Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
Advertisements

Image, Animasi dan Multimedia di Delphi
Pemrograman Visual Basic 6.0
Corel Draw By : Lenny.
1. Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) debedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual. a. Jelaskan.
1. Secara garis besar pemrograman dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual Pengertian dari Pemrograman konvensional.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Graphical User Interface (GUI)
Grafika Komputer (TIZ10)
Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007.
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
Microsoft Publisher Sejarah Microsoft Publisher
Color.
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Image Raden Budiarto.
Nama : Sassika Nim : Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.
Graphical User Interface (GUI)
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
IRAWATI, S.Kom.,MT. PEMROGRAMAN WEB
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
DASAR DESAIN GRAFIS.
Pertemuan 1 Introduction
Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon. Titik potong.
Drawing tools Dan aplikasinya
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
KOMPUTER APLIKASI IT XHTML & CSS MODUL 05
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
D10K-6C01 Pengolahan Citra PCD-03 Piksel dan Representasinya
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pertemuan II – Grafika Komputer
Pengantar Design Grafis
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Disusun oleh: Hermansyah, S.Kom
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Graphical User Interface (GUI)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Mengenal Layer.
Pertemuan II – Grafika Komputer
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pengertian Pixel Pixel :
Topik Perkuliahan Pengantar Penggambaran objek primitif
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Format citra Oleh : Kustanto 11/10/2018.
BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
1 HELLO! Angga Firman Setiawan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Jember
Transcript presentasi:

Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 Semester Ganjil 2016-2017 GK02a: Dasar Pemrograman Grafis Menggunakan Visual Studio.NET Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Pengantar Framework internal Visual Studio: GDI+ Komponen dalam windows diibaratkan sebuah kanvas Aplikasi grafis mengambar objek grafis dalam kanvas tersebut

Sistem Koordinat Standard VS Upside-down Cartesian Ywindow = height - Ycartesian (width,0) (0,0) (width, height) (0,height)

Penggambaran menggunakan C# 1. Pustaka grafis GDI+: using System.Drawing; 2. Ambil komponen kanvas “graphics context” : Graphics g = myPanel.CreateGraphics( ); 3. Gambarkan menggunakan perintak grafis: g.DrawLine(pen, x1,y1, x2,y2);

Objek Grafis Draw Fill Line (pt1,pt2) Lines (pt list) Arc Curves, Bezier Ellipse (rect) Rectangle (rect) Polygon (pt list) Image (img, x,y) String (string, x,y) label

Atribut Grafis Pen (for lines) Brush (for filling) Color, width, dash, end caps, joins, Brush (for filling) Color, Solid, texture, pattern, gradient Font, String Format (for strings) Bitmap/Metafile (for images) Bmp, gif, jpeg, png, tiff, wmf, …

Warna Kombinasi dari Red, Green, Blue Nilai Alpha = opacity Interval nilai [0 … 255] C#: Color.FromArgb(255, 150, 0) Hokie Orange

Perintah Grafis GDI+ Tutorial for Beginners

Menggambar Titik Button TextBox Panel

Definisikan Elemen Grafis Graphics g; int x, y; Brush aBrush = (Brush)Brushes.White;

Aktifkan Mode Grafis Pada Kanvas private void Form1_Load(object sender, EventArgs e) { g = canvas.CreateGraphics(); }

Gambarkan Piksel pada Kanvas private void DrawPixel_Click(object sender, EventArgs e) { x=Convert.ToInt16(PointX.Text); y =Convert.ToInt16(PointY.Text); g.FillRectangle(aBrush, x, y, 1, 1); }

Bersihkan Kanvas private void ClearScreen_Click(object sender, EventArgs e) { canvas.Refresh(); }

Program Lengkap

Tugas 01 Implementasikan Algoritma Penggambaran Objek Primitif Menggunakan Bahasa Pemrograman C# Objek Garis: Dasar DDA Bresenham Objek Lingkaran Polar Waktu 2 Minggu, Perorangan Gunakan Imajinasi dan Krativitas, Usakahan USER FRIENDLY namun REPRESENTATIF