Prinsip Antarmuka Pengguna

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
4.Tampilan Visual Windows XP tidak terdapat Aero (Aplikasi) bawaan untuk tambahan tampilan visual ) sehingga tidak memiliki tampilan.
Advertisements

Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Praktek Instalasi Windows 98
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah 2 : IMK dan Manusia
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
DESIGN INTERFACE.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Teori, Prinsip, dan Pedoman
OLEH : Julham Afandi.,SKom
Designing Effective Output / Input
MENGOPERASIKAN SISTEM KOMPUTER
A. Mengenal Scanner Scanner yaitu alat yang dapat menghasilkan salinan sebuah image yang berupa gambar (objek) atau teks disimpan dalam sebuah file yang.
Pengantar Aplikasi Komputer 1B** - Psikologi
Interaksi Manusia dengan Komputer
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Antar Muka
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Prinsip Desain Pertemuan 9.
Pendahuluan.
Sumber :
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Implementation Support
Prinsip Perancangan Antarmuka
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Prinsip Antarmuka Pengguna
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
USER INTERFACE.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
BAB 1 : Kegunaan dari Sistem Interaktif
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PRINSIP UTAMA DESAIN ANTAR MUKA (INTERFACE) 1.User Compatibility11.Flexibility 2.Product Compatibility12.Responsiveness.
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Principles of User Interface UI
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Panduan Instalasi Virtual Box
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Desain Antarmuka (User Interface Design)
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Paradigma dan prinsip interaksi
OPERASI DASAR DAN MANAJEMEN FILE
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
PRINSIP DESAIN Prinsip utama mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia & komputer.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer
Desain antar muka Julio warman.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Prinsip Antarmuka Pengguna Anna Dara Andriana.,S.Kom.,M.Kom

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI User Compatibility Product Compatibility Task Compatibility Work Flow Compatibility Consistency Familiarity Simplicity

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Direct Manipulation WYSIWYG Flexibility Responsiveness Invisible Technology Control Robustness

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Protection Ease of Learning & ease of use Trade-off !!!

User Compatibility Semua user adalah tidak sama dan semua user tidak seperti developer Designer harus paham tentang pengetahuan psikologi dasar

Product Compatibility Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan (mengorbankan perubahan UI dimana sistem mungkin lebih kompatibel) Sistem yang akan dibuat harus sesuai dengan sistem manualnya, dan harus dapat menampilkan data yang lebih detail dan akurat dibandingkan sistem manualnya

Task Compatibility Struktur dan aliran sistem harus sesuai dan mendukung tugas user Sebisa mungkin user tidak dihadapkan dengan kondisi memilih dan berpikir, tapi user dihadapkan dengan pilihan yang mudah dan proses berpikir dari tugas-tugas user dipindahkan dalam aplikasi melalui antarmuka.

Contoh: User hanya klik setup, tekan tombol next, next, next, finish, ok untuk menginstal suatu sotfware.

Work Flow Compatibility Sistem harus diorganisasikan dengan baik sehingga dapat mem-fasilitasi transisi antar tugas user

Consistency Konsistensi membuat user berfikir dengan meng-analogi-kan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya software engineer harus memperhatikan hal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang aplikasi khususnya antarmuka

Contoh: keseragaman tampilan toolbar pada Word, Excell, PowerPoint, Access hampir sama.

Inconsistency interface

Familiarity Konsep, terminologi, pengaturannya di antarmuka harus yang dipahami user dengan baik

Simplicity Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan interface adalah berusaha untuk menyediakan SEMUA fungsionalitas Gunakan konsep defaults

Direct Manipulation Users secara langsung dapat melihat aksinya pada objek yang terlihat

Indirect manipulation

Control Dapat membuat frustasi dan demoralisasi bagi user, jika mereka merasa dikontrol oleh mesin Oleh karena itu software engineer haruslan merancang suatu kondisi yang mampu mengatasi dan menanggulangi hal-hal seperti kesalahan input dll

WYSIWYG Adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printed-output atau file

Flexibility Mengijinkan makin banyak kontrol user dan mengakomodir skill user yang bervariasi

Responsiveness Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user

Invisible Technology User sebaiknya mengetahui sesedikit mungkin detil teknis bagaimana sistem diimplementasikan

Robustness Sistem sebaiknya mentolerir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindar. Crash system harus diminimalisir, menyediakan recovery yang mudah dipahami jika terjadi crash

Kata yang digunakan harus dalam kondisi bersahabat sehingga nuansa user friendly akan dapat dirasakan oleh user selama menggunakan sistem . Contoh yang kurang baik: YOU FALSE !!!, BAD FILES !!!, FLOPPY ERROR, dsb. Akan lebih baik jika BAD COMMAND OR FILES NAMES, DISK DRIVE NOT READY,dll.

Protection User seharusnya memproteksi dari hasil-hasil yang menyebabkan ‘bencana’ karena kesalahan umum manusia

Ease of Learning Sistem mudah dipelajari bagi pemula

Ease of Use Sistem mudah digunakan bagi para expert