CONTOH PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

Pembuatan Aplikasi Pembelajaran History of Football Menggunakan Adriyanto Eka Putra, for further detail, please visit
Musdalifah DJ. Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apaila ada software di dalamnya, demikian pula sebaliknya software.
SURABAYA SALAMAT DATANG UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA
Syarat-syarat data yang baik adalah:
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
METODOLOGI PENELITIAN LANJUTAN
Seminar Metode Pembelajaran dan PTK
DASAR-DASAR PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
RUBIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG CARA MENYELESAIKAN for further detail, please visit
Langkah-langkah Penelitian
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
MPS REKAPITULASI DAN TEKNIK PENULISAN LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF & KUALITATIF.
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
APLKASI CD INTERAKTIF PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN Gumpar Tri Caesar
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
Oleh Prof. Soenarto PhD Dosen Pacasarjana UNY
Menyusun Proposal PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research) Oleh: Drs. Khaerudin, M.Pd.
Oleh : Ndaru Joko Prabowo
SISTEMATIKA PROPOSAL PTK Oleh : Terry Irenewaty, M.Hum. Universitas Negeri Yogyakarta Karangmalang, Agustus 2011.
Oleh Prof. Soenarto PhD Dosen Pacasarjana UNY
PENELITIAN PENGEMBANGAN Research & Development
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
STRATEGI PEMBELAJARAN
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA PEMBELAJARAN.
TOOLBOOK II INSTRUCTOR
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
PEMBUATAN APLIKASI CD INTERAKTIF CARA MEMBUAT PARSEL Yanti Suryani
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS KARAKTER PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X SMA Setyaningsiha,b,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
CD INTERAKTIF UNTUK MENGENAL PERHITUNGAN RUMUS BANGUN DATAR Indra Gunawan, for further detail, please visit
MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PROPOSAL PENELITIAN PENGEMBANGAN
DESAIN PEMBELAJARAN ALA DICK AND CARREY
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
Disusun oleh: Sefri Bayu Adi
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
Workshop Pembuatan RPP
PENULISAN MODUL.
P R O P O S A L PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga memperoleh pengetahuan,
METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN
STRUKTUR BUKU GURU PPT – 3.2.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
APLIKASI PENGENALAN ORGAN TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM Prastia Puspita Saputri, for further detail, please visit
DEPOK VITUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMAHAMAN IDE POKOK PARAGRAF PESERTA DIDIK KELAS XII IA-8 SMA NEGERI 3 SEMRANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN.
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI INTEGRATIF
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Makalah Proses & Evaluasi Belajar Matematika Disusun Oleh : Kelompok 2
OLEH: NURUL FAUZIAH NIM : I2E PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MATARAM 2018 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN.
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
(Studi Eksperimen Terhadap Siswa Siswi XI IPA 4 SMA Negeri 2 Cikampek)
PENELITIAN PENGEMBANGAN
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VII.3 SMPN 30 PADANG.
SALMILAH Program Pasca Sarjana UNM Makassar D MODEL RESEARCH & DEVELOPMENT.
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
KELAS 6 DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7
M ETODOLOGI PENELITIAN Nama: Reva Yolanda Nim:
Transcript presentasi:

CONTOH PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL JUDUL: PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERUPA VIDEO TUTORIAL PADA KURSUS DESAIN GRAFIS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN KREATINDO TIRTAYASA KABUPATEN SERANG KARYA:Babay Suhendri (2321110024) Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana UNTIRTA 2013

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Inti latar belakang masalah: Kursus desain grafis masih dibantu dengan bahan ajar modul hasil cetakan biasa, padahal media tersebut masih memiliki keterbatasan Cara pelaksanaan kursus tersebut belum menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Untuk menunjang praktikum dan sebagai bahan media pembelajaran interaktif yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

B. Fokus Masalah Penelitian Belum ada video tutorial program aplikasi Xara Designer Pro X yang dikembangkan sebagai bahan ajar pada kursus desain grafis. C. Rumusan Masalah Bagaimana pengembangan media pembelajaran video tutorial desain grafis yang interaktif, efektif, efisien dan menyenangkan? Apakah ada pengaruh hasil pengembangan media terhadap prestasi belajar?

