MODUL 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Flowchart SYAIFUL HUDA, S.Kom.
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Analisis Masalah dan Penyelesaian
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
APSI.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma.
Flowchart.
DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN ( Bahasa Pemograman)
Logika dan Algoritma Oleh: Ferawaty, S.Kom.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 02)
PENGENALAN ALGORITMA Materi 1.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi Flowchart
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 03. Algoritma dan Pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Pertemuan 2 Flowchart. Jenis-jenis flowchart Simbol-simbol Flowchart.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

MODUL 2

Penyajian algoritma Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu: tulisan gambar

Algoritma dalam bentuk tulisan Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram.

Algoritma dalam bentuk gambar algoritma disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.

Macam-macam flowchart Ada dua macam flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer, yaitu: 1. Flowchart sistem yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file di dalam media lain, dalam suatu sistem pengolahan data. 2. Flowchart program yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses dan hubungan antar proses secara mendetail di dalam suatu program

Kaidah-Kaidah Umum Pembuatan Flowchart Program Dalam pembuatan flowchart Program tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisis suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan yang lainnya.

Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah: START, berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan. READ, berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input. PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca. WRITE, berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan keperalatan output. END, mengakhiri kegiatan pengolahan.

Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran: Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Pedoman pembuatan flowchart: Kegiatan flowchart harus ditunjukkan dengan jelas Harus ditunjukkan darimana kegiatan dimulai dan dimana akan berakhir Masing-masing kegiatan dari flowchart sebaiknya menggunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan Masing-masing kegiatan didalam flowchart harus didalam urutan yang tepat Kegiatan yang terpotong akan disambungkan ke tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung yang benar Gunakan simbol-simbol alir yang standar

simbol-simbol state yang digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk flowchart:

Contoh kasus Untuk memahami lebih dalam mengenai flowchart ini, akan diambil sebuah kasus sederhana. Kasus: Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, mencari luas persegi panjang. Solusi: Perumusan untuk mencari luas persegi panjang adalah: L := p. l di mana, L adalah Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l adalah lebar persegi.

Keterangan 1: 1. Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program. 2. Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari p dan l. 3. Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga dengan menggunakan perumusan L = p. l 4. Simbol keempat menunjukkan hasil output dari proses dari simbol ketiga. 5. Simbol kelima atau terakhir menunjukkan berakhirnya program dengan tanda End.

Flowchart

Flowchart menjumlahkan dua data