Artificial Intelligence

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AI CONCEPTS PRESENTASI PART ONE.
Advertisements

SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
ARTIFICIAL INTELLEGENT
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pengenalan Sistem Pakar
Satuan Acara Perkuliahan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE Chapter 1
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
Kecerdasan buatan.
Pengantar Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Fakultas Ilmu Komputer
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Artificial Intelegence
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 2 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Mesin Cerdas 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
SISTEM PAKAR.
Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Konsep Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

Artificial Intelligence Sistem Berbasis Pengetahuan Pertemuan 1 Artificial Intelligence

Definisi Kecerdasan buatan merupakan mesin yang mampu berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia

AREA KECERDASAN BUATAN Vision Robotika Bahasa Alami Ucapan Pemahaman Sistem saraf buatan Sistem Pakar

4 Teknik Dasar Artificial intelligence SEARCHING LEARNING REASONING PLANNING

Artificial intelligence dari berbagai sudut pandang Sudut pandang kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat apa yang diakukan oleh manusia) Sudut pandang penelitian : Studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia. Domain penelitian : Mundane Task : Persepsi Bahasa alami Pemikiran yang bersifat commonsense Robot control Formal Task : Games Matematika Expert Task : Analisis finansial Analisis medikal Analisis ilmu pengetahuan Rekayasa

Artificial intelligence dari berbagai sudut pandang Sudut pandang bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis. Sudut pandang pemrograman : Studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah dan pencarian

Bagian-bagian aplikasi AI Basis pengetahuan (Knowledge Base) : Berisi fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya Motor Inferensi (Inference Engine) : Kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman Komputer INPUT OUTPUT Knowledge Base Inference Engine

KECERDASAN ALAMI VS KECERDASAN BUATAN

Komputasi AI VS Komputasi Konvensional DIMENSI KECERDASAN BUATAN PEMROGRAMAN KONVENSIONAL Pemrosesan Mengandung konsep-konsep simbolik Algoritmik Sifat input Bisa tidak lengkap Harus lengkap Pencarian Kebanyakan bersifat heuristik Biasanya didasarkan pada algoritma Keterangan Disediakan Biasanya tidak disediakan Fokus Pengetahuan Data & informasi Struktur Kontrol dipisahkan dari pengetahuan Kontrol terintegrasi dengan informasi (data) Sifat output Kuantitatif Kualitatif Pemeliharaan & update Relatif murah Sulit Kemampuan menalar Ya Tidak

Definisi Masalah dalam AI Menurut T. Sutojo, Edy Mulyanto, dan DR. Vincent Suhartono (2010), masalah dalam kecerdasan buatan adalah Masalah-masalah yang dapat dikonversi ke dalam ruang keadaan (ada yang menyebut sebagai ruang masalah), mempunyai keadaan awal (Initial state), dan keadaan tujuan (goal state), serta dapat di buat aturan- aturan untuk mengubah suatu keadaan (state)ke keadaan lainnya

Masalah, Ruang Keadaan, dan aturan Ada beberapa hal yang akan mendeskripsikan masalah dengan baik, yaitu : Mendefinisikan suatu ruang keadaan Menetapkan satu atau lebih keadaan awal Menetapkan satu atau lebih tujuan Menetapkan kumpulan aturan

Contoh Pada suatu hari ada seorang petani yang mempunyai seekor kambing dan serigala. Pada saat itu ia baru saja panen sayuran. Karena membutuhkan uang, petani tersebut hendak menjual kambing, serigala, dan sayurannya ke pasar. Untuk sampai di pasar ia harus menyeberangi sebuah sungai. Permasalahannya adalah sungai itu hanya tersedia satu perahu yang hanya memuat petani dan satu penumpang lain (kambing, serigala atau sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayuran dimakan oleh kambing dan kambing akan dimakan serigala. Bagaimana caranya agar petani, kambingm serigala dan sayuran sampai di seberang sungai ?

Jawabnya Deskripsi : Permasalahan ini dapat dijelaskan sebagai berikut : ada daerah asal dan daerah seberang yang dilambangkan dengan (P, Sy, K, Sg) Ruang keadaan : Untuk daerah asal dan seberang digambarkan sebagai : (P, Sy, K, Sg) Keadaan awal : Daerah asal : (P, Sy, K, Sg) Daerah seberang : (0, 0, 0, 0) Tujuan : Daerah asal : (0, 0, 0, 0) Daerah seberang : (P, Sy, K, Sg)

Kumpulan aturan Aturan ke - Aturan 1. Kambing dan petani menyebrang 2. Sayuran dan petani menyebrang 3. Serigala dan petani menyebrang 4. Kambing dan petani kembali 5. Sayuran dan petani kembali 6. Serigala dan petani kembali 7. Petani kembali

Dengan aturan yang telah di tentukan, maka pemrograman AI untuk menyelesaikan masalah ini adalah sebagai berikut : Keadaan Sekarang Aturan yang dipakai Keadaan selanjutnya Daerah asal Daerah seberang (P,Sy,K,Sg) (0,0,0,0) 1 (0,Sy,0,Sg) (P,0,K,0) 7 (P,Sy,0,Sg) (0,0,K,0) 3 (0,Sy,0,0) (P,0,K,Sg) 4 (P,Sy,K,0) (0,0,0,Sg) 2

Hasil Tujuan dicapai saat keadaan selanjutnya adalah Daerah asal : (0,0,0,0) Daerah seberang : (P,Sy,K,Sg) Sampai disini pencarian dihentikan

Pekerjaan di Rumah dikumpulkan pertemuan selanjutnya Soal : Ada dua buah gelas air masing-masing berkapasitas 4 liter dan 3 liter. Semula isi keduanya kosong. Pada kedua gelas tersebut tidak terdapat tanda ukuran batas volume. Ada sebuah keran air yang digunakan untuk mengisi air pada kedua gelas tersebut. Pertanyaan : Bagaimana kita dapat mengisi tepat 2 liter air pada gelas berkapasitas 4 liter dan 3 liter pada gelas berkapasitas 3 liter ?