Algoritma dan Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma dan Flowchart
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma PTIIK - UB.
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Algorithma Pemrograman
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Algoritma Pemrograman
ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma Program Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Dasar- Dasar Algoritma
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Algoritma dan Pemrograman
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Pengertian Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Dasar Pemrograman dan Komputer
SYSTEM FLOWCHART.
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Kenalan Alghoritma Wahab Sya’roni, M.Kom
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma pemrogaman komputer
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
Transcript presentasi:

Algoritma dan Pemrograman

Masalah dan Program Program adalah kata, ekspresi, pernyataan, atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sedemikian hingga dapat dieksekusi oleh komputer Masalah harus computerized

Tahapan pembuatan program Analisis masalah Merancang algoritma Menyusun program komputasi atau implementasi Testing program

Menyusun program diperlukan bahasa pemrograman (programming language) bahasa pemrograman adalah suatu tatacara atau prosedur yang digunakan untuk menulis atau menyusun program Pemrograman (programming): proses mengimplementasikan algoritma dengan menyusun program komputasi dengan menggunakan bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman mempunyai (1) syntax, (2) semantik Syntax : aturan gramatikal (tata bahasa) yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, pernyataan (statemen) dari bahasa pemrograman semantik : aturan-aturan yang berkaitan untuk menyatakan arti atau makna dari kata, ekspresi atau statemen bahasa pemrograman juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara programmer (pembuat program) dengan komputer

Type bahasa pemrograman bahasa tingkat rendah (low level language). Bahasa tingkat menengah (middle level language). Bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa berorientasi obyek (object oriented language).

Penerjemah Penerjemah berfungsi menerjemakan bahasa tingkat tinggi (yg dipahami manusia / programmer) ke bahasa mesin yg dipahami komputer. Ada dua jenis penerjemah : (1) interpreter, (2) compiler. Interpreter menerjemahkan bahasa dalam program selangkah demi selangkah (intruksi demi instruksi) ke dalam bahasa mesin sampai program selesai dibuat compiler menerjemahkan bahasa dalam program ke dalam bahasa mesin (object program) secara keseluruhan bila program telah selesai dibuat.

Algoritma algoritma : suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer

Masalah Analisis Masalah Algoritma Implementasi Solusi

Ciri-ciri algoritma yg baik Mempunyai logika perhitungan yang tepat dalam memecahkan masalah Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya Banyaknya langkah (step) berhingga Selalu ada akhir setelah melalui sejumlah langkah tertentu atau ada kriteria berhenti Minimal ada satu output (hasil) Semua operasi-operasi yang diperlukan terdefinisi dengan jelas, dll

Flowchart (Diagram Alir) Dengan diagram alir : mengekspresikan algoritma yang ada dengan simbol-simbol tertentu diagram alir biasanya sudah mengikuti logika yang benar untuk kerja komputer untuk suatu program dari awal sampai akhir seperti: input data, proses, penyeleksian kondisi, perulangan, output

Simbol utk flowchart Terminal. Awal (mulai) dan akhir (selesai) Input, output Proses Percabangan / seleksi

Simbol utk flowchart Preparation, pemberian nilai awal Connector, pd halaman yg sama Connector, pd halaman berbeda Flow lines

start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Diagram alir menghitung luas dan keliling persegi panjang

Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Diagram alir Acara Malam Minggu

Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Adik Kenyang Selesai Diagram alir Menyuap Adik

Membangun Program Inisialisasi Input Proses Output

Struktur program Struktur urut (sequence) atau linear Struktur perulangan (looping) Struktur seleksi (decision) atau percabangan Kombinasi dari ketiga struktur di atas.

start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Struktur Urut / Linear

Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Struktur Seleksi / Cabang

Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Selesai Struktur Perulangan

Uji Coba dan Dokumentasi Melihat kebenaran program Petunjuk bagi pemakai