejumlah Masalah Sastra, ed. Satyagraha Hoerip. Jakarta: Sinar Harapan. Layar Kata. Seno Gumira Ajidarma. 2000. Yogyakarta: Bentang Budaya. Memahami Film. Himawan Pratista. 2008. Yogyakarta: Homerian Pustaka. GIE Ada Apa Dengan Cinta Uang, Rentenir, dan Hutang-Piutang di Jawa. Heru Nugroho. 2001.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. The Tehnique of Screen & Television Writing. Eugene Vale. 1986. New York: Simon & Schuster, Inc.

Mencari Tokoh Bagi Roman. Pertemuan Minggu Kedua Pertanyaan kunci: Apa yang disebut cerita? Apa media yang digunakan untuk bercerita? Siapa yang bisa diceritakan? Mencari Tokoh Bagi Roman. Iwan Simatupang. 1982, dalam Sejumlah Masalah Sastra, ed. Satyagraha Hoerip. Jakarta: Sinar Harapan. Novel dan Film. Pamusuk Eneste. 1989. Ende Flores: Nusa Indah. Fungsi Naratif Paul Ricoeur, 2009, dalam Hermeneutika Ilmu Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Peran Sastra dalam Sandiwara Pentas, Radio, dan Televisi. Asrul Sani, 1982, dalam Sejumlah Masalah Sastra, ed. Satyagraha Hoerip. Jakarta: Sinar Harapan.

Naratifitas Sinematografi Estetika Plot (Pay Back – Déjà vu) Pertemuan Minggu 3: Mencari Gagasan Cerita dan Menyusunnya Menjadi Sinopsis - Membongkar narasi RENTENIR karya Dr. Heru Nugroho Narasi Etnografi Narasi Estetis Naratifitas Sinematografi Estetika Plot (Pay Back – Déjà vu) Estetika Visual (Hero) Estetika Penonton Remaja (AADC, Gie) Narasi sosiologis RENTENIR Layar Kata, Seno Gumira Ajidarma Memahami Film, Himawan Pratista Uang, Rentenir, dan Hutang Piutang di Jawa; Dr. Heru Nugroho. (BAB 3).

Pertemuan Minggu 4: Plot dan Estetika Sinematografi Menubuhkan gagasan dan mencari tokoh Gagasan-gagasan dalam Rentenir Memilih gagasan utama cerita Mempertimbangkan penonton remaja Menubuhkan gagasan ke dalam tokoh cerita RENTENIR: Dari kasus-kasus orang-tua diturunkan pada remaja atau anak-anak mereka, sebagai pertimbangan melayani penonton film remaja. Layar Kata, Seno Gumira Ajidarma Memahami Film, Himawan Pratista Rentenir, Heru Nugroho.

Pertemuan Minggu 5: Mengembangkan gagasan menjadi sinopsis. Menimbang panjang cerita Memperpanjang gagasan dari satu paragraf ke 4 halaman sinopsis.

Pertemuan Minggu 6: Ujian Tengah Semester 1. Jelaskan pengetahuan anda tentang: a. Apa yang disebut cerita? b. Apa yang disebut media bercerita? c. Apa contoh-contoh yang bisa ditunjuk? d. Apa yang menjadi unsur sebuah cerita? 2. Jelaskan pengetahuan anda tentang: a. Apa yang disebut tema, dan sinopsis? Mengapa tema atau gagasan cerita jika disusun dalam sebuah kalimat akan terdiri: SUBYEK + PREDIKAT YANG MERUJUK PROSES + OBYEK ATAU HASIL AKHIR DARI KESELURUHAN PROSES? Mengapa sinopsis harus telah memuat: latar belakang tokoh, persoalan yang muncul dan harus dihadapi si tokoh, konfliks yang terjadi pada si tokoh, hasil akhir yang dicapai oleh si tokoh? 3. Mengapa pembabakan dalam plot harus telah menceritakan pembagian cerita berdasarkan kejelasan hal-hal yang akan terjadi dalam cerita: pemaparan, latar belakang munculnya persoalan, konflik atau perseteruan yang terjadi dalam persoalan, klimaks atau puncak perseteruan persoalan, penutup akhir dari persolan yang ada dalam cerita? 4. Untuk apa pembabakan dalam plot dikembangkan? Apa yang menjadi cara pengembangan tersebut?

