Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dosen : Ravianty Dony, Psikolog
Advertisements

HAKEKAT KODRAT MANUSIA
Manusia dan Agama.
(Mencari jati diri dan makna kehidupan manusia)
HAKIKAT MANUSIA; Siapakah aku ini?
U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian ( )  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
Manusia Dan Alam Semesta
Menurut Para Ilmuan manusia
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Pembentukan Sikap Dan Tingkah Laku
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
Manusia dan Agama.
Dalam konsep pengetahuan
 ADITIA SAHRUL GUNAWAN ( )  AGUNG PANGESTU ( )  AMALIAH NURRROHMAH ( )
Siapakah Manusia itu...? Manusia adalah Makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna di muka bumi ini, di karnakan Manusia di lengkapi dengan Akal dan Fikiran.
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
Kelompok 9 Retno Jayanti Rini Ertasari Rini Yunengsih Sri Sayekti
A. Manusia dan Alam Semesta
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
MANUSIA DAN KEHIDUPAN (Pend. Agama Islam)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
Antropologi Hukum tentang Asal Mula Kehidupan
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUKAN AKHLAK
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
BAB I Manusia dan Alam Semesta
Konsep Manusia dan Agama
Psikologi Pendidikan Islam
Konsepsi Kemanusiaan.
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam ISLAM
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
ASSALAMUALAIKUM WR.WB Tugas IASBD
PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTUHNYA
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Cahya Indah Purnamasari
BAB II PERKEMBANGAN ILMU
HAKIKAT DAN PERAN MANUSIA
HAKIKAT MANUSIA; Siapakah aku ini?
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
ETIKA KEILMUAN – S2 Komunikasi (Dedi S)
MANUSIA KOMUNIKAN.
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
 Al Qur’an dapati kesimpulan yang cukup besar peluang kebenarannya bahwa sebenarnya seluruh kejadian di alam semesta ini, sudah terjadi dan kejadiannya.
PERKEMBANGAN PENALARAN DAN FISIK MANUSIA
Al - Baqarah 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
Transcript presentasi:

Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam

Manusia dan alam semesta Manusia Manusia tidak berbeda dengan binatang dalam kaitan fungsi tubuh dan fungsionalnya LALU................ siapakah manusia itu???

Manusia psikoanalisis : homo volents( manusia berkeinginan),manusia memiliki perilaku hasil interaksi antara komponen biologis(id),psikologis(ego),dan sosial(superego).dan terdapat unsur animal(hewani),rasional(akhali),dan moral(nilai

Manusia behaviorisme : manusia sebagai homo mechanicus (manusia mesin) Manusia behaviorisme : manusia sebagai homo mechanicus (manusia mesin).lahir sebagai reaksi terhadap introspeksionisme (aliran yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan subyektif ) dan psikoanalisis (aliran yang berbicara tentang alam bawah sadar yang tidak tampak).segala tingkah laku manusia terbentuk sebagai hasil proses pembelajaran terhadap lingkungannya, tidak disebabkan aspek rasional dan emosionalnya

manusia kognitif: manusia sebagai homo sapiens(manusia berpikir) manusia kognitif: manusia sebagai homo sapiens(manusia berpikir).manusia tidak lagi dipandang sebagai makhluk yang bereaksi secara pasif pada lingkungan,tetapi sebagai makhluk ang selalu berusaha memahami lingkungannnya,makhluk yang, selalu berpikir.mereka mengecam pendapat yag cenderung menganggap pikiran itu tidak nyata karena tampak tidk mempengaruhi peristiwa.padahal berpikir,memutuskan,memahami dan sebagainya fakta kehidupan manusia.

Manusia humanisme : menyebut manusia sebagai homo ludens (manusia bermain).mengecam teori psikoanalis dan behaviorisme karena keduanya dianggap tidak menghormati manusia sebagai manusia.keduanya tidak menjelaskan aspek eksistensi manusia yang positif dan menentukan seperti cinta,kreatifitas,nilai,makna,dan pertumbuhan pribadi.menurut humanis manusia berprilaku untuk mempertahankan,mengingatkan,dan mengaktualisasikan diri.

Alam Semesta universe(alam semesta)?????? segala sesuatu yang ada pada diri manusia dan diluar dirinya (tanpa diketahui batas-batasnya) merupakan satu kesatuan dan sistem yang unik dan misterius.

