Konsepsi Psikologi tentang Manusia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BLOK 3 Fakultas Kedokteran Universitas Riau
Advertisements

Dosen : Ravianty Dony, Psikolog
Perkembangan Diri Individu
Kepribadian menurut Freud & Erikson
Pyschoanalysis Orientation_Psi.Sosial II
Manusia & Motivasi Organisasi
HAKEKAT MANUSIA HARYONO.AS NIP
Di Sampaikan Pada Perkuliahan
PERILAKU INDIVIDU & PERBEDAANNYA
MEMAHAMI KONDISI DAN TINGKAH LAKU MANUSIA
MENGELOLA PERBEDAAN “MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN”
RUANG LINGKUP PSIKOLOGI KOMUNIKASI
BEBERAPA PANDANGAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA
Etika Sosial Politik 12 Mei 2011
KONSEP DASAR PSIKOLOGI.
Pertemuan II Materi 2.a. Pendekatan Teori Psikologi
Kepribadian = Cara khas seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. ( Haviland 1999:404 ) = Susunan unsur akal dan jiwa yg. menentukan perilaku/tindakan.
Bag. Psikiatri Fak. Kedokteran
KEMUNGKINAN DAN KEHARUSAN PENDIDIKAN
BAB 3.
REFLEKSI PERBEDAAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI.
Ruang Lingkup Komunikasi dan Perilaku Manusia
Aliran - aliran psikologi
Pertemuan ke – V Beberapa Hampiran (approach) untuk memahami perilaku
Manusia Dan Kebudayaan
Perilaku Komunikasi Manusia
Paradigma Psikoanalisis Sigmund Freud
Psikologi Kepribadian SIGMUND FREUD
Pertemuan-3 Beberapa pendekatan untuk memahami perilaku :
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN SIGMUND FREUD : PSIKOANALISIS
DASAR Komunikasi merupakan bagian yang essensial buat pertumbuhan kepribadian manusia seperti disebutkan oleh Ashley Montagu dan Jhonson. Komunikasi.
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.
Karakteristik manusia komunikan
Konsep Kepribadian Sehat (1)
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
WINNY PUSPASARI THAMRIN
Pendekatan Psikologi Edy Prihantoro.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
PENGINTEGRASIAN Oleh: Raswan Udjang
Kepribadian & Perilaku Konsumen
ETIKA KEPRIBADIAN PERTEMUAN KE-2
Antropologi Hukum tentang Asal Mula Kehidupan
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
SEKILAS PSIKOANALISIS FREUD
PERKEMBANGAN SEKSUALITAS MANUSIA
PENGINTEGRASIAN Pengintegrasian adalah kegiatan menyatupadukan keinginan karyawan dan kepentingan perusahaan, agar tercipta kerjasama yang memberikan kepuasan.
Mazhab PSIKOLOGI KLASIK
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
Karakteristik manusia Komunikan ; Teori Segmund Freud
FILSAFAT PENDIDIKAN MASALAH JIWA
Konsepsi Kemanusiaan.
PRESENTASI PSIKOLOGI INDUSTRI Tema : KEPRIBADIAN DISUSUN OLEH: Kelompok 6 1. BASIT MAHFUD / 2. ENDRI YUDHA / 3. M. SALMAN.
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Khalayak/Konsumen Komunikasi akan semakin efektif bila komunikator mengenal khalayak sasaran yang dituju. Periklanan akan efektif bila mengenal konsumen.
PENDEKATAN PSIKOANALISIS
MANUSIA KOMUNIKAN.
Oleh: Patris Rahabav FKIP Unpatti
Hakikat Manusia 9/16/ :07 PM.
Kepribadian menurut Freud & Erikson
Kepribadian Agus Riyanto,M.T Bandung, 2009
Psikologi Kepribadian SIGMUND FREUD
Teori Psikoanalisa Part 1
TEORI PSIKOLOGI STRUKTURALISME Tokoh : WILHELM WUNDT Pendapatnya : Utk mempelajari gejala-gejala kejiwaaan kita hrs mempelajari isi & struktur jiwa.
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN SIGMUND FREUD : PSIKOANALISIS
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.
Meta Damariyanti, Mpsi., Psikolog
Transcript presentasi:

Konsepsi Psikologi tentang Manusia

Manusia sebagai makhluk yang digerakkan oleh keinginan-keinginan terpendam (Homo Volens).

konsepsi behaviorisme yang memandang manusia sebagai makh­luk yang digerakkan semaunya oleh lingkungan (Homo Mechanicus).

Teori "jarum hipodermik" (yang menyatakan media massa sangat berpengaruh)

Konsepsi psikologi kognitif yang melihat manusia sebagai makhluk yang aktif mengorganisasikan dan mengolah stimuli yang diterimanya (Homo Sapiens).

Konsepsi psikologi humanistis yang menggambarkan manusia sebagai pelaku aktif dalam rnerumuskan strategi transaksional dengan lingkungannya (Homo Ludens),

perilaku manusia merupakan hasil interaksi tiga sub-sistem dalam kepribadian manusia Id, Ego, dan Superego (Sigmund Freud)

id adalah bagian kepribadian yang menyimpan dorongan-dorongan biologis manusia - pusat instink (hawa nafsu - dalam kamus agama).

Ada dua instink dominan: (I) Libido — instink reproduktif yang menyediakan energi dasar untuk kegiatan-kegiatan manusia yang konstruktif; (2) Thanatos — instink destruktif dan agresif.

Yang pertama disebut juga instink kehidupal (eros), yang dalam konsep Freud bukan hanya meliputi dorongan seksual tetapi juga segala, termasuk kasih ibu pemujaan pada Tuhan, dan cinta diri (narcisism).

Yang kedua merupakan instink kematian…Semu! Id bergerak berdasarkan prinsip kesenangan (pleasure principle), ingin segera memenuhi kebutuhannya. Id. bersifat egoistis, tidak bermoral dan tidak mau tahu dengan kenyataan. Id adalah tabiat hewani manusia. otif manusia adalah gabungan antara eros dan thanatos.

Walaupun Id mampu melahirkan keinginan, ia tidak mampu memuas kan keinginannya

Yang kedua — ego — berfungsi menjembatani tuntutan Id dengan realitas di dunia luar.

Ego adalah mediator antara hasrat-hasrat hewani dengan tuntutan rasional dan realistik.

Ego-lah yang menyebabkan manusia mampu menundukkan hasrat hewaninya dan hidup sebagai wujud yang rasional (pada pribadi yang normal). la bergerak berdasarkan prinsip realitas (reality principle).

Ketika Id mendesak supaya Anda membalas ejekan dengan ejekan lagi pada seseorang, ego memperingatkan Anda bahwa lawan Anda adalah "bos" yang dapat memecat Anda.

Unsur moral dalam pertimbangan terakhir disebut Freud sebagai superego.

Superego adalah polisi kepribadian, mewakili yang ideal Superego adalah polisi kepribadian, mewakili yang ideal. Super­ego adalah hati nurani (conscience) yang merupakan internalisasi dari norma-norma sosial dan kultural masyarakat.

Superego memaksa ego untuk menekan hasrat-hasrat yang ke alam bawah sadar. Baik ld maupun superego berada dalam bawah sadar manusia. Ego berada di tengah, antara memenuhi desakan Id dan peraturan superego.

Aristoteles berpendapat bahwa pada waktu lahir jiwa manusia tidak memiliki apa-apa

Menurut kaum empiris, pada waktu lahir manusia tidak mempunyai "warna mental". Warna ini didapat dari pengalaman. Pengalaman adalah satu-satunya jalan ke pemilikan pengetahuan.