Pertemuan Minggu 7: diskusi kelas 1. Jelaskan pengetahuan anda tentang: a. Apa yang disebut cerita? b. Apa yang disebut media bercerita? c. Apa contoh-contoh yang bisa ditunjuk? d. Apa yang menjadi unsur sebuah cerita? 2. Jelaskan pengetahuan anda tentang: a. Apa yang disebut tema, dan sinopsis? Mengapa tema atau gagasan cerita jika disusun dalam sebuah kalimat akan terdiri: SUBYEK + PREDIKAT YANG MERUJUK PROSES + OBYEK ATAU HASIL AKHIR DARI KESELURUHAN PROSES? Mengapa sinopsis harus telah memuat: latar belakang tokoh, persoalan yang muncul dan harus dihadapi si tokoh, konfliks yang terjadi pada si tokoh, hasil akhir yang dicapai oleh si tokoh? 3. Mengapa pembabakan dalam plot harus telah menceritakan pembagian cerita berdasarkan kejelasan hal-hal yang akan terjadi dalam cerita: pemaparan, latar belakang munculnya persoalan, konflik atau perseteruan yang terjadi dalam persoalan, klimaks atau puncak perseteruan persoalan, penutup akhir dari persolan yang ada dalam cerita? 4. Untuk apa pembabakan dalam plot dikembangkan? Apa yang menjadi cara pengembangan tersebut?

Pertemuan Minggu 8: Mengurutkan peristiwa berlandaskan tangga dramatik. pemaparan konflik kilimak penutup Dari 16 Bagian Cerita sebagai Dasar Kerangka Cerita menjadi 64 bagian cerita yang menjadi Kerangka Cerita. pengembangan cerita

lanjutan pengembangan cerita PEMAPARAN S I N O P T E M A KONFLIKS KLIMAKS Pertemuan minggu 9 PENUTUP PEMAPARAN PEMAPARAN KONFLIKS lanjutan S I N O P KLIMAKS T E M A PENUTUP KONFLIKS PEMAPARAN KLIMAKS KONFLIKS KLIMAKS pengembangan cerita PENUTUP PENUTUP Dari 16 Bagian Cerita sebagai Dasar Kerangka Cerita menjadi 64 bagian cerita yang menjadi Kerangka Cerita. PEMAPARAN KONFLIKS KLIMAKS PENUTUP

Pertemuan 10 – 12 Memvisualkan peristiwa dalam citraan linguistik/bahasa dalam skenario 1 kolom Tanda-tanda yang harus diterakan dalam skenario (Tanda urutan adegan, tanda lokasi, tanda latar tempat, tanda latar waktu) Mengenali peristiwa dalam jalinan waktu terjadinya. Menuliskan dan menandai petunjuk perilaku aktor, menuliskan dialog. Tanda-tanda lain yang harus dituliskan: tanda akhir adegan, tanda-tanda untuk audio, tanda-tanda untuk visual. 007. INT – RUANG KULIAH – SIANG Kuliah penulisan skenario sedang berlangsung. Ada dari beberapa mahasiswa memperhatikan. Ada yang mencatat. Dosen menuliskan penjelasannya tentang scene di papan tulis. Seorang mahasiswa bertanya. MAHASISWA: Apa arti angka dalam tulisan itu? MAHASISWI: Kalau “int” dan “ruang kuliah”? Dosen berhenti menulis. Lalu menjelaskan. DOSEN: Angka itu penanda urutan scene dalam keseluruhan skenario atau cerita. “INT”, penanda lokasi. “Ruang Kuliah” penanda latar tempat terjadinya peristiwa.

Refleksi teoritik berupa ujian tulis dalam bentuk esai. Mengumpulkan tugas akhir berupa skenario untuk durasi 75 – 90 menit, atau setebal minimal 75 halaman, font 12, times news roman, spasi 1.5. Refleksi teoritik berupa ujian tulis dalam bentuk esai. Pertemuan 13

Diskusi Kelas sebagai Refleksi Bersama Seluruh Proses Pertemuan minggu 14 Diskusi Kelas sebagai Refleksi Bersama Seluruh Proses Pemantik diskusi. Sebutkan langkah-langkah penulisan skenario. Dan mengapa penulisan skenario harus melalui pentahapan seperti itu? 2. Jelaskan apa yang disebut konsep estetik dalam karya sinematografi? 3. Apa saja yang menjadi kode penting dalam penulisan scene? Mengapa hal itu bisa terjadi?

selesai