Agus Setiawan ESTETIKA CINA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 3. Suhu Dan Kalor Pesona Fisika SMA NEGERI 59 JAKARTA
Advertisements

Estetika Bentuk I Minggu ke 5
ILMU ALAMIAH DASAR Dosen : Ir. Dian Meliantari,MM Kuliah :6
TATAP MUKA KE-15 TUGAS BELAJAR MANDIRI.
Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar Semua menganggap dirinyalah yang terbaik yang paling penting yang paling bermanfaatyang paling disukai.
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
Ontologi Ilmu Pendidikan
Mata pelajaran IPS Semester 1 untuk kelas VIII (Delapan)
PENGANTAR FILSAFAT Topik 9 ESTETIKA.
Keindahan identik dengan kebenaran
CUACA.
Hujan Proses Terjadinya Hujan
Metode Penciptaan Seni
FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1
KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR
PENAFSIRAN TEKS Ki Puji Karyanto.
Sejarah Estetika (Filosofis)
Pertemuan ke III (FILSAFAT PANCASILA)
HARI / TANGGAL : KAMIS MATA PELAJARAN : KIMIA
SEKILAS TENTANG SURGA (WAHYU 21 : 1-27).
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1>>
Estetika Bangunan Pertemuan 33
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
PENCIPTAAN, SUATU TEMA ALKITABIAH
Estetika INdia Hindu dan Buddha Agus Setiawan, M.Sn.
Konsep Cipta Seni Modren & Tradisi
MANUSIA DAN KEINDAHAN Ilmu Budaya Dasar Karina Jayanti., S.I.Kom.
Minggu ke 1 ESTETIKA Mukhsin Patriansyah. S.Sn., M.Sn.
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Qudwah Hayati Rombel 2 Antropologi kesehatan
ESTETIKA TIMUR Estetika Cina Estetika India
BAB III MANUSIA DAN CINTA KASIH
Pengalaman Estetis.
AWAN.
Kebudayaan Abad XX Pertemuan 13
Matakuliah : Estetika Tahun : Genap ESTETIKA TIMUR Estetika Jepang Estetika China Zen-Budhisme.
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
Pelangi Kehidupan Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar. Semua menganggap dirinyalah yang terbaik, yang paling penting, yang paling bermanfaat,
Estetika klasik GRAECO-ROMAN
Peradaban Yunani Klasik
MENGGAMBAR 2 Pertemuan ke -1
TAO (TAOISME).
NILAI ESTETIK.
FALSAFAH KEINDAHAN MASA PERTENGAHAN Pertemuan 03
PRA SEJARAH ANALISA KARYA masa PRA SEJARAH Pertemuan 1
MANUSIA DAN KEINDAHAN.
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
TRIKONOMI ESTETIKA 2: KARYA DESAIN
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Romanesque & Seni Gotik Pertemuan 7
ZEN BUDHISME OLEH : MUHAMMAD LUTHFI DAMANHURI ( )
ALIRAN SENI RUPA.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
KALOR.
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam ISLAM
PLANET MERKURIUS KELOMPOK 5 : Hutrimas Arimbi P.A (L )
PRINSIP ARSITEKTUR 2 KELOMPOK 1 Nanda Sofia ( )
Abad Kegelapan ancilla theologiae (budak theologi)
#Materi 1 Dosen: Lusy Pratiwi, S.Tr.Keb. Pengertian ilmu budaya dasar menurut beberapa ahli : 1. Menurut Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai.
KAJIAN MOTIF BUNGA MAWAR PADA KELOM GEULIS SHENY TASIKMALAYA
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
 Al Qur’an dapati kesimpulan yang cukup besar peluang kebenarannya bahwa sebenarnya seluruh kejadian di alam semesta ini, sudah terjadi dan kejadiannya.
Radiasi Matahari, Bumi, dan Atmosfer
Penilaian Hasil Akhir dan Proses: hasil akhir spt: - makanan - pakaian
RIWAYAT HIDUP PLATO NAMA : HANDOKO PRODI : IPA SEMESTER :1.
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
PENGERTIAN BUMI TATA SURYA PLANETARIUM BENDA LANGIT DI SIANG DAN MALAM HARI BACKNEXT.
KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR BAB V. Pengertian Kalor Kalor Adalah bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya rendah.
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Transcript presentasi:

Agus Setiawan ESTETIKA CINA

Menurut I-Ching filsuf Cina Tiongkok, sumber segala eksistensi dan transformasi dalam alam semesta adalah Yin dan Yang Yin dan Yang inilah yang membuat alam semesta berjalan seimbang dan harmonis