D. Kegunaan Hasil Penelitian Akademis / teoritis: menjadi solusi alternative dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Lembaga: menghasilkan multimedia interaktif berbasis video tutorial sebagai bahan ajar

BAB II KAJIAN TEORITIK A. Konsep Pengembangan Media Pengertian Media Media Pembelajaran Fungsi dan Manfaat Media Pendidikan Penggunaan Media Pendidikan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengembangan Bahan Pembelajaran B. Konsep Model yang Dikembangkan Video Interaktif Konsep dasar CAI Model Tutorial Konsep Pembelajaran Tutorial Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Tutorial Perencanaan Produksi Media Interaktif Model Tutorial Pengertian Desain Grafis Aplikasi grafis Xara Designer Pro X.

C.Kerangka Teoritik Berdasarkan hasil kajian teoritik bahwa penggunaan media interaktif berupa video sangat menunjang dalam pembelajaran. Manfaatnya antara lain: Ranah Kognitif Ranah Afektif Ranah Kemampuan Motorik 

D. Rancangan Pengembangan Model Media yang dikembangkan berupa videotutorial dengan didesain dikendalikan penuh oleh pengguna Adapun isi pembelajaran dari media berupa kompetensi di bidang aplikasi desain grafis Xara Designer Pro X. Untuk mengetahui kemampuan kognitif pengguna, difasilitasi uji kompetensi berupa soal teori media ini dibuat dengan software authoring macromedia flash 8, video diperoleh dari rekaman layar monitor (record the screen) pada pelaksanaan kursus untuk merekam layar penulis menggunakan Camtasia Studio. Tahap pengembangan mengikuti langkah Siklus Hidup Pengembangan Multimedia yaitu mulai dari concept, design, material collecting, assembly, testing dan distributing.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Tujuan Penelitian Menghasilkan produk media pembelajaran interaktif dalam video tutorial desain grafis yang efektif, efisien dan menyenangkan Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadapprestasi belajar desain grafis

B. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan di lembaga kursus dan Pelatihan Kreatindo Kec.Tirtayasa. Penelitian akan dilakukan selama 4 bulan dari 15 April 2013 sampai 15 Juli 2013.

C. Karakteristik Model yang Dikembangkan Dapat digunakan secara acak atau tidak berurutan Dapat digunakan sesuai dengan keinginan pembelajar Gagasan diungkapkan dengan kata, symbol dan grafis Prinsip ilmu kognitif diterapkan selama pengembangan Belajar berpusat pada peserta didik dengan tingkat interaktifitas yang tinggi. D. Pendekatan dan Metode Penelitian Menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D).

E. Langkah-langkah Pengembangan Model Potensi dan masalah Pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk ujicoba pemakaian produksi masal

F. Penelitian Pendahuluan Dilakukan dengan 3 tahap pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu mengenai analisis lingkungan belajar, analisis karakteristik siswa dan analisis jenis kursus. Merancang strategi pembelajaran Evaluasi media pembelajaran

G. Rancangan Pengembangan Model 1. Media pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk CD 2. Pengembangan media dilakukan dengan program Macromedia Flash 8 sebagai software utama sedangkan untuk merekam layar menggunakan Camtasia Studio 3. Media dirancang untuk memudahkan pembelajaran 4. Media pembelajaran menggunakan teks, gambar, video, animasi, paduan warna dan background music sesuai keperluan guna memudahkan pemahaman, menarik perhatian dan menyenangkan 5. Media ini dapat digunakan individu maupun klasikal

H. Validasi, Evaluasi dan Revisi Model Validasi dilakukan dengan telaah pakar (expert judgement( yang meliputi ahli materi dan ahli media. Setelah divalidasi dan dinyatakan layak maka media tersebut diujicobakan kepada uji coba (peserta didik) dengan karakteristik kemampuan heterogen sehingga kemampuan tinggi, sedang rendah terwakili.

I. Data dan Sumber Data Penelitian Data kualitatif dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari tanggapan mengenai aspek pembelajaran, materi dan media dari berbagai sumber yaitu ahli materi, ahli media dan peserta didik. Data kuantitatif lainnya diperoleh dari hasil nilai peserta didik pada pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan yaitu: a. Angket Angket validasi ahli: Angket penilaian tanggapan uji coba produk b. Format Observasi c. Instrumen tes

J. Analisis Data Menggunakan t-test berpasangan ANOVA