Panduan Komponen Observasi User

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penunjang dan Panduan Perancangan Restyandito, S.Kom, MSIS.
Advertisements

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
Pemrograman Generasi Ke 4
Elemen multimedia User interface.
Chapter 4 The Analysis and Design of Work
Testing dan Implementasi Sistem
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Metode Desain Dr. Ema Utami, S.Si, M.Kom.
KINERJA DAN PENILAIAN PRESTASI PEGAWAI
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Communicative Competence
GRAPHIC DESIGNER Pria / Wanita Usia maksimal 28 tahun
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER pertemuan 1 SAP (Satuan Ajar Perkuliahan)
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Sistem Manusia – Mesin (Work System)
VIII. SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MANAJEMEN OPERASI
Pertemuan 11 Akuisisi Pengetahuan
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Software Development. SW Development Ready made Reinventing the wheel  Sumber SW komersial dari vendor Dibuat sendiri (custom) atau kontraktor programmer.
{ Ethics Training. Formal Non Formal E-training (Computer Based) Off-the-Job On-the-Job Training Methods.
Starting selection right place” Objectives :
GENERAL APPLICATION ANALYST
Implementasi.
Memahami Pengguna & Klien.
Bismillahirrohmaanirrohiim
SIM & ELEMEN SIM.
KEPEMIMPINAN Program Studi Sistem Informasi
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Membangun Menu Sistem dan Skema Navigasi
Labor Economics Series
Interaksi Manusia & Komputer
Social Role Theory and Health Profession
Interaksi Manusia dan Komputer Bahan Presentasi Kuliah :
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KNOW YOUR USERS & CLIENTS
Teori, Prinsip dan Pedoman
USER PROFILE Materi kuliah.
Rekayasa Perangkat Lunak
USABILITY.
Konsep Internetworking dan Model Arsitektural
PSIKOLOGI INDUSTRI Nataya Charoonsri R.
Pemrograman Generasi Ke 4
Konsep Internetworking dan Model Arsitektural
Pengembangan Pelatihan Pendidikan Adhyatman Prabowo, S.Psi.
Konsep & Perancangan Database
Introduction to Human Computer Interaction
Human-Computer Interaction (HCI)
KNOW YOUR USERS & CLIENTS
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Komponen HCI.
Pemrograman Generasi Ke 4
Human-Computer Dialogue
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia komputer
Human-Computer Interaction (HCI)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PERENCANAAN SISTEM MANAJEMEN MUTU. Kalikan angka bulan lahir anda dengan 4.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM OPERASI Desi Ramayanti, S.Kom 11/16/2018
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perception and Learning in Organization
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
Transcript presentasi:

Panduan Komponen Observasi User Human Computer Interaction IMK – Teknik Informatika UNIKOM

Hasil Akhir: 1. Contextual Inquiry (CI) 2. User Experience Map 3 Hasil Akhir: 1. Contextual Inquiry (CI) 2. User Experience Map 3. Empathy Map

Pertimbangan Faktor Manusia dalam Mendesain Pengetahuan dan Pengalaman Pengguna Karakteristik Kebutuhan & Tugas User Karakteristik Psikologis Karakteristik Fisik Lingkungan Fisik

Pengetahuan dan Pengalaman Pengguna Educational Level Reading Level Typing Skills TK, SD, SMP, SMA, S1, S2, S3 dsb Berhubungan dengan tingkat pendidikan Expert (135 wpm) Good (55 wpm) Average (40 wpm) Computer Literacy Task Experience System Experience Highly Moderate Low (Semantik Knowledge) Melihat apakah user mempunyai pengalaman dalam tugasnya. (Syntactic Knowledge) Melihat pada pengalaman user dalam menggunakan sistem Application Experience Native Language Use of Other System User pernah mempunyai pengalaman menggunakan aplikasi yang serupa Bahasa asal (Bahasa Indonesia, Inggris dsb) Penggunaan system yang lain

Pengetahuan dan Pengalaman Pengguna System Experience Task Experience Design Goal Low Banyak Instruksi yang disediakan & Prosedur penanganan error yang efektif. High Instruksi efektif, pesan kesalahan ringkas/jelas Disediakan help/user guide Minimalkan instruksi, karena user sudah tahu apa yang harus dilakukan

Karakteristik Kebutuhan, Tugas & Pekerjaan User Frequency of Use Primary Training System Use High Medium Low None Manual Only Formal Mandatory Discretionary Task Importance Task Structure Moderate Job Categories Turnover Rate Other Tools Executive Engineer Secretary Clerk Calculator Telephone

Karakteristik Kebutuhan, Tugas & Pekerjaan User Characteristic Design Goal Frequency of Use High Low Ease of Use Ease of Learning & Remember Task Importance System Use Mandatory Discretionary

Karakteristik Psikologis User PSYCHOLOGICAL CHARACTERISTICS Attitude  Positive, neutral, or negative feeling toward job or system. Motivation  Low, moderate, or high due to interest or fear. Patience  Patience or impatience expected in accomplishing goal. Expectations  Kinds and reasonableness. Stress Level  High, some, or no stress generally resulting from task  performance. Cognitive Style  Verbal or spatial, analytic or intuitive, concrete or abstract.

Karakteristik Fisik User PHYSICAL CHARACTERISTICS Age  Young, middle aged, or elderly. Gender  Male or female. Handedness  Left, right, or ambidextrous. Disabilities  Blind, defective vision, deafness, motor handicap.

Kondisi Panca Indera Menggambarkan kondisi panca indera user terkait kemampuan mereka dalam penggunaan panca indera.

Kerangka Kerja Skenario pekerjaan dan tindakan eksekusi pekerjaan dari sisi pengguna (Model mental) Bentuk penggambaran Model mental memilih model contohnya: flow chart/ flow diagram