Manusia dan alam semesta Hubungan historis :kesenjangan bukti-bukti ilmiah telah melemahkan hipotesis bahwa manusia adalah perkembangan lebih lanjut dari keluarga primata

Hubungan fungsional :keharmonisan tidak senantiasa menghiasai hubungan manusia dengan alam semesta,pada suatu saat tatkala masih sangat sederhana,insting-insting manusia berjalan bersesuaian dengan sifat-sifat hukum alam

Manusia menurut agama islam penyebutan nama : manusia memerlukan memerlukan pangetahuan dari pihak lain yang dapat memangdang dirinya lebih utuh penyebutan nama manusia dalam al-qur’an tidak hanya satu macam. Berbagai istilah digunakan untuk menunjukan berbagai aspek kehidupan manusia

Aspek-aspek tersebut diantaranya: Aspek historis :penciptaan manusia disebut bani adam. Artinya: hai anak adam pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan minumlah,dan janganlah berlebih-lebihan.sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan

aspek biologis: yang mencerrminkan sifat-sifat fisika –kimia-biologisnya Artinya: berkatalah pemuka-pemuka yang kafir diantara kaumnya yang mendustakan akan menemui hari akhirat (kelak) dan yang telah(kami mewahkan dalam kehidupan didunia):orang ini tidak lain adalah manusia(basyar)seperti kamu,dia makan dari apa yang kamu makan dan meminum dari apa yang kamu minum

Aspek kecerdasan :disebut dengan insan yakni makhluk terbaik yang diberi akal sehingga mampu menyerap ilmu pengetahuan.

Aspek sosiologis: disebut annas yang menunjukan sifatnya yang berkelompok sesama jenisnya Artinya: wahai manusia sembahnlah tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum yang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Aspek posisinya : disebut ‘abdun (hamba) yang menunjukan kedudukannya sebagai hamba allah yang harus tunduk dan patuh kepadanya . Artinya: maka apakah mereka tidak melihat langit dan bumi yang ada di hadapan dan dibelakang mereka?jika kami menghendaki niscaya kami benamkan mereka dibumi atau kami jatuhkan mereka gumpalan dari langit.sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuatan tuhan) bagi setiap hamba yang kembali (kepada-Nya).

Aspek historis penciptaan Al-quran tidak menjelaskan secara kronologis penciptaan manusia menyangkut waktu dan tempat. Namun al-quran menjelaskan jawaban yang sangat penting dari titik manakah kehidupan itu bermula,asal-usul manusia bersifat air.hal ini dimulai dari pembentukan alam semesta.

Komponen biologis manusia dibentuk dari komponen-komponen byang dikandung didalam tanah Turaab,yaitu tanah gemuk Tiin,yaitu tanah lempung Tiinul laazib,yaitu tanah lempung yang pekat Salsalun,yaitu lempung yang dikatakan kalfakhkhar(seperti tembikar) Salsalun min hamain masnuun,yaitu lempung dari lumpur yang dicetak/diberi bentuk Sulaalatun min tiin,sari pati lempung Air yang dianggap sebagai asal-usul kehidupan

reproduksi dalam surat Al-Qiyamah ayat 37,disebutkan bahwa manusia berasal dari nutfaham min maniyin yumma9setetes sperma yang ditumpahkan).Nu fah berarti sejumlah yang sangat kecil yang sering diartikan sebagai setetes air.dari sejumlah sperma yang ditumpahkan memang hanya satu sel saja yang pada akhirnya membuahi ovum.

Pembentukan bayi

Ruh dan nafs pemasukan ruh menjadi unsur penentu yang membedakan manusia dengan dunia hewan. ruh adalah getaran illahiah yaitu getaran sinyal ketuhanan sebagaimana rahmat,nikmat,dan hikmah yang kesemuanya sering terasakan sentuhannya,tetapi sukar dipahami hakikatnya nafs adalah sesuatu yang sangat terkait dengan aspek fisik manusia.

Fitrah manusia Hanif:kecenderungan kepada kebaikan Potensi :kkelengkapan yang diberikan pada saat dilahirkan didunia Qalb: berubah,berpindah,atau berbalik Nafsu:suatu kekuatan yang mendorong manusia untuk mencapai keinginannya

Karakteristik manusia Aspek kreasi Aspek ilmu Aspek kehendak Pengarahan akhlak

Misi dan fungsi penciptaan manusia misi untuk penyembahan kepada sang penciptanya,Allah swt fungsi manusia melaikan sebagai rahmat bagi alam semesta ini