ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Algoritma dan Flowchart
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PERULANGAN Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN 1A
Flowchart.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman Dasar Pertemuan 6
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
Algoritma.
APSI.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Metode Perancangan Program
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Flowchart (Diagram Alur)
Instruksi-instruksi pada 8086
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Pseudo-code.
Flowchart.
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
FLOW CHART.
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
PENGANTAR ALGORITMA DAN LOGIKA
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 2
Transcript presentasi:

ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA SAFITRI JUANITA

MATERI Memahami prosedur, algoritma, flowchart

games PANGGIL 1 ORANG UNTUK MAJU DAN MENGHITUNG JUMLAH TEMAN DI KELAS (JIKA SALAH/KRG CEPAT) MULAI BERHITUNG DARI SISI KANAN SAMPAI SEMUA YANG ADA DIKELAS TERHITUNG (TIAP ORANG MENGHITUNG) AKAN DIHITUNG LAMA WAKTU SAAT BERHITUNG CARI CARA AGAR BERHITUNG DENGAN CARA CEPAT

Prosedure Program terpisah dengan blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram Fungsi prosedur : Memecah program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih sederhana dalam bentuk prosedur Untuk beberapa perintah yang sering digunakan berulang, cukup ditulisak sekali dalam prosedur dan dapat dipanggil berkali-kali

ALGORITMA LANGKAH-LANGKAH PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

FLOWCHART DIAGRAM YANG MENGGAMBARKAN PROSES ALGORITMA TUJUAN FLOWCHART DESAIN PROGRAM PRESENTASI PROGRAM

PSEUDO CODE KODE YANG MENYERUPAI BAHASA PEMROGRAMAN SESUNGGUHNYA DENGAN PENJELASAN CARA MENYELESAIKAN SUATU MASALAH DAN TIDAK ADA ATURAN DALAM PENULISANNYA

JAWAB PERTANYAAN INI BAGAIMANA CARA ANDA LOG IN KE FACEBOOK

FLOWCHART ADA 6 SIMBOL DASAR YANG SERING DIGUNAKAN DI FLOWCHART

FLOWCHART… TERMINAL Digunakan untuk mendefinisikan START dan END sebuah program

FLOWCHART… INPUT/OUTPUT CONTOH : INPUT USERNAME, INPUT PASSWORD, TAMPILKAN STATUS FACEBOOK

PROSES CONTOH : INISIALISASI (MEMBERI NILAI AWAL) SPT A=0,B=1 dst, Proses Perhitungan seperti (C=A+B), P=X2 + Y

DECISION BERGUNA SEBAGAI PERTANYAAN YANG MEMILIKI PILIHAN BENAR/SALAH, IYA/TIDAK SEBAGAI JAWABAN CONTOH : APAKAH ANDA ONLINE ? JAWABAN BISA TIDAK, BISA IYA

CONNECTOR BERGUNA SEBAGAI PENGHUBUNG ANTAR FLOWCHART

CONTROL FLOW MENAMPILKAN URUTAN PENYELESAIAN MASALAH

ATURAN FLOWCHART DIGAMBARKAN DARI ATAS KE BAWAH SEMUA SIMBOL PADA FLOWCHART HARUS TERHUBUNG DENGAN PANAH (SEBAGAI PENANDA URUTAN KEGIATAN ATAU TAHAPAN) SEMUA FLOWCHART BERAWAL DENGAN SIMBOL TERMINAL ATAU PROSES SIMBOL DECISION MEMILIKI 2 KELUARAN, PERTAMA ADALAH JIKA “IYA” DAN KEDUA ADALAH JIKA “TIDAK”

LATIHAN FLOWCHART BUAT FLOWCHART UNTUK INPUT ANGKA 10 DAN TAMPILKAN HASILNYA PSEUDO CODE : Inisialisasi SUM=0 Input angka Hitung angka yang diinput dan simpan hasilnya di SUM Cetak SUM

LATIHAN FLOWCHART MENGHITUNG JUMLAH DARI 5 BILANGAN YANG DI-INPUT PSEUDO CODE Inisialisasi SUM=0 dan Count=0 Enter N Hitung SUM+N simpan di SUM dan increment Count dengan 1 Cek nilai Count < 5 Jika iya maka kembali ke langkah ke 2 jika tidak maka cetak SUM selesai

LATIHAN MANDIRI CETAK “SALAM BUDI LUHUR” SEBANYAK 10 KALI. Pseudo Code Inisialisasi Count=0 Cetak Salam Budi Luhur Increment Count dengan 1 Cek Count <10 jika Ya maka Kembali ke Langkah ke 2 jika tidak maka Selesai

catatan Semakin banyak cara Anda menyelesaikan masalah maka semakin banyak yang harus Anda gambarkan di Flowchart