Yin Yin adalah segala sesuatu yang tertutup tak diketahui . Yin mengandung sifat: diam, beku, padat, gelap, betina, dingin, menyerap, lembut, dsb Yin mewakili bumi, malam, bulan, betina, pasir,lemah, susah dan seterusnya

Yang Yang adalah sesuatu yang terbuka. Yang mewakili langit, matahari, siang, gembira, jantan, api, aksi, kuat dan seterusnya. Yang mengandung sifat: gerak, cair, terang, jantan, panas, menentang, keras,

Yin - Yang Simbol Yin dan Yang mengandung filsafat hidup manusia, bagian putih mengandung Yang. Bagian hitam mengandung Yin. Di dalam Yang, mengadung titik Yin dan di dalam Yin ada titik Yang. Titik ini memiliki daya yang luar biasa yaitu adanya kontradiksi, artinya tiada yang seluruhnya baik atau jahat, tiada seluruhnya indah dan buruk.

5 unsur alam Api Air Tanah Logam kayu

Di Cina, Tao dianggap sumber dari nilai-nilai kehidupan Tao berarti sinar terang dan sumber dari segala sumber yang ada. Manusia dianggap sempurna bila hidupnya diterangi oleh Tao. Bagi bangsa Cina, Tao adalah kemutlakan, sesuatu yang memberi keberadaan, kehidupan dan kedamaian.

Kong Hu Cu, seorang filsuf Cina yang dianggap Nabi. Menurutnya, seorang seniman bertugas menangkap “Tao” dan mengungkapkannya dalam bentuk karya seni atau berupa barang yang indah. Sehingga seorang seniman wajib mensucikan diri agar mempunyai kesadaran TAO. Lewat kesadaran kontemplasi ia akan mampu menciptakan keindahan.

Prinsip dasar estetika cina Filsuf Cina pada akhir abad ke V, Hsieh Ho menyusun enam prinsip dasar bagi seniman (canon estetika cina) Prinsip kesatu, menggambarkan bersatunya ROH semesta dengan dirinya, sehingga dengan demikian ia mampu menangkap keindahan (dari Tao) dan kemudian menampilkan atau mewujudkan karyanya.

Prisip kedua : Menggambarkan kemampuan menyergap ROH CH’I atau roh kehidupan dengan cara mengesampingkan bentuk dan warna yang semarak. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa lukisan Cina saat itu, yang penuh dengan ruang kosong dan kesunyian. Pelukis Cina Tsung Ting (375-443) sebelum melukis pemandangan alam, ia melakukan meditasi terlebih dulu, agar rohnya secara bebas dapat menjelajahi alam semesta. Bina Nusantara University

Chinese Painting

Chinese Painting

3. Prinsip ketiga Merefleksikan objek dengan mengambarkan bentuknya, onsekuen terhadap objek yang dilukis atau yang disusun. Seperti yang dikatakan oleh Ch’eng Heng Lo : “Seni lukis barat adalah seni lukis mata, sedang seni lukis Cina adalah seni lukis idea” Seni lukis Cina lebih mementingkan esensi dari eksistensi Yahong Shen, May 2006 Sumber: www.chelmsfordlibrary.org Bina Nusantara University

4. Prinsip ke empat : Menggambarkan keselarasan dalam menggunakan warna. Seni lukis Cina dalam menggunakan warna tidak bersifat fungsional tapi lebih bersifat simbolisme. Menggunakan teknik akuarel tinta monokromatis. Prinsip ke empat menetapkan setiap objek mempunyai warna yang sesuai.

5. Prinsip ke lima: Menggambarkan tentang pengorganisasian, penyusunan atau perencanaan dengan pertimbangan penempatan dan susunan. Seni Cina menganjurkan agar mengadakan semacam perencanaan terlebih dahulu sebelum berkarya. Terutama atas unsur- unsur dalam komposisi

6. Prinsip keenam: Memberikan ajaran untuk membuat reproduksi agar dapat diteruskan dan disebarluaskan. Semangat Tao dalam estetik di Cina rupanya begitu mendalam dan menyebar ke perbagai negara. Prinsip ini penting dalam pendidikan seni Cina, yaitu mengkopi karya master dahulu. Tujuannya ialah mengikuti dan meneruskan kepada ahli waris, metoda dan prinsip yang dikembangkan dan dicoba oleh para master .